Fakta mengejutkan muncul di chapter 1053 dalam seri manga One Piece. Selain nilai bounty baru Luffy, Law serta Kid, hal yang juga mengejutkan adalah Buggy si badut menjadi salah satu Yonko baru menggantikan Big Mom dan Kaido. Tidak banyak orang yang menyangka bahwa Buggy akan meraih posisi ini.

Terlepas dari hal itu, pada kenyataanya kini Buggy sudah berhasil mewujudkan salah satu mimpinya tersebut. Namun, mungkin sebagian besar dari Geeks ada yang sudah lupa atau mungkin tidak tahu mengenai kelompok bajak laut Buggy. Lalu, siapa saja mereka? Berikut adalah para kru bajak laut Buggy.

Galdino

Galdino memutuskan untuk bergabung dengan kelompok bajak laut Buggy pasca kejadian di impel Down. Meskipun tidak sekuat anggota Baroque Works lainnya, tetapi Galdino memiliki kecerdasan dan keuletan yang tinggi. ia juga memiliki kemampuan buah iblis berjenis Logia Doru Doru yang memungkinkannya untuk bisa berubah dan memanipulasi lilin sesuka hatinya.

Karena bukan sosok yang ahli bertarung, Galdino menggunakan otaknya untuk menyusun rencana dan melakukan perhitungan. Bahkan Galdino mampu menyiapkan jebakan untuk para anggota Topi Jerami, dan berhasil menjebak mereka di arc Little Garden. Mr. 3 juga merupakan sosok dibalik lolosnya Ace, dengan membuat kunci borgol cadangan yang diberikan kepada Luffy dalam perang di Marineford.

BACA JUGA: Boruto: Aliansi Eida dan Konoha Bakal Muncul?

Cabaji

Cabaji adalah salah satu dari anggota kelompok bajak laut Buggy dan merupakan musuh pertama yang Zoro hadapi di seri One Piece. Pada awalnya, dalam pertarungan ini Cabaji terlihat mampu menyeimbangi kemampuan dari Zoro. Namun, ternyata kemampuan Zoro sedikit berkurang akibat luka yang dialaminya karena ulah Buggy. Di sisi lain, Cabaji juga merupakan salah satu wakil kapten dari kelompok bajak laut ini.

Cabaji sangat menghormati sosok Buggy dan begitu setia kepada sang kapten. Dia selalu berusaha untuk menghadirkan aperesiasi terhadap sang kapten, dan melakukan apa pun untuk sang kapten. Bahkan, dia sempat berusaha untuk menyelamatkan Buggy di Impel Down. Sayangnya, masih belum kita ketahui bagaimana nasib Cabaji saat ini. Cabaji terakhir kali muncul di arc Zou, di mana dia sedang berdiskusi mengenai kelompok bajak laut raksasa baru yang memutuskan untuk bergabung dengan aliansi Luffy.

Mohji

Buggy memiliki seorang wakil kapten yang cukup menarik bernama Mohji si penakluk hewan buas. Sesuai dengan julukannya, Mohji sangat ahli dalam menjinakan binatang khususnya binatang buas. Dia mempunyai seekor singa peliharaan bernama Richie. Mohji dan Cabaji sering sekali bertarung satu sama lain untuk membuktikan siapa diantara mereka yang merupakan kru terbaik.

Sosok Mohji sudah mengalami perubahan besar sebelum dan sesudah time-skip. Sebelumnya, Mohji memiliki tubuh yang kekar dan penuh otot. Namun, pasca time-skip, tubuhnya berubah menjadi besar dan gempal. Selain kemampuannya menaklukan binatang buas, Mohji juga sangat ahli mengendalikan cambuk. Dan yang menarik adalah Mohji lebih sering memerintahkan Richie untuk bertarung.

BACA JUGA: One Piece: Bukan Luffy, Ini Karakter Favorit Oda!

Richie

Richie merupakan seekor singa yang merupakan binatang peliharaan Mohji. Meskipun begitu, dia tetap dianggap menjadi bagian dari kelompok bajak laut Buggy. Dia masuk dalam klasifikasi makhluk Tipe C, yaitu “Hewan Besar dan Buas.” Karena menjadi binatang peliharaan dan salah satu kru bajak laut Buggy, dia pun menjadi salah satu villain yang muncul di arc Orange Town dan cukup memberikan kesulitan bagi Nami dan Luffy.

Meskipun memiliki penampilan seperti hewan buas, namun Richie terkadang berperilaku seperti seekor kucing. Sebagai hewan peliharaan, kecerdasan Richie memang tidak terlalu menonjol. Hanya makanan yang selalu dia pikirkan. Tidak jarang juga jiga Richie melakukan atau bertingkah konyol. Misalnya saat dia bermimpi menjadi kapten dari sebuah kelompok bajak laut.

1
2
https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/