Senjata kuno merupakan salah satu elemen yang menarik yang muncul dalam cerita di seri One Piece karya Eiichiro Oda. Sesuai namanya, Senjata Kuno merupakan teknologi dahsyat yang kabarnya muncul saat era abad yang hilang – atau bahkan sebelumnya. Sebagian fans juga meyakini bahwa Senjata Kuno juga menjadi kunci kekuasaan dari kerajaan kuno.

Sayangnya, sampai sejauh ini masih belum banyak informasi yang Oda Sensei hadirkan tentang senjata kuno, selain jumlahnya yang ada tiga buah. Senjata kuno yang pertama adalah Neptunus, kemudian Uranus, dan yang ketiga adalah Pluton. Sampai sekarang, dari ketiga senjata kuno yang sudah muncul dalam ceritanya, baru dua senjata kuno yang sudah kita ketahui bentuknya.

Pertama adalah Poseidon, yang mana sebenarnya ini bukanlah sebuah benda atau sesuatu, melainkan manusia. Dalam hal ini, Poseison adalah putri Shirahoshi yang memiliki kemampuan untuk mengendalikan seluruh hewan laut. Untuk Uranus, bentuknya sendiri masih misterius. Lalu, seperti apa bentuk dari Pluton? Dan seperti apa kekuatan dahsyat dari salah satu Senjata Kuno tersebut?

BACA JUGA: Oda Siapkan Buggy Jadi Yonko One Piece Sejak Lama?

Tentang Pluton

Berbicara mengenai senjata kuno, khususnya Pluton, sebenarnya ada beberapa hal menarik yang sudah dihadirkan di ceritanya. Berdasarkan informasi yang ada, yang muncul dalam ceritanya, Pluton merupakan sebuah Senjata kuno yang memiliki bentuk sebuah kapal. Selain itu, kapal tersebut dilengkapi dengan persenjataan yang dahsyat. Informasi mengenai Pluton sendiri pertama kali muncul di arc Alabasta.

Itulah alasan mengapa Crocodile berusaha dengan sangat keras untuk mengambil alih wilayah Alabasta. Crocodile sendiri meyakini bahwa Pluton ada di wilayah Alabasta. Kemudian hal menarik yang kedua adalah Franky sempat memiliki cetak biru dari rancangan kapal Pluton sebelum kemudian dia membakarnya.

Berdasarkan Poneglyph yang berhasil Robin pecahkan sebelumnya, Pluton sendiri saat ini sedang “tertidur” dan sedang menantikan kemunculan seseorang untuk membangkitkannya. Namun, berdasarkan informasi terbaru dari chapter 1053, ternyata selama ini kita sudah salah menduga mengenai keberadaan Pluton. Senjata Kuno tersebut tidak berada di Alabasta sejauh ini, melainkan di negeri Wano.

Fakta ini terungkap setelah Nico Robin bertanya kepada Kozuki Sukiyaki mengenai kebenaran Pluton yang ada di Wano. Menurut Robin, informasi tersebut dia dapatkan berdasarkan tulisan yang ada di Poneglyph di Alabasta. Dan Sukiyaki sendiri kemudian mengonfirmasi hal tersebut, dengan mengatakan bahwa memang benar Senjata Kuno Pluton ada di negeri Wano.

BACA JUGA: One Piece: Masih Misteri, Di Mana Poneglyph Kaido?

Sekuat Apa?

Sebagai salah satu Senjata Kuno, kekuatan dari Pluton tentunya bisa kita katakan sangat luar biasa dahsyat. Menurut informasi yang ada, kedahsyatan dari Pluton yaitu mampu menenggelamkan seluruh pulau-pulau yang ada ke lautan. Satu serangan dari Pluton mampu menenggelamkan sebuah pulau. Namun, detail kemampuannya sendiri masih belum diketahui.

Yang pasti, siapa pun yang mengendalikan atau menguasai Pluton kabarnya akan mampu menghancurkan seluruh dunia. Karena itulah, Pluton – dan juga Senjata Kuno lainnya – tidak bisa jatuh ke tangan orang yang salah. Berdasarkan deskripsi tersebut, wajar jika kemudian Kerajaan Kuno atau siapa pun yang menjadi pemilik Pluton saat itu merupakan sosok yang berkuasa.

Selain mampu menghancurkan pulau dengan hanya satu serangan, bisa jadi Pluton memiliki kekuatan lainnya. Mungkin, salah satu kemampuan lain tersebut adalah terbang, bergerak mundur, mampu berubah wujud dan juga ukurannya, dan sebagainya. Bukan hal yang mustahil juga jika kemudian Pluton memiliki kemampuan lainnya yang tidak ada di kapal-kapal lainnya.

BACA JUGA: One Piece: Mengenal Kekuatan Yonko Buggy!

Kesimpulannya

Berdasarkan penjelasan di atas, kesimpulannya adalah Pluton merupakan salah satu Senjata Kuno yang kemungkinan memiliki bentuk seperti kapal. Hal ini berdasarkan informasi yang tertulis di Poneglyph yang ada di Alabasta. Selain itu, alasan mengapa Pluton kemungkinan adalah kapal laut bisa kita lihat dari adanya cetak biru yang mungkin membuat Pluton bisa diproduksi secara massal.

Juga, Pluton memiliki julukan “The World’s Worst Battleship” atau “Kapal Perang Paling Mengerikan di Seluruh Dunia.” Artinya, kekuatan dan kedahsyatan dari Pluton memang tidak main-main. Dan ternyata, Pluton sebenarnya bukan berada di Alabasta melainkan di Wano. Hal ini pun langsung dikonfirmasi oleh mantan Shogun Wano, Kozuki Sukiyaki. Kita nantikan saja ya Geeks kemunculan dari Senjata Kuno ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.