Setelah tayang selama lima minggu, serial epik Obi-Wan Kenobi akhirnya selesai dengan ‘happy ending‘. Di mana Leia kecil berhasil kembali ke orang tua angkatnya di Planet Alderaan. Kemudian Luke juga tetap bersama Owen dan Beru di Tatooine, setelah selamat dari Reva yang akhirnya memutuskan untuk bertobat. Dan tidak ketinggalan juga, Obi-Wan yang kembali menjadi Jedi Knight seutuhnya dan akhirnya bisa bertemu dengan Force spirit Qui-Gon Jinn.

Meskipun kisah solonya berakhir, tetapi cukup jelas bahwa ada takdir yang tengah menanti Obi-Wan di trilogi asli Star Wars. Mengingat peristiwa Obi-Wan Kenobi dan triloginya berjarak sekitar sepuluh tahun, tidak sedikit penggemar yang bertanya-tanya ke mana Obi Wan pergi dan apa yang dia lakukan selama satu dekade tersebut? Selama itu juga, Obi-Wan memang tidak pernah muncul lagi dalam film live action mana pun. Untuk mengetahui jawabannya, simak pembahasannya di bawah ini, Geeks!

BACA JUGA: Siapa Clan Destine di Series Ms. Marvel?

Menjadi Pelindung Tatooine

Tidak banyak kisah Star Wars yang menceritakan kehidupan Obi-Wan di antara serial solonya dan trilogi Star Wars. Walaupun begitu, tetapi ada sebuah komik kanon dari LINE Webtoon yang sempat menyinggung keberadaan sang Jedi Knight legendaris ini. Komiknya sendiri berlangsung sekitar dua tahun setelah peristiwa Obi-Wan Kenobi, di mana Luke baru berusia 12 tahun. Cerita komiknya bermula pada saat Luke dan sahabatnya Windy terjebak di padang pasir Tatooine, di mana sesaat kemudian seekor Krayt Dragon menyerang mereka. Untungnya, Obi-Wan tiba tepat waktu dan menyelamatkan mereka.

Ke Mana Obi-Wan Kenobi Pergi di Ending?, Greenscene

Obi-Wan kemudian memulangkan Luke remaja dan Windy kepada Owen. Sekaligus mengatakan bahwa Luke mempunyai kekuatan Force yang sangat kuat dan suatu hari nanti dia akan meninggalkan perkebunannya. Dialog ini sama seperti adegan di serial Obi-Wan Kenobi episode 1, di mana Owen meminta kepada Obi-Wan untuk menjauhi Luke. Setelah komik tersebut, Obi-Wan juga sempat muncul kembali di cerita pendek Star Wars: Life Day Treasury, tepatnya di kisah yang berjudul ‘An Old Hope’. Dalam cerita ini Obi-Wan yang sedikit lebih tua diceritakan berhasil menyelamatkan droid LA-R1 dari para Jawa.

LA-R1 yang mengira Obi-Wan adalah sosok seperti Santa Claus, kemudian memanggilnya ‘The Oil Bringer‘. Meskipun kisahnya tidak sesignifikan komik LINE Webtoon sebelumnya, tetapi cerita pendek Star Wars: Life Day Treasury ini telah mengubah cara pandangnya terhadap droid. Di mana kejadian ini berlangsung sebelum dia bertemu kembali dengan sahabatnya, droid R2-D2, di trilogi Star Wars. Pada titik ini cukup jelas bahwa selama satu dekade sebelum trilogi aslinya, Obi-Wan masih menghabiskan sebagian besar waktunya di Planet Tatooine sebagai Jedi yang melindungi hampir semua orang.

BACA JUGA: Bintang No Time to Die Gabung Film Dune 2!

Bertarung Kembali Dengan Darth Maul

Selain muncul di komik, Obi-Wan sendiri ternyata pernah memainkan peran yang cukup penting di serial animasi Star Wars Rebels. Di season 2 yang berlangsung sekitar empat tahun setelah serial solonya, Obi-Wan kembali bertemu dengan musuh lamanya, Darth Maul. Kisah ini bermula saat Maul menggunakan Sith Holocron untuk mencari Obi-Wan yang telah membelah tubuhnya di film Star Wars: The Phantom Menace. Dalam reuni ikonik ini, Maul menyadari bahwa dalam pengasingannya, Obi-Wan ternyata masih fokus dalam melindungi Luke.

Ke Mana Obi-Wan Kenobi Pergi di Ending?, Greenscene

Merasa bahwa Maul dapat membahayakan Luke, Obi-Wan mau tidak mau harus menghentikan mantan Darth tersebut. Setelah melalui pertarungan yang cukup sengit, Obi-Wan akhirnya berhasil menebas tubuh Maul untuk yang terakhir kalinya. Pada saat yang bersamaan, Obi-Wan sadar bahwa Maul yang sekarang sebenarnya sangat ingin menghancurkan Sith juga. Menjelang kematiannya, Maul mengatakan bahwa Luke akan membalaskan dendam mereka berdua, sebelum akhirnya mati di pangkuan Obi-Wan. Duel epik ini adalah kisah terakhir Obi-Wan sebelum muncul kembali di trilogi Star Wars.

Itulah pembahasan tentang ke mana dan apa yang Obi-Wan lakukan setelah serial solonya berakhir. Sebelum akhirnya muncul di trilogi asli Star Warsternyata Obi-Wan masih tetap fokus pada tujuan utamanya, yaitu melindungi Luke. Selain itu, dia juga banyak menghabiskan waktunya di Planet Tatooine, termasuk menyelesaikan dendam Maul dengan ending yang cukup unik. Sampai akhirnya Luke sendiri menjadi lebih dewasa dan akhirnya berhasil menjadi ‘The Chosen One‘ dengan upayanya sendiri.