Dalam cerita Boruto: naruto Next Generations, setelah pertarungan yang luar biasa melawan Isshiki, Naruto akhirnya harus kehilangan Kurama demi bisa mengaktifkan Baryon Mode. Itu menjadi satu-satunya jalan untuk bisa mengalahkan Isshiki. Dan setelah Naruto menggunakan kekuatan pamungkasnya tersebut, akhirnya Isshiki benar-benar tewas. Tentunya, Naruto benar-benar sangat kehilangan sosok Kurama yang sudah lama menemaninya.

Di sisi lain, dengan hilangnya Kurama, artinya sang Hokage telah kehilangan hampir sebagian besar kekuatan utamanya untuk melindungi dunia Shinobi. Namun, tahukah kalian bahwa Naruto tidak hanya memiliki kekuatan Kurama saja? Naruto memiliki beberapa kekuatan lain yang bisa dia gunakan secara maksimal, dan tentunya kekuatan ini bisa Naruto gunakan untuk melindungi dunia dalam cerita Boruto.

Chakra Otsutsuki

Seperti yang kita ketahui, klan Uzumaki ternyata merupakan keturunan Asura Otsutsuki. Asura sendiri merupakan anak dari Hagoromo Otsutsuki selain Indra Otsutsuki. Artinya, Naruto merupakan bagian dari klan Otsutsuki. Dan dalam perang besar shinobi keempat, dia dan Sasuke mendapatkan tambahan chakra Six Path dari Hagoromo.

Naruto mungkin sudah tidak lagi memiliki kekuatan dahsyat, namun dia masih memiliki chakra Otsutsuki yang mana tidak kalah dahsyat dari kekuatan chakra Kurama. Kemampuan ini bisa Naruto manfaatkan untuk menghadapi berbagai ancaman lainnya, seperti sosok Code. Masih harus kita nantikan bagaimana Naruto akan memanfaatkan chakra Otsutsuki ini kedepannya.

Penyimpanan Chakra yang Besar

Salah satu kelebihan dari klan Uzumaki adalah bagaimana mereka bisa memiliki kekuatan atau cadangan chakra yang sangat banyak dalam tubuh mereka. Hal ini bisa kita lihat dari sosok Uzumaki lain, seperti Nagato, Karin, atau bahkan Kushina. Setelah melahirkan Naruto, kita bahkan melihat Kushina masih memilih chakra besar untuk bisa menghentikan Kurama dan membantu Minato untuk menyegel Kurama.

Sebagai keturunan klan Uzumaki, Naruto juga tentunya memiliki kelebihan ini. Dengan cadangan chakra yang melimpah, dia bisa bertarung dengan jauh lebih lama dan juga lebih kuat. Shinobi lain mungkin akan kelelahan dalam pertarungan jangka panjang, namun tidak dengan Naruto. Sehingga, meskipun Naruto tidak lagi mendapatkan suplai chakra tambahan dari Kurama, dia masih memiliki cadangan chakra yang besar.

Sage Mode

Sage Mode menjadi teknik Naruto yang sangat spesial saat pertarungan melawan Pain. Naruto menguasai teknik ini dengan susah payah di gunung Myoboku selama berhari-hari, di bawah bimbingan para katak di sana. Dalam latihannya Naruto berhasil menyerap kekuatan alam dan membuatnya bisa mengakses teknik Sage Mode. Ketika Naruto menggunakan teknik ini, segala macam aspek kekuatan Naruto akan meningkat.

Meskipun memang memiliki batasan waktu untuk mengaktifkannya, namun dengan menggunakan Sage Mode, Naruto berhasil mengalahkan semua Pain sendirian. Sage Mode menjadi salah satu kekuatan terkuat Naruto saat ini, dan menjadi andalan ketika musuh besar muncul. Lagipula, di chapter sebelumnya Naruto menyatakan bahwa level Sage Mode miliknya kini sudah bertambah kuat seiring usia.

KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.