Semua penggemar setia Marvel pasti sudah tidak sabar ingin segera melihat petualangan baru Thor (Chris Hemsworth) di film solo keempatnya. Berjudul resmi Thor: Love and Thunder, film garapan sutradara Taika Waititi ini kabarnya telah mengambil banyak materi dari Marvel Comics. Salah satunya adalah dengan menghadirkan berbagai karakter menarik dari kisah Thor di komik. Mereka adalah Jane Foster alias Mighty Thor (Natalie Portman) dan supervillain Gorr the God Butcher (Christian Bale).

Ada kemungkinan kemunculan Gorr dan Mighty Thor ini sebenarnya mempunyai maksud untuk mengadaptasi kisah komik Thor: God of Thunder (2012). Di mana hal tersebut telah memicu spekulasi penggemar tentang kemunculan tiga versi Thor di Love and Thunder. Sebelum membahas kemungkinannya seperti apa, mari kita kenali terlebih dahulu sejarah aslinya di Marvel Comics.

Tiga Thor dari Berbagai Timeline

Thor: God of Thunder adalah komik populer yang pertama kali menceritakan kemunculan supervillain legendaris Gorr the God Butcher. Di komik ciptaan Jason Aaron dan Esad Ribić ini Gorr muncul sebagai sosok mengerikan yang bercita-cita ingin membasmi semua dewa. Untuk mencapai misinya tersebut dia bahkan membunuh semua Dewa Waktu di Planet Chronux agar bisa menguasai Pool of Forevers. Dengan kolam yang berfungsi sebagai mesin waktu tersebut, Gorr berkeliling timeline dari masa lalu hingga masa depan, hanya demi memuaskan hasratnya untuk membunuh semua dewa yang dia benci.

Dalam pertemuan pertamanya dengan Thor, Gorr bahkan hampir berhasil membunuh Thor muda pada era Viking. Dan dengan memanfaatkan Pool of Forevers, dia bahkan berurusan dengan lebih banyak lagi Thor, seperti Prime Thor dan All-Father Thor. Meskipun Gorr berhasil membunuh sekaligus memperbudak banyak dewa, tetapi pada akhirnya tirani Gorr mulai goyah setelah ketiga Thor bersatu. Dan saat Gorr memutuskan untuk melancarkan rencana pamungkasnya, yaitu meledakan Godbomb untuk membunuh para dewa di semua timeline, ketiga Thor ini berhasil mencegahnya.

BACA JUGA: Perbandingan Kekuatan Thor & Zeus di MCU!

Dengan dua Mjolnir di tangannya, Prime Thor berhasil menyerap semua ledakan Godbomb dan melancarkan serangan terakhirnya kepada Gorr. Sejak saat itu kekejaman Gorr akhirnya berhenti menghantui timeline dan ketiga Thor bisa melanjutkan hidupnya masing-masing. Film Thor: Love and Thunder sendiri mungkin akan melakukan pendekatan cerita yang hampir sama seperti komik Thor: God of Thunder. Di mana akan ada tiga versi Thor yang saling bekerja sama untuk mengalahkan supervillain Gorr the God Butcher.

Banyak Versi Thor di MCU

Seperti yang kita tahu, Marvel Studios memang sudah cukup sering mengambil referensi dari Marvel Comics. Walaupun begitu, mereka juga biasanya melakukan sedikit penyesuaian agar ceritanya terasa lebih segar. Alih-alih membawa tema time travel, mungkin Marvel akan mengangkat tema ‘multiverse’ yang sekarang lebih familier. Dengan multiverse, tentunya akan sangat mudah untuk membawa banyak Thor dalam satu waktu. Dan daripada menghadirkan banyak Thor dengan penampilan yang sama, akan lebih menarik jika berbagai Thor yang akan muncul mempunyai ciri khasnya sendiri.

Itulah mengapa di film Love and Thunder nanti Mighty Thor dari Jane Foster mungkin akan mempunyai peran yang besar. Sedangkan untuk menambah kekuatan para Thor ini, Marvel bisa memperkenalkan varian Thor lain yang bisa saja sebenarnya sudah pernah terlihat di trailernya. Misalnya Thunderstrike, versi Thor dari Marvel Comics yang terkenal karena gayanya mirip seperti anak motor. Di trailernya sendiri kita bisa melihat sosok Thunderstrike di diri Thor Ravager yang terlihat bersama Guardians of the Galaxy.

Pada titik ini untuk sementara bisa kita simpulkan bahwa ada tiga versi Thor yang mungkin muncul di film Love and Thunder. Mereka adalah Prime Thor, Mighty Thor, dan Thunderstrike. Apakah mereka akan muncul sebagai jati diri yang berbeda? Hanya waktu yang bisa menjawabnya. Yang jelas, untuk mengalahkan Gorr the God Butcher, tentunya Thor akan membutuhkan kekuatan yang lebih dari sekadar dirinya sendiri. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Kita buktikan saja nanti kebenaran tentang teori tiga Thor ini di film Thor: Love and Thunder yang akan tayang di bioskop pada tanggal 8 Juli besok.