Rasanya Geeks tentu sudah mengetahui bahwa angkatan laut merupakan salah satu kekuatan terbesar dalam dalam cerita One Piece, selain para Yonko dan Pemerintah Dunia. Meskipun begitu, pada kenyataannya, justru angkatan laut adalah instrumen bagi Pemerintah dunia. Merekalah penegak hukum dan menjadi perwakilan Pemerintah Dunia jika kemudian terdapat sebuah kesalahan atau kejahatan.

Sampai sejauh ini, kita masih belum banyak mendapatkan informasi mengenai angkatan laut. Masih belum diketahui sejak kapan angkatan laut berdiri. Namun, melihat bahwa angkatan laut adalah adalah instrumen dari Pemerintah Dunia, bisa kita asumsikan bahwa organisasi ini muncul pasca terbentuknya Pemerintah Dunia sekitar 800 tahun yang lalu.

Tentunya ada banyak perbedaan antara angkatan laut zaman dahulu dan sekarang, terutama dalam hal prinsip. Banyak yang beranggapan bahwa angkatan laut zaman dahulu lebih memiliki prinsip, dan mereka menjadi contoh bagaimana seharusnya seorang angkatan laut yang berwibawa. Salah satu contoh hidup yang masih bisa kita lihat adalah Monkey D. Garp.

Garp selalu berpendapat bahwa ada perbedaan jelas antara angkatan laut sekarang dan dahulu. Angkatan laut sekarang terlalu memegang teguh absolute justice atau keadilan absolut, di mana keadilan benar-benar mereka tegakan tanpa memandang bulu. Sedangkan sebagian angkatan laut tidak setuju akan hal itu, karena tidak semua kejahatan harus terlihat dari kacamata absolute justice.

Garp dan Smoker sadar akan hal tersebut, karena itulah mereka terkadang menaruh hormat terhadap musuhnya. Contoh nyatanya adalah Smoker yang menghormati Luffy. Selain terlalu memegang teguh terhadap absolute justice, angkatan laut sekarang juga cenderung “korup” di mana mereka seolah mampu untuk Pemerintah Dunia kendalikan sesuka hati. Mereka seolah tidak bisa bergerak sendiri.

Inilah yang membuat Garp kecewa dengan angkatan laut, dan memutuskan untuk mundur dari angkatan laut bersama dengan Sengoku. Absolute justice tersebut sudah memakan korban, salah satunya adalah cucu kesayangannya yaitu Ace. Kekecewaan inilah yang juga bisa jadi mendasari terbentuknya SWORD, yaitu organisasi rahasia milik angkatan laut.

BACA JUGA: One Piece: Menebak Musuh Terakhir Zoro!

Konflik Internal Garp

Pasca apa yang terjadi dalam perang Marineford, di mana Ace harus tewas, Garp selalu berkonflik dengan dirinya sendiri. Di sisi lain, dia begitu menyayangi cucunya Luffy dan Ace. Namun, di sisi lain, Garp tetap adalah seorang angkatan laut yang harus menjalankan tugasnya. Sebenarnya, Garp tidak senang jika harus bekerja di bawah kendali para kaum naga langit.

Garp memutuskan untuk menjadi angkatan laut karena dia ingin menolong mereka yang tidak bersalah. Garp sebenarnya bisa saja mengambil jalan yang sama dengan sang anak, Dragon, dan kemudian bekerja sama menggulingkan Pemerintah Dunia. Namun, bisa kita pahami mengapa Garp memutuskan untuk melakukannya dengan cara yang lain.

Garp selalu meyakini bahwa angkatan laut seharusnya bersikap independen, tidak boleh ada intervensi dari pihak Pemerintah Dunia dan kaum naga langit. Hal ini juga yang coba dia tanamkan kepada Koby dan Helmeppo saat dia merekrut dan melatih mereka. Garp adalah salah satu dari sedikit angkatan laut yang memiliki pemikiran berbeda dengan mayoritas di institusinya.

Banyak orang-orang yang menyalahkan Garp atas peristiwa yang terjadi di Marineford yang menyebabkan Ace tewas. Mereka menyalahkan Garp karena lebih memilih untuk tetap menjadi seorang angkatan laut. Tetapi, jika dilihat dari sudut pandang Garp, mengingat posisi dan reputasi yang dia miliki, Garp tidak memiliki pilihan lain.

BACA JUGA: One Piece: 5 Rencana Oda yang Gagal!

Garp Akan Berbalik Melawan Pemerintah Dunia?

Garp mungkin menjadi “sumber” dari salah satu sifat Luffy yaitu senang akan kebebasan. Tetapi, Garp selama ini menahan diri karena dia harus bertindak sesuai dengan arahan dari Pemerintah Dunia. Garp sengaja menahan diri demi perdamaian dunia. Bagaimana Garp meminta kepada King Neptune untuk tetap percaya kepada manusia atas apa yang terjadi pasca Reverie, menjadi bukti bahwa Garp memang peduli terhadap perdamaian setiap ras.

Ada kemungkinan Garp – dan Sengoku beserta beberapa angkatan laut lainnya – sebenarnya sedang menunggu sesuatu untuk bisa mengubah semuanya dari dalam. Pemerintah Dunia memiliki banyak sekali hal yang mengerikan yang selama ini disembunyikan dari dunia. Jika Roger mengetahui hal tersebut, artinya Garp dan Sengoku pun tahu tentang hal itu. Hanya tinggal menunggu waktu yang tepat untuk bergerak.

Ada kemungkinan Garp – dan Sengoku beserta beberapa angkatan laut lainnya – sebenarnya sedang menunggu sesuatu untuk bisa mengubah semuanya dari dalam. Pemerintah Dunia memiliki banyak sekali hal yang mengerikan yang selama ini disembunyikan. Jika Roger mengetahui hal tersebut, artinya Garp dan Sengoku pun tahu tentang hal itu. Hanya tinggal menunggu waktu yang tepat untuk bergerak.

Bisa jadi, di pertempuran terakhir nanti yang banyak fans prediksi akan menjadi momen paling epik karena Pemerintah Dunia yang akan menjadi lawannya, kita akan melihat bagaimana Garp akan berbalik melawan mereka. Kita akan melihat bagaimana jati diri sebenarnya dari sosok Garp, dan bagaiman sikap sebenarnya Garp terhadap kaum naga langit.

BACA JUGA: Mengejutkan, Kru Crocodile Punya Koneksi dengan Wano?

Garp mungkin hanya ingin menghancurkan sistem yang ada serta kebobrokan lainnya, tetapi tidak dengan organisasinya. Karena, dia yakin hal itu bisa menjadi cara melindungi orang-orang. Seperti yang pernah ada di artikel sebelumnya, di pertempuran akhir nanti mungkin kita akan melihat bagaimana Dragon, Garp, dan Luffy akan bertarung bersama untuk menghancurkan Pemerintah Dunia. Setelah itu, mereka akan memulai era yang baru yang lebih baik di One Piece. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah hal tersebut akan terjadi?