Setelah lebih dari empat tahun berjalan di seri One Piece, arc Wano Country sepertinya sudah akan selesai dalam beberapa waktu kedepan. Seperti yang kita ketahui, arc Wano Country mulai berjalan sejak pertengahan 2018 kemarin. Terbagi menjadi tiga babak, Oda Sensei mengatakan bahwa arc ini akan menjadi cerita yang paling besar dan epik.

Dan sampai sejauh ini, Oda Sensei memang sudah membuktikan hal tersebut dengan menghadirkan berbagai pertarungan dan pertempuran. Salah satunya adalah pertempuran di Onigashima. Dalam pertempuran tersebut, duel antara Worst Generation dan dua Yonko besar, Kaido dan Big Mom, menjadi salah satu hal yang membuat arc tersebut menarik. Dan pada akhirnya, Worst Generation berhasil mengalahkan dua Yonko tersebut.

Kalahnya kedua Yonko itu membuat para fans kemudian berpendapat bahwa arc Wano memang sudah selesai. Namun, faktanya, ada banyak hal-hal yang masih menjadi misteri atau cerita yang belum selesai untuk ditampilkan. Kekalahan Kaido dari Luffy sepertinya bukan menjadi sebuah akhir yang besar, seperti yang sering kita lihat di arc sebelumnya, Namun, hal tersebut menjadi sebuah momen penutup di arc tersebut.

Terlepas dari perdebatan mengenai sosok Kaido yang kalah (atau tewas) akibat magma, hal lain yang menarik dari arc tersebut adalah pembahasan mengenai Wano. Negara terisolir ini merupakan sebuah wilayah yang spesial. Masih ada banyak misteri yang belum terpecahkan di wilayah ini. Bahkan, Big Mom sendiri mencari tahu dan penasaran mengenai “harta karun” apa yang ada di Wano.

BACA JUGA: Dragon Ball: Bukan Vegito & Gogeta, Ini Fusion Terkuat!

Dalam momen inilah antagonis terakhir di Wano akhirnya muncul di ceritanya. Antagonis terakhir ini akhirnya tampil ke permukaan, setelah mereka menunggu secara sabar dan menantikan peluang yang tepat untuk menyerang. Lalu, siapa sosok yang dimaksud? Pemerintah Dunia dan juga organisasi rahasia mereka yaitu CP-0. Seperti yang kita ketahui, CP-0 ternyata juga muncul di Onigashima.

Cipher Pol 0 di Wano One Piece

Secara tidak langsung, CP-0 adalah perwakilan dari Pemerintah Dunia di Wano. Keberadaan mereka di Wano sepertinya ada kaitannya dengan upaya untuk mengambil alih kekuasaan Wano. Selama ratusan tahun, Pemerintah Dunia tidak mampu untuk bisa menguasai satu-satunya wilayah yang tidak masuk dalam kekuasaan mereka ini. Dan momen pertempuran di Onigashima ini pun menjadi langkah mereka untuk mewujudkan hal tersebut.

Dalam chapter sebelumnya pun kita melihat bagaimana Pemerintah Dunia mengirimkan sebagian armada mereka menuju Wano. Tujuannya adalah untuk mengambil alih kekuasaan wilayah tersebut, ketika Kaido gagal untuk mengalahkan Luffy. Dan faktanya, Kaido gagal untuk mengalahkan Luffy. Artinya, mereka siap untuk mengambil alih Wano dengan cara yang lain. Pasalnya, di chapter 1052 Gorosei sendiri menyadari bahwa ada perubahan rencana besar setelah Momo menunda untuk membuka perbatasan.

Pada intinya, terdapat sebuah spekulasi atau asumsi bahwa bukan Kaido dan Big Mom yang kemudian akan menjadi “lawan terakhir” di arc Wano, melainkan Pemerintah Dunia. Mereka tentu tidak akan membiarkan apa yang terjadi di Wano begitu saja. Di chapter kemarin, Gorosei sadar bahwa kekalahan Kaido dan Big Mom akan mengguncang dunia. Namun, mereka sudah siap dengan semua resikonya.

Bahkan, para Gorosei meminta salah satu agen CP-0 untuk tetap menjalankan salah satu perintah mereka yaitu menangkap Nico Robin. Nasib dari armada Pemerintah Dunia sendiri masih hidup, di mana mereka mungkin terombang-ambing di dekat wilayah Wano setelah Zunesha tidak melakukan apa pun terhadap mereka. Hanya tinggal masalah waktu dan momen yang pas untuk kemudian Pemerintah Dunia kembali bergerak.

Eiichiro Oda mengatakan bahwa Saga terakhir One Piece akan mulai dalam beberapa chapter kedepan. Artinya bukan mustahil jika kemudian setting cerita pertempuran antara kelompok Topi Jerami dan Armada Besar Topi Jerami serta aliansinya baru akan mulai dalam beberapa chapter kedepan. Sehingga, inilah mungkin cerita atau pertempuran besar yang Oda janjikan selama ini. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.