Marco The Phoenix

Marco atau yang terkenal dengan nama Marco the Phoenix adalah mantan orang kepercayaan dari Whitebeard dan juga merupakan salah satu bajak laut yang banyak orang segani. Dia memiliki kekuatan dari buah iblis Mythical Zoan dengan model Phoenix. Buah iblis tersebut sangat langka bahkan dari jenis Logia sekalipun. Di Marineford, Marco sempat membuktikan kekuatannya dengan bertarung melawan ketiga Admiral.

Contoh lainnya adalah dia kemudian menjadi pemimpin dari bajak laut Whitebeard setelah kematian kapten mereka, dan juga Gorosei atau lima tetua bintang bahkan menganggap Marco merupakan salah satu dari beberapa orang yang bisa mengalahkan Blackbeard. Meskipun Marco harus kalah dalam pertempuran Payback War, namun dia kembali membuktikan kekuatannya dalam pertempuran besar di Wano kemarin. Dia berhasil menahan Big Mom dan juga menghajar King dan Queen bersamaan.

Shiryu

Ame no Shiryu atau Shiryu si hujan merupakan mantan penjaga di penjara Impel Down. Dia merupakan bawahan dari Magellan. Sayangnya, meskipun Magellan adalah orang yang berkuasa, akibat seringnya mengalami diare akibat racun, membuat Shiryu yang memegang kendali Impel Down. Shiryu dianggap memiliki kekuatan manusia super dengan kecepatan dan juga daya tahannya yang luar biasa.

Berbeda dengan Magellan yang menganggap para tahanan merupakan manusia biasa, Shiryu menganggap mereka justru sebagai “hewan” yang tidak berharga. Sudah tidak terhitung berapa banyak tahanan yang terkena pedang nodachi miliknya. Shiryu memiliki kemampuan Suke Suke no Mi, yaitu dia mampu berkamuflase dan “menghilang”. Dan berkat kekuatannya ini, Shiryu menjadi salah satu dari 10 komandan terkuat kelompok bajak laut Blackbeard.

Yasopp

Seperti yang disebutkan di atas, Shanks memiliki kru bajak laut yang hebat dan seimbang dibandingkan dengan ketiga Yonko lainnya. Dengan keuntungan tersebut, tidak diragukan lagi dia akan memenangkan pertarungan bajak laut. Shanks memiliki komandan yang memang sudah sangat terkenal di kalangan bajak laut dan angkatan laut.

Salah satunya adalah Yasopp. Dia merupakan penembak jitu yang sangat ulung, mampu menembak antena semut dari jarak ratusan meter tanpa menghancurkan tubuh semut tersebut. Luffy juga mengatakan jika dia tidak pernah melihat Yasopp gagal dalam melakukan tembakannya. Bisa dibilang dia merupakan penembak jitu terbaik di dunia, setidaknya untuk saat ini.

Lucky Roo

Luck Roo merupakan salah satu anak buah Shanks lainnya yang mendapatkan kepercayaan tinggi dari sang kapten, Shanks. Dia merupakan karakter pertama yang membunuh seseorang baik di manga atau pun di versi animenya. Hal ini dia lakukan dengan menembak seorang bandit gunung, yang bernama Higuma, di bagian kepalanya ketika bandit tersebut mengancam nyawa dari Shanks.

Satu hal yang unik dari Lucky Roo adalah meskipun badannya besar dan gempal, dia mampu bergerak sangat cepat bahkan sebelum orang lain sadar. Masih belum diketahui bagaimana dia mendapatkan kemampuan tersebut, tapi sepertinya Oda terinspirasi dari tokoh populer Lucky Luke (koboi yang mampu menembak cepat dari bayangannya). Bisa jadi juga Lucky Roo merupakan pemiliki Haki sehingga bisa bergerak dengan cepat, atau mungkin juga dia merupakan pemakan buah iblis.

Sanji

Sanji si kaki hitam merupakan salah satu kru Topi Jerami yang juga menjadi salah satu “pemeran utama” dalam pertempuran di Onigashima. Dalam pertarungan melawan Queen, Sanji tiba-tiba saja mengaktifkan peningkatan genetik yang juga saudara-saudaranya rasakan atau alami. Efeknya, kini Sanji memiliki kekuatan fisik yang dahsyat dan kemampuan penyembuhannya semakin cepat.

Sanji terkenal karena kecepatan geraknya yang dahsyat. Namun, dalam momen pertarungan terakhirnya melawan Queen, kecepatan Sanji bahkan meningkat sampai-sampai Queen mengira bahwa Sanji menghilang. Sanji pun kemudian memperkenalkan teknik tendangan barunya yang disebut Ifrit Jambe, versi pengembangan dari Diable Jambe. Dengan Luffy yang sekarang resmi menjadi Yonko, tentu nama Sanji perlu masuk dalam daftar ini.

Roronoa Zoro

Setelah Sanji, sosok kuat dari kru Topi Jerami lainnya yang bergabung di pertempuran Onigashima adalah Roronoa Zoro. Sang ahli pedang dari kru Topi Jerami ini juga memiliki momennya tersendiri dalam pertempuran ini. Seperti saat momen kilas balik Zoro mengingat sosok Shimotsuki Kouzaburo, ketika dia masih berada di desanya saat masih kecil.

Zoro benar-benar banyak mengalami peningkatan kekuatan dalam arc ini, di mana selain dia berhasil meningkatkan kemampuan Armament Hakinya, dia juga ternyata mengaktifkan Conqueror Haki yang ada dalam dirinya. Hal ini bisa kita lihat saat Zoro berhasil melukai Kaido dengan teknik Asura. Kemudian yang paling epik tentunya adalah saat Zoro berhasil mengalahkan King. Seperti halnya Sanji, Zoro merupakan sosok kuat yang berada di kapal Thousand Sunny.

Para bajak laut di atas merupakan perwakilan kekuatan dari kelompok bajak laut mereka masing-masing. Dengan kekuatan dan kemampuan mereka yang dahsyat, wajar rasanya jika para bajak laut tersebut kemudian menjadi komandan divisi atau komandan Yonko. Level kekuatan mereka tidak terlalu jauh dengan sang kapten, yang mana mereka pun bisa diandalkan untuk menghadapi berbagai ancaman.

1
2
3
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.