Semua fans dari seri One Piece tentu mengenal siapa sosok Dracule Mihawk. Rasanya kita tidak perlu lagi meragukan sosok Mihawk sebagai salah satu karakter terkuat di seri One Piece saat ini. Meskipun dia tidak memiliki kemampuan buah iblis, tetapi kemampuan berpedang dari Mihawk sangatlah dahsyat. Hampir tidak ada yang bisa menandingi kemampuan berpedangnya.

Selain itu, dia juga sangat handal dalam sebuah pertarungan. Seperti yang Geeks semua sudah ketahui, bahwa Mihawk dahulu adalah rival terkuat dari Shanks, salah satu Yonko yang berkuasa di wilayah New World. Kabar mengatakan bahwa setiap kali mereka berdua bertarung, seluruh Grand Line akan terguncang. Whitebeard sendiri mengakui bahwa pertarungan antara Shanks dan Mihawk sangat legendaris dan menakjubkan.

Mihawk juga sering kali mencari keberadaan Shanks untuk menantangnya bertarung. Dengan kemampuan berpedangnya yang sangat luar biasa, Mihawk saat ini menyandang gelar ahli pedang terkuat di dunia. Tidak ada ahli pedang lain yang bisa menandingi kehebatan Mihawk, setidaknya untuk saat ini. Hal inilah yang kemudian membuat banyak orang menganggap Mihawk memiliki kemampuan yang setara dengan Shanks.

Mihawk berpetualang mengelilingi dunia, bertarung melawan semua ahli pedang terkuat yang bisa dia temukan, sampai tidak ada lagi yang tersisa. Rintangan terakhir yang harus dihadapi oleh Mihawk adalah seorang ahli pedang dengan level Yonko, yaitu Shanks. Namun, setelah Shanks kehilangan tangan kirinya, Mihawk pun kemudian enggan untuk menantang kembali Shanks.

BACA JUGA: One Piece: Jadi Yonko, Buggy Bawa Petaka?

Mihawk Setara Yonko?

Menurut One Piece Vivre Card Databook, Dracule Mihawk sendiri sekarang sedang menunggu seseorang yang jauh lebih kuat dari Shanks untuk muncul dan kemudian mengalahkannya. Pernyataan yang muncul dalam Databook ini tentunya sangat penting, di mana artinya hal tersebut menjadi konfirmasi bahwa level kekuatan Mihawk berada di level yang sama (atau mungkin di atas) dari sosok Shanks.

Jika level kekuatan Mihawk berada di bawah Shanks, rasanya Shanks akan mampu mengalahkannya dengan mudah dan Mihawk sendiri tidak akan mendapatkan titel tersebut. Namun, meskipun kekuatan Mihawk dianggap setara dengan seorang Yonko, tetapi dia tidak bisa menjadi seorang Yonko. Ada dua alasan utama mengapa Mihawk tidak bisa menjadi Yonko.

Pertama, Mihawk tinggal di pulau Kuraigana yang bukan menjadi bagian dari wilayah New World. Dan selama dia tinggal di pulau tersebut, Mihawk tidak pernah memiliki rekan alias tinggal sendiri – kecuali Perona. Mihawk juga tidak memiliki armada atau pasukan atau kru. Satu-satunya orang yang selalu dia andalahkan adalah Perona, mantan anak buah Gecko Moria. Perona pun saat ini sudah pergi dari Kuraigana, pasca mengetahui tentang kabar Moria.

Alasan kedua adalah Mihawk tidak memiliki teritori atau wilayah kekuasaan. Selain pasukan atau kru, salah satu syarat utama untuk bisa menjadi Yonko adalah memiliki wilayah kekuasaan. Seperti disebutkan di atas, Mihawk hanya tinggal sendiri di Kuraigana bersama Perona. Mihawk juga bukan sosok yang senang memiliki wilayah kekuasaan. Yang hanya dia inginkan adalah bertarung.

BACA JUGA: One Piece: Siapa Admiral Paling Kuat?

Kaido Tidak Menganggap Shanks?

Meskipun Mihawk mungkin memiliki kekuatan yang setara Yonko, namun tidak semua orang mengakui hal tersebut. Salah satu contohnya adalah Kaido. Dia merupakan bajak laut yang jauh lebih tua dari Mihawk. Artinya pengalamannya di laut dan juga kekuatannya tidak perlu lagi kita ragukan. Kaido juga sangat senang untuk bertarung menghadapi musuh-musuh kuat, dan bahkan dia memiliki mimpi untuk bisa tewas secara heroik di tangan seseorang yang memang jauh lebih kuat darinya.

Namun, sepertinya Mihawk bukan bagian dari orang-orang tersebut. Dalam salah satu chapter diperlihatkan bagaimana Kaido mengejek Luffy yang menganggap dirinya hebat dan akan mewujudkan mimpinya menjadi raja bajak laut. Kaido sendiri mengakui ada lima orang yang menurutnya sangat kuat. Mereka adalah Gol D. Roger, Rocks D. Xebec, Kozuki Oden, Shanks, dan Whitebeard. Tidak ada sosok Mihawk – bahkan Big Mom – dalam gambar tersebut.

BACA JUGA: One Piece: Luffy Pernah Rekrut Zombie, Ingat?

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa Dracule Mihawk memang memiliki level kekuatan yang sama dengan seorang Yonko. Informasinya juga memberikan petunjuk bahwa kekuatan Mihawk setara dengan Shanks. Meskipun begitu, ada kemungkinan bahwa Zoro akan mampu melampaui Shanks dan juga mengalahkan Mihawk, yang memang menjadi cita-citanya.

Namun, di sisi lain, level kekuatan dari Mihawk yang sangat dahsyat tersebut tidak diakui oleh semua orang. Kaido adalah salah satu karakter yang tidak mengenal dan tidak mengakui kekuatan dari Mihawk. Baginya, hanya ada beberapa orang di dunia yang dia anggap sebagai sosok kuat. Terlepas dari hal itu, kekuatan Mihawk memang tidak bisa dianggap remeh mengingat titelnya sebagai ahli pedang terkuat di dunia.