Setelah pertarungan panjang dan epik serta melelahkan antara Luffy melawan Kaido, juga Eustass Kid dan Trafalgar Law melawan Big Mom, akhirnya kedua Yonko tersebut akhirnya kalah dalam chapter baru One Piece. Kedua Yonko tersebut bahkan kalah dalam kondisi yang mengenaskan. Mereka harus terkubur dalam-dalam di bawah aliran magma. Bahkan, mereka nampak tenggelam dan terbawa arus aliran magma tersebut.

Namun, para fans sendiri masih meragukan kemenangan dari para Worst Generation atas para Yonko tersebut. Mereka tidak benar-benar menghabisi nyawa para Yonko tersebut. Sebagian fans juga tidak yakin bahwa Kaido dan Big Mom sudah tewas meskipun mereka tenggelam di bawah aliran magma. Secara garis besarnya, sulit untuk bisa menentukan apakah para Worst Generation tersebut memang benar-benar “mengalahkan” Yonko dalam sebuah pertarungan yang sah.

Meskipun begitu, bukan berarti para Yonko sama sekali tidak bisa terkalahkan. Terlepas dari apa yang Luffy dan Worst Generation lain lakukan terhadap Kaido dan juga Big Mom, di sepanjang seri One Piece ada beberapa contoh nyata tentang “kekalahan” dari para Yonko. Untuk itu, kita perlu kembali melihat ke belakang dari berbagai kejadian besar yang pernah terjadi.

Tujuannya adalah agar kita bisa memahami apa yang kemudian termasuk menang dalam pertempuran, apa yang termasuk dalam sebuah kekalahan, dan apa kondisi yang membuat pertarungan atau pertempuran tersebut menjadi tidak sah. Setelah semuanya dipahami atau berada dalam satu pemahaman, maka akan lebih mudah untuk menentukan apakah Worst Generation memang benar-benar “menang” atas para Yonko.

Patokan Kemenangan

Untuk lebih mudah memberikan gambaran tentang kemenangan dalam pertempuran, kita bisa kembali melihat apa yang terjadi pada perang besar di Marineford. Dalam pertempuran tersebut kita melihat bagaimana Whitebear dan aliansinya harus berhadapan dengan seluruh kekuatan angkatan laut. Whitebeard sendiri adalah sosok manusia paling kuat di dunia dan salah satu Yonko.

Dalam peristiwa tersebut, Whitebeard benar-benar harus mengalami kejadian yang mengerikan. Tubuhnya menerima kurang lebih 460 luka, yang berasal dari serangan pedang, senjata api, dan juga meriam. Bahkan, sebagian wajah Whitebeard hancur akibat serangan magma Sakazuki. Yang luar biasa adalah Whitebeard tewas dalam keadaan berdiri tegap.

Memang kemudian muncul argumen bahwa situasinya mungkin tidak akan sama jika Whitebeard dalam keadaan yang sehat. Banyak fans berargumen bahwa kekalahan Whitebeard tersebut adalah akibat usianya yang tidak muda lagi dan juga kesehatannya yang sudah sangat menurun. Terlepas dari itu, Whitebeard adalah contoh nyata dari betapa sulitnya untuk menghentikan atau menghabisi seorang Yonko.

Hal lainnya yang juga patut untuk kita perhitungkan adalah bagaimana menentukan pemenang dalam pertarungan dua Yonko. Contoh dari hal iniadalah Whitebeard melawan Shanks, Shanks vs. Kaido, dan Kaido vs. Big Mom. Namun, pertarungan tersebut tidak muncul secara penuh, juga kita tidak pernah tahu bagaimana hasil akhir dari pertarungannya.

BACA JUGA: Dragon Ball: Bukan Vegito & Gogeta, Ini Fusion Terkuat!

Meskipun begitu, satu hal yang bisa kita petik dari pertarungan tersebut adalah tidak peduli siapa yang menang atau pun kalah, pertarungan tersebut memberikan gambaran bahwa Yonko adalah sosok yang berada di level yang berbeda. Hampir mustahil orang biasa mampu mengalahkan para Yonko tersebut.

Cara Mengalahkan Yonko di One Piece

Berdasarkan penjelasan di atas, ada banyak cara untuk kemudian “mengalahkan” seorang Yonko tanpa perlu untuk saling bertarung. Dalam konfrontasi Shanks edengan Kaido, Shanks dapat kita asumsikan sebagai pemenangnya karena dia berhasil mencegah Kaido untuk pergi ke Marineford dan membunuh Whitebeard.

Detail dari pertarungan tersebut tidak muncul secara spesifik, namun fakta bahwa Shanks kemudian muncul di Marineford dan bukan Kaido menunjukan bahwa Kaido jelas-jelas kalah. Di sisi lain, tidak adanya detail mengenai hal tersebut membuat reputasi Kaido sebagai makhluk terkuat di dunia tetap terjaga.

Dalam situasi yang sama, Luffy bisa saja berhasil mengalahkan Big Mom di Whole Cake Island. Tujuan Luffy sedari awal bukanlah untuk bertarung melawan Big Mom, melainkan menyelamatkan rekannya, Sanji. Bukan hanya Luffy berhasil melakukan hal tersebut, namun dia juga berhasil mempermalukan Big Mom dengan berbagai hal yang dia lakukan.

Contohnya adalah berhasil mengalahkan Charlotte Katakuri, memakan kue pernikahan anaknya, dan bahkan menghancurkan foto dari Mother Caramel. Luffy melakukan upaya yang tidak terduga untuk mengalahkan Big Mom dalam pertarungan, yang mana hal ini pula yang kemudian muncul dalam surat kabar Morgan bahwa Luffy berhasil mengalahkan Big Mom.

Kekalahan Big Mom yang mungkin bisa diperdebatkan adalah bagaimana usahanya untuk bisa masuk ke Wano. Kapalnya harus terjatuh dari air terjun dari pintu masuk menuju Wano, ketika King mendorong kapal tersebut. Big Mom sendiri kemudian harus terjatuh dan kehilangan kesadarannya. Secara teknis, King sudah berhasil mengalahkan Big Mom dan seluruh krunya tanpa kesulitan.

Momen Kekalahan Yonko di One Piece

Meskipun para Yonko tersebut sering kali berada dalam situasi yang kurang menguntungkan, yang kemudian membuat mereka kalah, namun kekalahan tersebut tidak pernah dianggap. Tapi, ada juga momen di mana mereka benar-benar bisa dianggap sebagai pihak yang kalah. Contoh nyata dari hal ini adalah pertarungan antara Kaido dan Kozuki Oden.

Kekalahan tersebut memang terjadi akibat perhatian Oden yang teralihkan oleh Kurozumi Higurashi, sebelum kemudian Kaido menghajarnya. Meskipun begitu, banyak fans yang meyakini bahwa Oden akan berhasil untuk mengalahkan Kaido jika saja dia tidak mendapatkan gangguan dari Higurashi. Dengan semua perbedaan definisi mengenai kekalahan itu, ide bahwa Worst Generation berhasil “mengalahkan” Yonko bisa menjadi lebih terpercaya.

Setidaknya, hasil akhir dari kedua pertarungan tersebut memang lebih condong terhadap para Worst Generation. Dan berikut adalah analisa dari kedua pertarungan tersebut. Pertarungan pertama adalah Big Mom melawan Kid dan Law. Keduanya bekerja sama dan menggunakan semua cara untuk membuat Big Mom terjatuh atau terlempar dari Onigashima.

Hal tersebut sengaja mereka lakukan agar pertarungannya jauh lebih mudah. Dan bagaimana kemudian Big Mom berhasil terjatuh dari Onigashima, maka artinya pemenang dari pertarungan tersebut adalah Law dan Kid. Tetapi, satu hal yang mungkin bisa menjegal kemenangan tersebut adalah bagaimana Kid dan Law tidak berhasil membuat Big Mom tewas atau tidak sadarkan diri.

Bahkan, Big Mom bersumpah untuk membalas dendam terhadap keduanya.  Selain itu, Big Mom bahkan sama sekali tidak merasa terancam atau terintimidasi oleh dua kekuatan tersebut. Big Mom kemungkinan tahu bahwa dalam situasi lainnya dia mungkin akan berhasil mengalahkan mereka. Hal ini juga berlaku terhadap Kaido.

Luffy vs Kaido

Butuh tiga kali upaya dari Luffy untuk kemudian dia bisa menang dari Kaido. Ada juga fakta bahwa Kaido sengaja menahan diri untuk tidak menggunakan seluruh kekuatannya dalam menghadapi Luffy. Muncul juga perdebatan apakah Kaido kalah akibat serangan yang mengarah kepadanya, atau justru akibat erupsi gunung berapi.

Kemenangan Luffy atas Kaido kemungkinan besar terjadi karena Gear 5 yang berhasil dia kembangkan. Namun, tujuan dari Luffy sendiri bukanlah mengalahkan Yonko dalam sebuah pertarungan yang adil. Seperti yang pernah terjadi sebelumnya, yang menjadi penting dalam hal ini adalah bukanlah bagaimana para Worst Generation berhasil melampaui kekuatan dari para sosok kuat tersebut.

Yang Paling penting adalah bagaimana mereka berhasil mencapai tujuan pribadi mereka dalam pertarungan tersebut. Apakah kemudian pertarungan di Wano ini bisa kitaanggap sebagai kekalahan dari para Yonko, satu hal yang pasti adalah ini merupakan kemenangan besar bagi para Worst Genertaion atau setidaknya bagi Luffy.

Luffy sudah berhasil membuat Kaido pergi dari Wano. Sedangkan, Law dan Kid berhasil untuk menjauhkan Big Mom dari pertarungan melawan Kaido dan Luffy. Lagipula, di sepanjang seri One Piece Luffy sering kali dianggap menang setelah membuat lawannya tidak sadarkan diri dan bukan membunuhnya. Sehingga, pertarungan di Wano ini pun bisa kita anggap menjadi kemenangan Luffy.

Kesimpulannya, kemenangan Worst Generation atas para Yonko mungkin bukanlah sebuah kemenangan yang ideal, namun tetap saja itu merupakan sebuah kemenangan. Mereka mempertaruhkan semuanya untuk bisa menghadapi para Yonko dan mereka berhasil melampaui hal tersebut. Jadi, dapat kita katakan bahwa para Worst Generation ini sudah berhasil “mengalahkan” para Yonko.