Sudah bukan hal yang aneh jika Eiichiro Oda sering kali mengadaptasi berbagai hal untuk kemudian menjadi inspirasi di cerita One Piece. Salah satu contohnya Oda Sensei mengadaptasi berbagai hal dalam ajaran agama Hindu dan Buddha. Contohnya adalah teknik Asura milik Roronoa Zoro yang dia adaptasi dari ajaran Hindu. Atau juga Zunesha yang terinspirasi dari sosok Ganesha.

Selain dari agama, Oda Sensei juga sering mengadaptasi kebudayaan dan mitologi populer terutama yang ada di wilayah Asia. Contoh paling nyata adalah bentuk naga dari Kaido, yang terinspirasi dari naga timur (Eastern Dragon) yang sangat populer. Meskipun ada yang sudah terkonfirmasi, ada juga berbagai hal lainnya yang belum terkonfirmasi mengenai inspirasi atau kemiripan dari berbagai elemen dalam cerita dengan hal di dunia nyata.

Contohnya adalah banyak teori yang menyebutkan bahwa cerita di salah satu arc terinspirasi dari cerita lainnya, misalnya cerita tentang mitologi Nordik. Berdasarkan hal tersebut, para fans sempat mencoba bertanya kepada Oda Sensei apakah ada inspirasi dari Oda ketika dia menciptakan para karakter yang muncul di ceritanya. Dan dalam kolom SBS Oda menjelaskan bahwa ada banyak sekali karakter-karakter di cerita One Piece yang terinspirasi dari sosok selebritis, artis, atau bintang terkenal.

BACA JUGA: One Piece: Luffy Pernah Rekrut Zombie, Ingat?

Selain para karakter bajak laut dan juga karakter lain seperti para villain, karakter di angkatan laut seperti para admiral juga ternyata terinspirasi dari sosok nyata. Contohnya, karakter admiral Fujitora, yang terinspirasi dari aktor kawakan Shintaro Katsu. Untuk tiga admiral sebelumnya – Kuzan, Sakazuki, dan Borsalino – terinspirasi dari Bunta Sugawara, Yusaku Matsuda, dan Kunie Tanaka. Bagaimana dengan sosok admiral baru yang lain yaitu Green Bull?

Inspirasi Admiral Green Bull

Yang perlu menjadi catatan penting dan menjadi petunjuk utama adalah para admiral terinspirasi dari aktor lawas dan sangat populer di Jepang. Dan kita bisa melihat contohnya di poin sebelumnya. Berdasarkan informasi dan juga spekulasi yang berkembang di kalangan fans, sosok admiral Green Bull kemungkinan terinspirasi dari sosok Yoshio Harada.

Yoshio Harada adalah seorang aktor lawan kelahiran 1940 yang terkenal karena berperan sebagai seorang pemberontak. Saking melekatnya peran tersebut terhadap sosok Yoshio Harada, dia selalu memiliki peran tersebut selama enam dekade. Harada memulai karirnya sebagai seniman peran pada 1966 dan mulai tampil pertama kalinya di acara televisi pada tahun 1967. Untuk film layar lebarnya, Harada mulai debut pada 1968.

Peran sebagai pemberontak mulai Harada perankan dalam film Nikkatsu pada 1971. Dan sejak saat itu, peran tersebut terus melekat pada sosoknya. Dan mulai pada tahun itu juga ada banyak sekali sutradara terkenal yang kemudian bekerja sama dengan sosok Harada. Yoshio Harada harus menghembuskan nafas terakhir pada Juli 2011 lalu akibat kanker kolorektal.

BACA JUGA: Kekuatan Garou Kacaukan Keseimbangan One Punch Man?

Di sepanjang karirnya sebagai aktor, Yoshio Harada sudah membintangi lebih dari 80 film dan juga beberapa kali mendapatkan penghargaan sebagai aktor terbaik. Berdasarkan dari desain karakter Green Bull dan juga gambar dari Yoshio Harada, sekilas memang ada kemiripan dari keduanya terutama dalam hal gaya rambut. Kemudian, dari bagian wajah pun nampak cukup mirip dengan sang aktor. Ini mungkin bentuk penghormatan lain dari Oda Sensei terhadap sang aktor, seperti halnya beberapa karakter lain. Bagaimana menurut kalian Geeks?