Buah iblis menjadi salah satu hal yang sangat luar biasa dalam seri One Piece. Buah misterius ini bisa memberikan kekuatan dahsyat kepada mereka yang memakannya. Namun, sampai sejauh ini misteri tentang buah iblis masih belum terjawab. Apakah memang buah iblis diciptakan oleh “iblis/setan” atau justru sebenarnya buah iblis adalah buatan manusia?

Ada banyak kemampuan atau kekuatan yang mampu buah iblis hasilkan. Hal ini bisa kita lihat dari apa yang sudah muncul di sepanjang ceritanya. Misalnya, ada yang mampu untuk berubah menjadi salah satu elemen. Ada juga kemampuan buah iblis yang membuat penggunanya bisa berubah ke wujud binatang dan mendapatkan tambahan kekuatan. Atau mungkin penggunanya bisa mengendalikan atau memanipulasi elemen tersebut.

Berbicara mengenai elemen alam dalam kekuatan buah iblis, elemen api menjadi salah satu kekuatan yang cukup banyak muncul. Ada beberapa buah iblis yang sejauh ini sudah Oda hadirkan dalam ceritanya memiliki kekuatannya yang berkaitan dengan elemen api. Apa saja? Berikut adalah penjelasannya.

BACA JUGA: 5 Ending Anime Paling Kontroversial!

Mera Mera No Mi

Mera Mera no Mi adalah buah iblis berjenis Logia yang pertama kali digunakan oleh Ace. Pengguna buah iblis ini akan mampu menggunakan, mengendalikan, dan memanipulasi api sesuka hati mereka. Namun, sayangnya, Ace harus tewas dalam peristiwa di Marineford. Donquixote Doflamingo sempat berhasil mencuri buah iblis tersebut dan menjadi hadiah utama dalam turnamen di Colosseum.

Mera Mera no Mi sempat menjadi rebutan banyak orang, seperti yang bisa kita lihat dalam arc Dressrosa. Salah satu anak buah Blackbeard, Jesus Burgess, bahkan rela ikut turnamen di Colloseum untuk mendapatkan buah iblis ini. Beruntung, buah iblis ini kemudian berhasil untuk Sabo dapatkan. Dan kemudian dia pun mengonsumsi buah iblisnya. Sayangnya, kita masih belum banyak melihat aksi Sabo dalam menggunakan kekuatan Mera Mera no Mi.

BACA JUGA: 3 Buah Iblis One Piece Berkekuatan Es Paling Mengerikan!

Uo Uo No Mi, Model: Seiryuu

Kaido adalah pemakan buah iblis tipe Zoan unik dan langka, yaitu Uo Uo no Mi, Model: Seiryuu. Buah iblis ini merupakan buah iblis air pertama di serinya, di mana Kaido bisa berubah menjadi seekor naga timur raksasa. Bagaimana kemudian hal itu bisa terjadi masih belum ada penjelasan secara detail. Namun, banyak spekulasi menyebutkan bahwa buah iblis ini diadaptasi dari cerita salah satu legenda.

Uo Uo no Mi juga termasuk dalam Mythical zoan, karena bentuk transformasi naga timur Kaido ini termasuk salah satu jenis binatang legendaris. Dengan buah iblis ini, selain peningkatan kekuatan fisik, Kaido juga mampu menggunakan berbagai teknik yang berkaitan dengan elemen. Contohnya adalah Boro Breath, yang merupakan serangan elemen api dahsyat. Kaido juga mampu merubah tubuhnya menjadi panas karena terlapisi oleh magma.

BACA JUGA: Kuasai Dunia Kriminal, Alasan Buggy Jadi Yonko One Piece?

Magu Magu No Mi

Magu Magu no Mi adalah buah iblis berjenis Logia yang paling berbahaya karena daya hancurnya yang sangat luar biasa. Hal ini terbukti saat pertempuran besar di Marineford. Sakazuki bukan hanya mampu menghabisi para bajak laut yang merupakan kru dari Whitebeard, tetapi juga dia mampu menghancurkan kapal-kapal mereka. Sakazuki juga bahkan membuat air laut mendidih akibat kekuatannya.

Hampir tidak ada yang bisa menghentikan kemampuan dari Magu Magu no Mi, karena semua elemen bisa hancur oleh magma. Terbukti di mana tubuh Ace, yang merupakan pengguna buah iblis Mera Mera no Mi, berhasil Sakazuki hancurkan berkat kekuatan buah iblisnya. Dia juga bahkan menghancurkan sebagian wajah dari Whitebeard. Satu-satunya hal yang bisa menghentikan kemampuan buah iblis ini adalah kekuatan Haki yang dahsyat.

Oda Sensei sendiri sempat mengatakan bahwa Magu Magu no Mi adalah buah iblis yang sangat overpower. Karena hal ini juga Oda mengatakan bahwa bisa saja Sakazuki mengakhiri cerita One Piece dalam waktu hanya satu tahun saja.

Kekuatan buah iblis, terutama elemen api, menjadi salah satu hal yang menarik yang muncul di sepanjang seri One Piece. Pemilik kekuatan ini menjadi sosok yang sangat berbahaya dan diperhitungkan. Daya hancur yang sangat luar biasa juga membuat pengguna buah iblis berbasis api patut untuk banyak orang waspadai.