Serial Ms. Marvel baru saja menayangkan episode keempatnya yang berjudul ‘Seeing Red’. Ada banyak sekali hal menarik yang bisa kita bahas dari episode kali ini. Salah satunya adalah kemunculan Kareem (Aramis Knight) sebagai anggota Red Dagger. Dia berhasil menemukan Kamala (Iman Vellani) di stasiun Kota Karachi, Pakistan, setelah merasakan keberadaan Noor di dalam diri Kamala.

Awalnya mereka berdua memang sempat bertarung karena Kareem salah mengira Kamala sebagai Clan Destine. Namun, pada akhirnya Kareem menyadari bahwa Kamala mengenakan gelang milik Aisha. Singkat cerita, dalam adegan selanjutnya, Kareem mulai memercayai Kamala dan membawanya ke sebuah markas rahasia. Pada titik inilah kita tahu bahwa Red Dagger di serial Ms. Marvel ternyata berbeda dari versi komiknya. Untuk mengetahui seberapa besar perbedaan tersebut, mari kita bahas lebih lanjut, Geeks!

BACA JUGA: Siapa Clan Destine di Series Ms. Marvel?

Versi Serial Ms. Marvel

Ms. Marvel Episode 4 sendiri memulai kisahnya dengan perjalanan Kamala dan ibunya, Muneeba (Zenobia Shroff), ke Karachi, Pakistan. Di kota ini dia berniat bertemu dengan neneknya, sekaligus anak Aisha, Sana (Samina Ahmad). Sejak awal dia sudah mengetahui bahwa secara genetik dia adalah keturunan Djinn. Selain bertemu neneknya, di kota terbesar di Pakistan ini Kamala juga bertemu dengan para sepupunya. Untuk terlepas dari sepupunya yang menyebalkan ini, Kamala memutuskan untuk pergi ke stasiun Karachi untuk mencari tahu arti tentang bayangan kereta api yang sempat dia lihat sebelumnya.

Di stasiun Karachi inilah Kamala dan Kareem bertemu. Meskipun mereka sempat bertarung, tetapi Kareen akhirnya menyadari bahwa Kamala bukanlah bagian dari Clan Destine. Dia kemudian mengajaknya ke markas rahasia, di mana Kamala bertemu dengan Waleed (Farhan Akhtar), yang mengungkapkan bahwa mereka sebenarnya adalah Red Dagger. Waleed menjelaskan bahwa Red Dagger adalah semacam ‘kelompok rahasia’ yang telah berusia ratusan tahun. Ciri khas mereka adalah mengenakan bandana merah dan menggunakan pisau sebagai senjata andalannya.

Tugas utama Red Dagger adalah mencegah Noor Dimension untuk mengambil alih dunia nyata. Waleed juga menambahkan bahwa Clan Destine dan Aisha berasal dari dimensi lain yang dibangun dari energi Noor. Energi tersebut sama seperti energi yang ada pada gelang Kamala dan kekuatan supernya. Dan dari penjelasan Waleed ini, kita juga akhirnya paham bahwa tujuan asli Najma dan Clan Destine lain adalah ‘merobek’ tabir di antara dimensinya dan dunia nyata. Dengan matinya Waleed, sekarang tugas Kareem untuk melindungi Kamala dan dunia nyata secara keseluruhan, dari niat jahat Clan Destine tersebut.

BACA JUGA: 5 Teori Gila Tentang Gelang Ms. Marvel! 

Origin di Marvel Comics

Berbeda dengan versi serialnya, Red Dagger di Marvel Comics adalah Kareem sendiri. Red Dagger yang pertama kali muncul di komik Ms. Marvel Vol. 4 #12 (2016), adalah ‘seorang vigilante’ yang melindungi orang-orang di Pakistan. Pertemuan perdana Kamala dan Kareem di komik terjadi karena ternyata keluarga mereka cukup dekat satu sama lain. Saat akan mengikuti tes untuk masuk ke perguruan tinggi, Kareem menumpang di rumah nenek Kamala. Di sisi lain dia juga masih tetap aktif sebagai vigilante Red Dagger saat malam tiba.

Di mata orang-orang Pakistan sendiri, Red Dagger adalah superhero yang terkenal hebat dalam bertarung dan parkour. Seperti kelompok Red Dagger di serial Ms. Marvel, vigilante Red Dagger juga sering mengandalkan senjata pisau kecil yang dia simpan di sabuknya. Menariknya, semua keahliannya sebagai Red Dagger ini ternyata tidak Kareem dapatkan dari pelatihan yang layak. Melainkan dari video daring yang dia akses sendiri dengan telepon genggamnya. Walaupun begitu dia terbukti mampu beraksi sebagai vigilante, yang akhirnya bisa mempertemukan dia dengan Kamala alias Ms. Marvel.

BACA JUGA: One Piece: Oda Sebut Buah Iblis ini Overpower!

Perbedaan Mencolok Red Dagger

Seperti biasa, meskipun Marvel Studios mengambil referensi dari Marvel Comics, tetapi pada akhirnya mereka akan menyesuaikan karakternya dengan MCU. Dan hal tersebut ternyata menimpa pada karakter Kareem yang baru saja muncul di Ms. Marvel episode 4. Alih-alih menghadirkannya sebagai perseorangan, Marvel Studios mengubah origin Red Dagger sebagai kelompok rahasia yang telah ada sejak ratusan tahun lalu. Walaupun begitu, jumlah anggota mereka ternyata tidak banyak. Sejauh apa yang terlihat sampai episode 4 berakhir, kelompok Red Daggers hanya terdiri dari Kareem dan Waleed.

Itulah perbedaan mencolok dari Red Dagger versi serial Ms. Marvel yang ternyata adalah suatu kelompok. Walaupun begitu, sayangnya Waleed tidak berhasil bertahan sampai akhir, karena Najma telah membunuhnya. Itu artinya, sekarang hanya Kareem saja yang masih hidup dari kelompok Red Dagger. Sehingga ke depannya dia mungkin akan mengambil alih nama kelompoknya sebagai nama vigilantenya. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Jangan lewatkan kisah petualangan Kamala dan Kareem selanjutnya, di dua episode terakhir Ms. Marvel yang akan tayang secara berurutan pada tanggal 6 Juli dan 13 Juli besok.