Setelah berjalan lebih dari dua dekade lamanya, seri One Piece akhirnya akan segera berakhir dalam beberapa tahun kedepan. Dan saat ini, serinya pun sudah bersiap untuk memulai petualangan terakhir Luffy dan kelompok Topi Jerami. Saga terakhir dari serinya akan dimulai sejak One Piece chapter 1054 mendatang. Namun, memang masih belum ada petunjuk atau informasi apa pun yang terkait dengan alur cerita selanjutnya. Meskipun begitu, hal tersebut tidak menghentikan antusiasme para fans.

Menjelang akhir cerita dari serinya, para fans banyak yang berteori atau menerka-nerka apa yang mungkin akan terjadi selanjutnya. Dan saat ini sendiri, Luffy dan kelompok Topi Jerami baru saja menyelesaikan pertempuran epik di Onigashima. Pertempuran tersebut merupakan bagian dari satu cerita besar arc Wano Country. Dan saat ini, kita masih berada di babak ketiga arc tersebut. Apakah ini akan menjadi babak terakhir atau akan ada babak lainnya masih belum ada informasinya.

BACA JUGA: Benarkah Blackbeard One Piece Anak Rocks D. Xebec?

Luffy Bangun Kembali Aliansi Lama?

Namun, terdapat sebuah spekulasi yang menarik pasca pertempuran epik di Onigashima ini. Dalam spekulasi tersebut dijelaskan bahwa ada kemungkinan Luffy akan kembali membangun atau menjalin sebuah aliansi klasik yang pernah terwujud di era abad yang hilang. Aliansi lama tersebut terdiri dari para penduduk Wano, penduduk manusia ikan, dan terakhir adalah penduduk pulau langit.

Jika Geeks perhatikan, ketiga wilayah tersebut pernah Luffy tolong atau selamatkan dari masalah mereka. Pertama, Luffy berhasil mengusir Enel dari pulau langit. Kemudian, Luffy dan kelompok Topi Jerami juga berhasil mengusir Hody Jones dan kelompok New Fish Man. Terakhir, yang paling baru, Luffy berhasil mengalahkan Kaido (dan Big Mom) dari Wano. Mengapa kemudian hanya ketiga negara atau wilayah tersebut yang menjalin aliansi dengan Luffy?

Petunjuk paling besar yang muncul dalam spekulasinya adalah ketiga wilayah tersebut sama-sama menunggu atau menantikan kemunculan Joy Boy. Misalnya, dalam perbincangan dengan Neptune kita tahu bahwa mereka sedang menantikan sosok Joy Boy. Kemudian, para penduduk pulau langit (atau mungkin Lunarian) juga menantikan sosok Joy Boy seperti yang kita lihat dalam percakapan King dan Kaido.

King meyakini bahwa sosok Joy Boy akan mampu mengubah dunia. Dan terakhir tentunya adalah Wano. Untuk hal ini, kita mungkin sudah sangat mengetahuinya dengan jelas. Bahkan, Wano sengaja menutup perbatasan mereka demi menantikan kemunculan Joy Boy.

BACA JUGA: Boruto: Geser Otsutsuki, Karakter ini Jadi yang Terkuat?

Terkoneksi Dengan Senjata Kuno

Yang juga menarik adalah selain ketiga negara atau wilayah tersebut sama-sama menantikan sosok Joy Boy, mereka pun terkoneksi dengan tiga Senjata Kuno. Pertama, di pulau Manusia Ikan kita tahu ada satu Senjata Kuno yang tersimpan yaitu Poseidon. Sosok tersebut berwujud Shirahoshi. Kemudian, baru-baru ini kita mendapatkan fakta bahwa Senjata Kuno lainnya, Pluton, ternyata ada di Wano dan bukan berada di Alabasta. Namun, di mana dan bagaimana bentuknya untuk saat ini memang masih menjadi misteri besar.

Terakhir, Senjata Kuno Uranus memang masih menjadi tanda tanya besar sampai sekarang. Meskipun begitu, banyak yang meyakini bahwa Senjata Kuno ini berkaitan dengan langit atau cuaca. Sehingga, memang wajar jika kemudian Uranus mungkin ada di pulau langit. Dan yang menarik adalah masing-masing Senjata Kuno tersebut seolah tercipta secara khusus untuk melindungi ketiga “alam” tersebut.

Misalnya, Poseidon merupakan Senjata Kuno untuk melindungi laut dan penduduknya. Pluton adalah Senjata Kuno untuk melindungi orang-orang di daratan. Sedangkan, Uranus mungkin adalah Senjata Kuno yang mereka gunakan untuk melindungi orang-orang atau penduduk pulau langit.

BACA JUGA: One Piece: Berbagai Misteri Gantung Gol D. Roger! 

Berbagai Petunjuk Lainnya

Selain dua alasan utama di atas, ada juga beberapa petunjuk lainnya yang membuat ketiga wilayah tersebut saling terkoneksi dengan sosok Joy Boy. Yang pertama adalah kita bisa melihat masing-masing simbol wilayah mereka yang sangat mirip. Kedua, mereka adalah wilayah yang termarjinalkan atau tersingkirkan dari seluruh dunia.

Karena itulah mereka menantikan sosok Joy Boy, untuk membantu mereka agar posisi mereka di mata dunia bisa sama atau setara. Misalnya, para manusia ikan sering kali menjadi budak atau dianggap remeh. Wilayah Wano menjadi wilayah yang tertutup, mungkin karena kebudayaan feodalisme yang masih mereka pertahankan.

BACA JUGA: Mengejutkan, Kru Crocodile Punya Koneksi dengan Wano?

Kesimpulannya

Eiichiro Oda mungkin belum pernah menghadirkan informasi mengenai adanya aliansi kuno yang menghadirkan para penduduk lautan, daratan, dan langit. Namun, bisa jadi aliansi ini sempat terbentuk pada era abad yang hilang. Saat ini, dengan kemunculan Luffy, aliansi kuno ini mungkin akan kembali terbentuk. Semuanya karena berbagai hal yang “menyatukan” mereka. Mulai dari Senjata Kuno, simbol, mimpi, dan sebagainya.

Mereka semua akan beraliansi, bergerak di bawah satu komando yang tidak lain adalah Joy Boy. Lalu, siapa yang akan mereka hadapi? Tidak lain adalah kaum naga langit dan juga pihak di Pemerintah Dunia. Inilah pertempuran paling besar, paling epik, paling spektakuler di sepanjang serinya yang akan menjadi penutup yang luar biasa.