Semua penggemar setia Marvel pasti mengetahui siapa Doctor Doom. Dia adalah karakter ciptaan Stan Lee dan Jack Kirby yang telah melanglang buana di Marvel Universe sejak tahun 60-an. Debut sebagai musuh Fantastic Four, supervillain yang mempunyai nama asli Victor Werner von Doom ini juga sangat populer di mata penggemar. Itulah mengapa tidak sedikit penggemar yang mengharapkan kehadiran Doom di Marvel Cinematic Universe. Apalagi setelah baru-baru ini karakter Mister Fantastic muncul di film Doctor Strange 2.

Di film solo kedua Doctor Strange tersebut, karakter Reed Richards alias Mister Fantastic (John Krasinski) hadir sebagai bagian dari Illuminati. Pertemuannya dengan Doctor Strange (Benedict Cumberbatch) terjadi saat sang Master of the Mystic Arts mendarat di universe alternatif, Earth-838, bersama America Chavez (Xochitl Gomez). Di universe inilah Mister Fantastic terlihat muncul di ruang Council of Illuminati melalui sebuah portal vertikal berwarna biru terang. Menariknya, portal atau alat teleportasi tersebut ternyata terinspirasi dari teknologi Doctor Doom.

BACA JUGA: Power Rangers ini Jadi Dewa Morphin Pertama!

Teknologi Portal Doctor Doom di Doctor Strange 2

Dilansir dari The Direct, produser Richie Palmer mengonfirmasi bahwa alat teleportasi Mister Fantastic terinspirasi dari Time Platform milik Doctor Doom. “Detail dari alat teleportasi yang dia (Mister Fantastic) gunakan di adegannya, kami ambil dari komik. Tepatnya Time Platform milik Doctor Doom,” kata Palmer.

Di Marvel Comics, Time Platform adalah teknologi canggih ciptaan Doctor Doom yang dia biasanya dia pakai untuk melakukan perjalanan lintas ruang dan waktu. Alat ini pertama kali terlihat di film Fantastic Four #5 (1962), ketika Doom pergi ke abad 18 untuk mengambil Stones of Merlin, artefak yang dapat membuat seseorang menjadi lebih tangguh. Fantastic Four juga sempat menggunakan Time Platform untuk pergi ke zaman Mesir kuno untuk mengalahkan Rama Tut, varian Kang the Conqueror, di komik Fantastic Four (1963).

BACA JUGA: Begini Tampilan Robot Raksasa Flash!

Penyataan ini secara tidak langsung telah membuat penggemar makin penasaran dengan keberadaan Doctor Doom di MCU. Apakah artinya Doom sudah lebih dahulu eksis di Earth-838 MCU? Mungkin Fantastic Four telah mengalahkannya di universe alternatif tersebut. Itulah mengapa Mister Fantastic terlihat bisa menggunakan Time Platform di film Doctor Strange 2. Apapun jawabannya, setidaknya sekarang Marvel Studios sudah tidak ragu memasukan unsur Doom di MCU. Kita nantikan saja kemunculan Doom yang sebenarnya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.