Black Adam adalah film DC Extended Universe mendatang yang rencananya akan tayang pada tahun ini. Di film solonya ini Teth-Adam alias Black Adam (Dwayne Johnson) kabarnya akan bekerja sama dengan tim superhero Justice Society of America. Di mana para anggota JSA dari DCEU ini di antaranya adalah Doctor Fate (Pierce Brosnan), Hawkman (Aldis Hodge), Cyclone (Quintessa Swindell), dan Atom Smasher (Noah Centineo).

Walaupun kita sudah mengetahui siapa saja superhero yang akan muncul, tetapi masih banyak misteri yang menyelimuti film Black Adam. Salah satunya adalah sosok antagonis yang akan menjadi musuh Black Adam dan mungkin juga JSA, yaitu Sabbac. Siapa sebenarnya supervillain yang satu ini, mengapa harus Sabbac yang menjadi musuh Black Adam? Sebelum melihat aksinya di film Black Adam nanti, mari kita kenali lebih dahulu sosoknya di semesta DC Comics.

Sebanding dengan Black Adam

Sabbac pada dasarnya adalah nama villain yang DC sematkan kepada seseorang yang mendapatkan kekuatan supernya dari iblis. Di DC Comics sendiri, setidaknya ada dua karakter yang telah menjadi Sabbac. Yang pertama adalah Timothy Karnes yang pertama kali muncul di komik Captain Marvel, Jr. #4 (1943) sebagai musuh Captain Marvel (nama awal Shazam). Timothy adalah seorang mata-mata Nazi yang mencoba membuat kekacauan di Amerika, sebelum akhirnya Captain Marvel mengalahkan dia. Kekalahannya ini langsung membuatnya kembali menjadi manusia karena para iblis telah meninggalkannya.

Pemegang nama Sabbac kedua sekaligus yang paling terkenal tidak lain adalah Ishmael Gregor. Debut di komik Outsiders Vol. 3 #8 (2004), Ishmael adalah seorang pemimpin mafia Rusia yang sangat haus akan kekuasaan dan kekuatan. Untuk mencapai tujuan tersebut dia menipu Sabbac sebelumnya, Timothy, untuk mengadakan ritual yang dapat membuat Ishmael menjadi Sabbac baru. Dalam prosesnya ritual ini menewaskan Timothy dan semua orang di sekitarnya, sedangkan Ishmael berhasil menjadi iblis setelah dia mengucapkan nama Sabbac, mirip seperti Shazam dan Black Adam.

Bedanya dengan Shazam dan Black Adam yang mendapat kekuatan dari para dewa, kekuatan Sabbac justru berasal dari enam iblis Neraka. Para iblis kuat tersebut adalah Satan, Aym, Belial, Beelzebub, Asmodeus, dan Crateis, di mana inisial mereka membentuk nama Sabbac. Dari sumber kekuatannya saja sudah cukup jelas bahwa Sabbac bukanlah orang baik, melainkan musuh yang sebanding bagi Shazam dan Black Adam. Faktanya mereka pernah benar-benar bertemu di kisah 52 DC. Di mana Black Adam dan Shazam bekerja sama untuk menghentikan Sabbac yang menyerang Boston saat Halloween.

KE HALAMAN 2

1
2