Kehidupan superhero Marvel pada umumnya tidak bisa lepas dari para love interest-nya. Hal tersebut berlaku juga kepada Thor Odinson yang sangat mencintai gebetannya, yaitu Jane Foster. Baik di Marvel Comics, maupun di tayangan Marvel Cinematic Universe, Jane sendiri selalu menjadi karakter penting dalam kehidupan Thor. Bahkan dari sekian banyak karakter love interest superhero di Marvel Universe, Jane adalah satu-satunya karakter yang pada akhirnya menjadi superhero dengan caranya sendiri. Dan yang lebih menariknya lagi, sejauh ini dia telah mempunyai lebih dari satu alter ego yang sama-sama populer di kalangan penggemar. Berikut berbagai alter ego Jane Foster di Marvel Universe!

BACA JUGA: Peristiwa ini Buat Thor Jadi Villain!

Jane Foster

Sebelum membahas alter ego superheronya, alangkah lebih baiknya kita kenali lebih dahulu siapa Jane Foster dan bagaimana kemunculan pertamanya. Di Marvel Comics, Jane adalah karakter ciptaan Stan Lee, Jack Kirby, dan Larry Lieber. Debut di komik Journey into Mystery #84 (1962), Jane awalnya adalah seorang anak SMA yang sangat menyukai semua tentang Dewa Thor. Berkat ayahnya yang bekerja keras, dia akhirnya tumbuh dewasa menjadi wanita cantik dan lulus dari sekolah kesehatan. Pada titik inilah dokter Donald Blake alias Thor merekrut Jane sebagai suster di tempatnya bekerja.

Sejak saat itulah Jane dan Donald mulai terlibat cinta lokasi, sampai akhirnya Donald mengungkap identitas rahasianya sebagia Thor. Pada saat yang bersamaan, Marlve juga mulai memperkenalkan Lady Sif sebagai pasangan Thor di Asgard. Di mana hal ini membuat Jane perlahan-lahan lepas dari Thor dan menikah dengan dokter Keith Kincaid. Tiga puluh tahun kemudian, Jane sendiri pada akhirnya berhasil menjadi dokter dan menjadi tenaga medis di Perang Saudara Amerika. Dalam kisah terakhirnya sebagai dokter Jane ini dia terlihat lebih sering bersama Captain America dan Spider-Man.

BACA JUGA: 10 Villain Terkuat yang Thor Kalahkan!

Mighty Thor

Setelah sempat menjadi manusia biasa selama lebih dari lima puluh tahun, pada akhirnya Jane mendapatkan kesempatan untuk menjadi seorang Goddess of Thunder. Peristiwa ini terjadi di komik Thor: God of Thunder #25 (2014), tepatnya saat Thor kehilangan kelayakannya dan Jane mengambil alih posisi Thor setelah berhasil mengangkat Mjolnir di Bulan. Pada saat yang bersamaan Jane sudah menjanda karena telah kehilangan suaminya dalam sebuah tabrakan mobil. Dia juga tengah menderita penyakit kanker payudara ganas yang telah lama mengerogoti tubuhnya.

Dengan komik solonya yang berjudul Mighty Thor, Jane telah melakukan banyak perbuatan heroik di Marvel Universe. Di mana hal tersebut membuat Thor sampai mengakui Jane sebagai penerusnya. Jane bahkan sampai bergabung juga dengan Avengers. Tiga tahun kemudian, kisah Jane sebagai Thor harus berakhir setelah dia berhadapan dengan entitas abstrak Mangog di Asgard. Dengan segenap kekuatannya, dia berhasil melemparkan villain yang tidak bisa mati ini dan mengikatnya di Matahari dengan Mjolnir. Karena kehilangan kekuatan dewanya, akhirnya Jane mati karena penyakit kankernya.

BACA JUGA: 5 Villain ini Bongkar Identitas Batman! 

Valkyrie

Meskipun awalnya banyak yang mengira Jane telah mati, tetapi pada akhirnya Odin menghidupkan dia kembali sebagai salah satu Valkyrie-nya. Saat menjadi Valkyrie di komik baru War of the Realms Omega #1 (2019), Jane kembali mendapatkan kemampuan super lamanya. Di mana kemampuan tersebut meliputi kekuatan fisik super, kecepatan dan kelincahan super, serta terbang dengan menggunakan sayap Valkyrie. Sebagai ganti Mjolnir, Jane memilih All-Weapon Undrjarn sebagai senjata andalannya. Senjata yang merupakan pecahan Mjolnir ini bisa berubah menjadi senjata apa pun yang Jane inginkan.

Dengan kemampuan Valkyrie-nya, Jane sekarang bahkan bisa mengetahui kapan seseorang akan mati hanya dengan melihat kepalanya. Dia juga bisa terbang ke langit Asgard, yaitu Valhalla. Secara tidak langsung alter ego terbarunya ini telah membuat Jane menjadi versi terbaiknya di Marvel Universe. Itulah ketiga alter ego Jane Foster di Marvel Comics. Dari semua alter egonya ini, mana favorit kalian, Geeks?