Disney Pixar bersiap untuk merilis film terbaru mereka yaitu Lightyear. Film spinoff yang bercerita tentang sosok Buzz Lightyear dan juga ceritanya sebagai seorang space ranger. Film ini rencananya akan tayang pada 15 Juni mendatang, namun kabar terbaru kemudian muncul di mana ada spekulasi bahwa filmnya tidak jadi tayang.

Lightyear sendiri menjadi film yang penuh kontroversi karena terdapat adegan yang memperlihatkan cinta sesama jenis. Karena hal itu, film ini kemudian banyak dilarang tampil di banyak negara.

Status Film Lightyear di Indonesia

Di Indonesia sendiri, sebenarnya film ini masih dalam tahap pengkajian. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh ketua Lembaga Sensor Film (LSF) Indonesia, Rommy Fibri, dalam wawancara eksklusif dengan Greenscene.co.id.

“Jadi, si pemilik film pernah meminta agar Lightyear ini dilakukan peninjauan, bukan penyensoran namun peninjauan. Kenapa peninjauan? Karena semuanya belum lengkap (belum ada terjemahan dan sebagainya)”, ujar Rommy. Rommy Fibri kemudian mengungkapkan bahwa dari pihak LSF memberikan beberapa catatan untuk pemilik film. Beberapa diantaranya adalah terdapat adegan yang memunculkan adegan LGBT, sehingga pihak dari LSF sendiri akan menaikan rating untuk usia penontonnya menjadi 13 tahun ke atas.

Resmi, Status Lightyear Menurut Lembaga Sensor Film Indonesia!, Greenscene

“Dari peninjauan itu, LSF sudah melihat kemudian memberi kisi-kisi. Kalau pun lulus (sensor) nanti (batas usia penonton minimal) 13 tahun. Karena ada satu catatan yang diberikan, ada adegan yang diminta untuk menjadi pertimbangan (LGBT). Karena penonton di Indonesia sensitif soal adegan seperti itu”. Rommy juga menjelaskan bahwa sampai hari ini film Lightyear belum memasuki tahap penyensoran, dikarenakan dari pihak pemilik film belum mengajukan permintaan penyensoran. Sehingga sampai saat ini, bisa dibilang bola untuk perilisan Lightyear masih ada di tangan pemilik film alias dari pihak Disney.

Terkait dengan jadwal perilisan sebuah film, Rommy Fibri mengatakan bahwa Lembaga Sensor Film Indonesia tidak pernah ikut campur karena hal tersebut berada diluar kewenangan dan tanggung jawab mereka. Namun, Rommy juga menjelaskan bahwa proses penyensoran tidak akan lama, dan biasanya berlangsung hanya satu hari saja.

BACA JUGA: 10 Film Animasi Disney Paling Kontroversial!

Sementara itu, meskipun keputusan untuk menayangkan film Lightyear di Indonesia masih belum jelas, namun dari pernyataan pihak LSF sendiri bisa disimpulkan bahwa film tersebut berpeluang untuk tayang, selama memenuhi beberapa “catatan” yang diberikan. Kita nantikan saja ya Geeks kabar selanjutnya dari film ini.