Memasuki minggu ketiga penanyangannya, The Boys season 3 telah berhasil menyajikan tayangan yang tidak kalah brutal dari sebelumnya. Selain karena kehadiran para supes baru, hal itu juga bisa terjadi karena perusahaan Vought telah menemukan serum baru, yaitu V24. Dengan serum ini, seorang manusia biasa bisa menjadi manusia super hanya dalam sekejap. Di mana di semestanya, kekuatan super adalah sesuatu yang sangat fundamental jika ingin hidup ‘lebih baik’. Namun, terlepas dari kekuatannya yang luar biasa, ternyata serum yang Butcher sebut Temporary V ini juga mempunyai beberapa kelemahan. Apa saja kelemahan tersebut? Simak pembahasannya di bawah ini.

Berlaku Satu Hari

Sejak pertama kali terungkap di episode 1 yang berjudul ‘Payback’, Stan Edgar mengatakan bahwa V24 adalah serum yang dapat mengubah tentara Amerika menjadi pasukan manusia super. Walaupun begitu, saat berbicara dengan Menteri Pertahanan Amerika Robert Singer, CEO Vought tersebut juga menjelaskan bahwa efek serum V24 hanya bertahan sementara. Tidak seperti serum Compound V yang dapat memberi kekuatan super kepada penggunanya bahkan sampai dia mati. Sesuai dengan namanya, efek dari V24 sendiri hanya berlaku selama 24 ham atau satu hari.

Itu artinya siapa pun yang menggunakannya hanya bisa menjadi manusia super hanya dalam waktu satu hari, tidak lebih. Dalam sebuah simulasi pertempuran, dapat kita bayangkan apa yang terjadi saat pengguna V24 masih tetap bertempur pada jam ke-25. Mungkin secara tiba-tiba dia akan terlihat ‘lembek’ dan musuh dapat langsung membunuhnya dengan mudah. Skenario lain mungkin seseorang bisa menggunakan V24 lain saat efek serum pertamanya habis. Namun, hal tersebut sepertinya cukup sulit untuk terwujud, mengingat harga satuan V24 yang sangat mahal.]

BACA JUGA: Ini Pesawat Tempur Tercepat di Top Gun 2!

Mempunyai Efek Samping

Saat Bucher menggunakan serum V24 pemberian Queen Maeve untuk melawan Gunpowder, dia memang mendapatkan berbagai macam kekuatan super. Hampir sama seperti musuh bebuyutannya, yaitu Homelander, Butcher menjadi sosok supes ‘sementara’ dengan kekuatan fisik super dan bisa menembakan laser dari matanya. Namun, setelah efek dari V24 hilang, ternyata Butcher harus menerima kenyataan bahwa tubuhnya mengalami efek samping yang sangat buruk. Dia terlihat cemas dan bahkan muntah-muntah, dengan sisa kekuatan yang seperti masih terpancar dari dalam tubuhnya.

Menurut Stan Edgar, karena masalah hukum yang muncul setelah Compound V terungkap ke publik, semua pengujian serum milik Vought terpaksa harus berhenti. Itulah mengapa serum V24 masih belum sempurna dan memberikan efek samping kepada penggunanya. Ada pun efek samping yang Vought ungkap di antaranya adalah mual, kejang otot, migrain, dan muntah. Walaupun begitu, di episode 4 yang tayang beberapa hari lalu, tampaknya Hughie juga mengalami efek samping lain setelah menggunakan V24. Di mana tangannya terlihat berpijar seperti ada panas yang siap untuk meledak.

Lebih Berbahaya dari Compound V?

Seperti yang kita tahu, saat seseorang menggunakan serum V24 orang tersebut akan mendapatkan kekuatan super yang beragam. Sama seperti Compound V yang dapat membuat penggunanya mendapat kemampuan super yang berbeda-beda. Dalam hal ini cukup jelas bahwa V24 sendiri mempunyai efek yang kurang lebih sama seperti Compound V. Bedanya, V24 dapat bereaksi langsung di dalam tubuh, tidak seperti serum V asli yang membutuhkan waktu observasi lebih lama. Jika mengacu pada ilmu zat adiktif, sesuatu yang mempunyai efek lebih cepat, umumnya akan jauh lebih adiktif.

Berdasarkan sifat serum ciptaan Vought yang biasanya sangat adiktif, artinya efek langsung V24 mungkin akan sangat berbahaya bagi penggunanya. Dia akan sangat ketagihan untuk terus-menerus menggunakan serum V24. Dan mungkin Vought sendiri memang mengharapkan hal tersebut untuk terjadi, agar para penggunanya mau tidak mau harus menjadi pelanggan tetap bagi mereka. Mirisnya lagi, selain karena zat yang ada di dalam V24, mungkin kekuatan super dari serum tersebut juga dapat membuat penggunanya makin kecanduan, karena ingin terus menjadi versi terhebat dari dirinya.

Itulah berbagai kelemahan serum V24 di serial The Boys. Dua dari tiga kelemahan di atas memang sudah dikonfirmasi juga oleh serialnya. Sedangkan untuk kelemahan ketiga, tentang V24 yang lebih membahayakan dari Compound V, mungkin akan segera terbukti di episode-episode selanjutnya. Serial The Boys season 3 sendiri dapat kita saksikan setiap hari Jum’at, hanya di saluran streaming Amazon Prime Video.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.