Keberadaan Road Poneglyph ketiga di One Piece yang merupakan milik Kaido masih misterius keberadaanya saat ini. Namun, kabarnya Road Poneglyph tersebut ada di wilayah Wano. Namun, benarkah demikian? Arc Wano Country menjadi arc yang sangat penting dan panjang di seri One Piece. Hal ini karena ceritanya sendiri sudah menyuguhkan lebih dari 200 chapter sejak 2018.

Salah satu bukti bahwa arc Wano adalah arc panjang, Oda Sensei membagi ceritanya menjadi tiga babak. Dan saat ini kita sedang berada di babak ketiga. Masih belum informasi apakah babak ketiga merupakan babak terakhir, atau ada babak lainnya yang muncul. Dengan ceritanya yang sangat epik dan panjang, tentunya ada banyak hal yang dihadirkan di arc ini. Sebagian dari ceritanya masih menjadi misteri. Salah satunya adalah mengenai keberadaan Road Poneglyph milik Kaido.

Road Poneglyph sendiri merupakan kumpulan dari empat Poneglyph penting, yang wajib untuk bajak laut miliki informasinya jika mereka ingin pergi ke Laugh Tale. Karena, masing-masing dari isi dari Road Poneglyph tersebut berisi petunjuk untuk bisa pergi ke pulau terakhir itu. Tanpa adanya Road Poneglyph, mustahil seseorang bisa pergi menuju Laugh Tale.

BACA JUGA: Oda Siapkan Buggy Jadi Yonko One Piece Sejak Lama?

Dua informasi Road Poneglyph sudah kelompok Topi Jerami kantongi, yang berasal dari Zou dan milik Big Mom. Di akhir arc Wano, para fans meyakini bahwa Luffy akan menemukan Road Poneglyph yang ketiga. Berdasarkan informasinya, Poneglyph ketiga milik Kaido ada di Wano. Namun, di mana pastinya Kaido menyembunyikan Road Poneglyph miliknya tersebut? Dengan Luffy yang sudah berhasil mengalahkan Kaido, artinya dia hanya tinggal mencari keberadaan Road Poneglyph ketiga ini di Wano.

Keberadaan Pasti Road Poneglyph Kaido

Namun, sayangnya, lokasi pasti di mana Road Poneglyph tersebut tersimpan masih menjadi misteri besar sejak pertama kali diketahui pada chapter 967. Kaido pun bahkan tidak memberi tahu di mana lokasi Road Poneglyph tersebut kepada Big Mom. Jawaban yang paling masuk akal dari pertanyaan tersebut adalah Road Poneglyph ada di pulau Onigashima. Pulau Onigashima adalah markas dari Kaido dan kelompoknya, dan logikanya ini menjadi tempat yang paling aman di wilayah Wano.

Sebenarnya, Law sempat menemukan sebuah Poneglyph di ruangan istana Kaido. Namun, sebagian fans sendiri ragu bahwa Poneglyph tersebut adalah Road Poneglyph. Hal ini juga bisa kita lihat dari reaksi Law yang nampak biasa saja saat melihat Poneglyph tersebut. Serta, belum ada konfirmasi dari Oda Sensei bahwa itu adalah Road Poneglyph. Kemungkinan lainnya Road Poneglyph tersebut tersimpan di ruang rahasia di istana Kaido atau tersimpan di suatu tempat di Wano.

Ketika Oden berpetualang bersama kelompok bajak laut Roger, dia kembali untuk mendapatkan informasi mengenai Road Poneglyph yang ada di Wano. Pada saat itu, Kaido dan Orochi sedang berkuasa di Wano, merubah wilayah damai ini menjadi sebuah tempat mengerikan sampai sekarang. Meskipun begitu, Oden masih tetap bisa mengambil informasi tersebut dan pergi tanpa masalah. Tidak ada informasi adanya pertarungan atau masalah apa pun saat Oden berusaha untuk mengambil informasi dari Road Poneglyph tersebut.

Bahkan, saking mulusnya semua hal yang dilakukan oleh Oden, dia tidak menyadari bahwa sang ayah, Kozuki Sukiyaki, sudah tidak lagi menjadi pemimpin setelah Orochi menjadi sosok Shogun yang baru. Berdasarkan hal tersebut, jelas bahwa akses untuk menuju Road Poneglyph yang ada di Wano tidaklah sulit.

BACA JUGA: Ryokugyu One Piece Adalah Mantan Samurai Wano?

Ada kemungkinan bahwa Road Poneglyph tersebut tersimpan di wilayah Kuri, karena saat Oden kembali untuk mengambil Road Poneglyph tersebut dia mendarat di pantai, di mana terdapat kapal yang siap menunggunya. Kemungkinan lainnya, Oda Sensei mungkin sengaja menyimpan Road Poneglyph tersebut di tempat yang tidak terduga seperti desa Amigasa yang sudah hancur.

Oda Simpan di Tempat Tidak Terduga?

Kemungkinan lainnya juga adalah Kaido mungkin sudah mengetahui di mana lokasi Road Poneglyph tersebut dan memutuskan untuk memindahkannya ke lokasi lain. Namun, jika hal itu memang benar terjadi maka akan banyak orang mengetahui hal tersebut. Pasalnya, tidak mudah untuk memindahkan satu batu berukuran besar seperti Poneglyph.

Namun, tentu akan sangat menarik juga jika kemudian Poneglyph berwarna merah ini ditemukan di tempat yang tidak diduga oleh banyak orang. Jadi, untuk saat ini, memang keberadaan Road Poneglyph milik Kaido masih sangat misterius. Namun, kemungkinan besar lokasinya ada di pulau Onigashima atau di salah satu wilayah tersembunyi dan tidak terduga di wilayah Wano. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan juga bahwa ada lokasi lainnya untuk menyimpan Road Poneglyph ketiga ini, misalnya di pulau lain. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.