Spider-Verse adalah waralaba film animasi Marvel ciptaan Sony yang berfokus pada karakter Spider-Man Miles Morales dari Marvel Comics. Sukses dengan film perdananya, saat ini Sony tengah bersiap untuk merilis film sekuelnya yang berjudul Spider-Man: Across the Spider-Verse. Masih bertema tentang multiverse, dalam petualangannya nanti Miles (Shameik Moore) dan Gwen (Hailee Steinfeld) akan berhadapan dengan musuh baru. Di mana dalam acara Annecy Festival, Sony menjuluki villain ini sebagai ‘musuh Miles Morales yang paling tangguh’.

Musuh tersebut tidak lain adalah villain Marvel Comics, Spot, yang sebelumnya sempat menjadi rumor di kalangan penggemar. Bersamaan dengan konfirmasinya ini, Sony juga merilis First Look supervillain Spot di Spider-Verse 2, yang tengah bertarung dengan Miles dan Gwen. Berdasarkan apa yang terlihat dari gambar tersebut, Miles tampaknya cukup kewalahan dengan kekuatan Spot yang membuatnya hampir menendang wajah Gwen. Untuk lebih mengenal siapa dan sekuat apa Spot, simak pembahasannya di bawah ini, Geeks!

Pernah Mengalahkan Spider-Man

Seperti yang kita tahu, baik Peter Parker maupun Miles Morales, Spider-Man adalah superhero remaja yang terkenal cukup cerdas. Hal itulah yang membuat dia sering berinteraksi dengan para ilmuwan di Marvel Comics. Termasuk berhadapan dengan para ilmuwan gila yang memanfaatkan kemampuannya untuk tujuan jahat. Dan dari sekian banyak ilmuwan jahat tersebut, Spot adalah salah satunya yang melakukan debutnya di komik The Spectacular Spider-Man #98 (1985). Karakter yang mempunyai nama asli Johnathon Ohnn ini adalah salah satu villain yang sempat bekerja sama dengan Kingpin.

Tujuan utama John dan Kingpin sebenarnya adalah meniru kekuatan superhero Dagger. Namun dalam prosesnya, dia justru malah meniru kekuatan dari rekan Dagger yang bernama Cloak, superhero yang tubuhnya terhubung dengan Darkforce Dimension. Sejak saat itu John kemudian memutuskan untuk menjadi supervillain Spot dengan kekuatan utama yang bisa menciptakan portal ke dimensi lain dengan tubuhnya. Bedanya, Spot menamai kekuatan portalnya sendiri sebagai ‘Spotted Dimension’. Itulah mengapa tubuhnya penuh dengan titik-titik hitam yang terhubung satu sama lain.

BACA JUGA: Resmi, Status Lightyear Menurut Lembaga Sensor Film Indonesia! 

Pada pertemuan perdananya dengan Peter Parker alias Spider-Man, Spot terbukti mampu memenangkan pertarungan dengan mudah. Karena spider-sense milik Spidey tidak dapat memprediksi setiap serangan portal yang dilancarkan oleh Spot. Walaupun penampilannya cukup lucu, tetapi dengan kekuatan portalnya, Spot juga pernah mengalahkan Fantastic Four dengan menjebak mereka di Negative Zone. Terlepas dari kehebatannya tersebut, supervillain Mandarin ternyata pernah menjebak Spot ke dimensinya sendiri, membuat dia depresi karena tidak bisa berkomunikasi dengan siapa pun.

Mampu Mengandalkan Kekuatan Lawan

Meskipun kekuatan Spot di Spider-Verse 2 belum terungkap sepenuhnya, tetapi sepertinya kekuatan dia kurang lebih akan sama seperti di komik. Di mana tubuh Spot penuh dengan portal mini yang bisa dia kontrol sesuka hati. Itulah mengapa di first look-nya, Spot mampu membuat Miles hampir menendang Gwen. Karena saat kaki Miles masuk ke dalam portal, Spot bisa menghubungkannya dengan portal yang ada di dekat Gwen. Selain memanfaatkan titik hitam di tubuhnya, Spot juga bisa melemparkan dan membuat portalnya mengapung di udara.

Menariknya, alasan mengapa dia cukup sering menang melawan superhero adalah karena Spot mampu memanfaatkan kekuatan lawan. Sebagai supervillain yang tidak mempunyai kekuatan fisik super, Spot sering dengan sengaja membuat lawan melukai dirinya sendiri dengan portal yang dia ciptakan. Dia juga cukup sering membuat lawannya kehilangan arah, dengan terus membuatnya masuk dan keluar dari portal secara acak. Spot sering menggunakan taktik ini saat berhadapan dengan Spider-Man. Karena hanya dengan begitu kemampuan spider-sense milik Spidey akan menjadi tidak efektif.

BACA JUGA: DC: Mengenal Para Anggota Justice Society of America!

Portalnya Sangat Terbatas

Walaupun dia mempunyai kekuatan yang cukup unik dan mampu memanfaatkan kekuatan musuh, tetapi Spot juga mempunyai satu kelemahan yang cukup fatal. Portal yang ada di tubuh Spot sebenarnya sangat terbatas. Jika dia tidak mampu mengontrol emosinya, maka portal yang dia lepas dan lemparkan untuk keuntungannya justru akan menjadi kelemahannya. Seperti yang terjadi saat Spider-Man berhasil memancing Spot untuk melemparkan semua portalnya, dan hanya menyisakan tubuhnya yang berwarna putih.

Dalam keadaan tersebut, siapa pun sepertinya dapat dengan mudah mengalahkan Spot, karena dia sama sekali tidak mempunyai kekuatan fisik super. Itulah pembahasan mengenai siapa dan sekuat apa Spot, begitu juga dengan kelemahannya yang cukup fatal. Jangan lewatkan aksi Spot di Spider-Verse 2 alias Spider-Man: Across the Spider-Verse, saat filmnya tayang di bioskop pada 2 Juni 2023 mendatang.