Menjelang perilisannya yang tinggal beberapa minggu lagi, belakangan ini Marvel Studios cukup rajin dalam mempromosikan film Thor: Love and Thunder di MCU. Dan berdasarkan apa yang terlihat di trailer barunya, penggemar dapat melihat dengan jelas seperti apa penampilan aktor Russell Crowe sebagai Dewa Zeus. Sosok yang terkenal sebagai Dewa Petir dari mitologi Yunani ini mempunyai penampilan lansia dan juga tubuh gempal. Walaupun begitu, tampaknya Zeuz bukanlah dewa yang bisa kita remehkan. Karena pada kenyataanya, dia adalah raja dari para dewa Olympian di Olympus.

Berbicara tentang dewa petir, ada kemungkinan Zeus sendiri akan menjadi ancaman bagi Thor (Chris Hemsworth) yang sama-sama Dewa Petir dari mitologi Nordik. Hal tersebut bisa terjadi karena umumnya para dewa selalu berselisih jika ingin menentukan siapa yang lebih hebat sebagai dewa Bumi. Asgardian dan Olympian adalah contoh nyata yang memang cukup sering menjadi topik perdebatan di kalangan penggemar Marvel. Dan dalam kasus Love and Thundersiapa sebenarnya dewa petir yang lebih hebat di MCU? Thor atau Zeus? Tanpa perlu basa-basi lagi, mari kita bahas lebih lanjut, Geeks!

Thor, Dewa Petir Asgardian di MCU

Semua penggemar setia Marvel pasti sudah mengenal siapa Thor. Baik di Marvel Comics maupun di MCU, Thor adalah anak dari penguasa Nine Realms yang bernama All-Father Odin. Sebagian besar kekuatannya berasal dari darah dewa Asgard yang mengalir di dalam tubuhnya. Sedangkan sebagian lagi berasal dari setiap senjata andalannya yang sering menjadi katalis kekuatan petir bagi Thor. Misalnya seperti Mjolnir, yang terbukti membuat Thor bisa terbang dan memanggil petir raksasa. Walaupun begitu, di film Thor: Ragnarok, Dewa Petir Asgardian ini menyadari bahwa katalis yang sebenarnya adalah dirinya sendiri.

Sayangnya, meskipun sudah bisa memanggil petirnya sendiri, tetapi Thor merasa bahwa dia tidak sehebat saat dirinya menggunakan senjata. Itulah mengapa, saat Mjolnirnya hancur, Thor memutuskan untuk mencari senjata baru ke Nidavellir bersama Rocket dan Groot di film Avenger: Infinty Wars. Pada titik inilah dia akhinya menemukan senjata andalan baru, yaitu Stormbreaker. Dengan senjata ini, Thor dapat memenggal sang Mad Titan Thanos dengan mudah. Dan seperti yang terlihat di trailernya, Thor juga menggunakan Stormbreaker untuk menenagai kambing Toothgnasher dan Toothgrinder.

BACA JUGA: Bocoran Penampilan Bumblebee di Film Transformers Baru!

Terlepas dari kehebatannya dalam menggunakan senjata seperti palu atau kapak, Thor juga mempunyai berbagai kekuatan super lain. Sama seperti di Marvel Comics, Thor juga terkenal mempunyai kemampuan fisik dewa yang jauh lebih superior dari manusia. Dengan kekuatan, kelincahan, dan daya tahan tubuhnya ini Thor bahkan mendapatkan julukan sebagai Avengers terkuat. Namun, jika dibandingkan Odin, Thor sendiri mengaku bahwa dia masih belum ada apa-apanya. Sehingga cukup jelas bahwa batas atas dari kekuatan Thor sendiri adalah ayah kandungnya, yaitu All-Father Odin.

Zeus, Dewa Petir Olympian

Berbeda dengan Thor, Zeus justru adalah dewa dari Marvel Comics yang sering dibandingkan kekuatannya dengan Odin. Sulit untuk menyimpulkan siapa yang lebih hebat di antara Odin dan Zeus. Dengan kedudukan tersebut cukup jelas bahwa Zeus adalah salah satu karakter terkuat di MCU. Walaupun begitu, sampai saat ini Marvel sendiri belum pernah membahas batas kekuatan Zeus di MCU, karena dia memang baru akan melakukan debutnya di film Love and Thunder. Jadi, ada kemungkinan versi MCU-nya justru mempunyai kemampuan yang tidak lebih hebat dari Odin dan tidak lebih lemah dari Thor.

Berdasarkan cuplikan adegannya di trailer Love and Thunder, Zeus terlihat cukup kuat untuk merantai Thor di Olympus. Dengan kibasan jarinya, Zeus bahkan terbukti mampu membuat Thor sepenuhnya telanjang di hadapan banyak orang / dewa. Dan sebagai Dewa Petir, ada kemungkinan Zeus juga mempunyai kemampuan memanggil petir yang lebih hebat dari Thor. Bedanya dengan di Marvel Comics, Zeus juga ternyata mempunyai senjata andalan berbentuk petir emas yang mungkin dia gunakan juga sebagai katalis dari kekuatan petirnya.

Itulah pembahasan tentang perbandingan kekuatan antara Thor dan Zeus di film Love and Thunder dan MCU secara keseluruhan. Sebagai Dewa Petir, Zeus sepertinya memang mempunyai kekuatan yang lebih hebat dari Thor. Jika benar dia akan menjadi salah satu villain di filmnya, untungnya kali ini Thor tidak sendirian. Karena nantinya Mighty Thor dan King Valkyrie akan menemani dia untuk pergi ke Olympus. Jangan lewatkan kerja sama Thor, Mighty Thor, dan King Valkyrie di Olympus, saat film Thor: Love and Thunder tayang pada tanggal 8 Juli besok.