Dalam One Piece 1052, perayaan besar di Wano akhirnya dimulai setelah mereka terlepas dari kesengsaraan yang membelengu selama 20 tahun. Seperti yang kita ketahui, Luffy akhirnya berhasil mengalahkan Kaido. Bukan hanya Kaido, Big Mom pun berhasil Law dan Kid taklukan serta Orochi sudah tewas setelah tekena tebasan pedang Denjiro. Karena hal inilah, Wano akhirnya kembali mendapatkan kemerdekaan mereka.

Dengan tumbangnya era Kaido dan Orochi, Wano sekarang memiliki sosok Shogun atau pemimpin baru yaitu Kozuki Momonosuke. Momo menjadi pewaris sah dari klan Kozuki, yang sebelumnya memegang kekuasaan Wano. Di sisi lain, semuanya perlahan sudah nampak normal dan kembali seperti semula. Lalu, ada hal menarik apa yang muncul di chapter tersebut?

Gorosei Sudah Memperkirakan Semuanya

Di awal chapter 1052, kita melihat percakapan dari para Gorosei tentang kejadian besar yang terjadi di Onigashima. Mereka terkejut karena Nika akhirnya kembali muncul setelah ratusan tahun lamanya. Mereka meyakini bahwa kemunculan Nika, dan juga kekalahan dari Kaido serta Big Mom, akan menjadi bahan perbincangan publik dalam waktu singkat. Namun, yang menarik adalah bagaimana sepertinya Gorosei sudah memperkirakan semuanya.

Gorosei seolah menyadari bahwa kemunculan Zunesha pasti memiliki arti sesuatu. Dan mereka pun tahu jika kemudian Wano akan membuka perbatasan mereka, sebelum kemudian Zunesha menghilang dan Gorosei menyadari ada perubahan rencana. Artinya, Gorosei memang sudah sedari awal mengincar Wano dengan cara memanfaatkan situasi pertempuran di Onigashima. Namun, rencana tersebut gagal.

BACA JUGA: One Piece: Mengenal Kekuatan Admiral Ryokugyu!

Sosok Pria 1%

Di chapter sebelumnya, sebelum pertempuran Onigashima dimulai, Hawkins sempat melakukan ramalan bahwa ada satu pria yang memiliki peluang hidup sangat kecil. Peluang hidupnya sendiri kurang lebih hanya 1%. Banyak fans yang kemudian menerka-nerka siapa sosok tersebut. Spekulkasi pun muncul bahwa sosok tersebut adalah Luffy. Ada juga yang menebak bahwa sosok tersebut adalah X Drake.

Namun, ternyata faktanya sosok pria dengan peluang hidup hanya 1% tersebut adalah Hawkins sendiri. Dia melihat ada sesuatu yang luar biasa saat pertama kali bertemu dengan Kid, di mana meskipun Kid tahu bahwa peluang dia tewas cukup besar namun dia tetap melawan. Hawkins sendiri mengatakan bahwa dia pun sebenarnya ingin melakukan hal yang sama seperti Kid, hanya saja Hawkins tidak mampu melakukannya.

Sejarah Baru

Selama ini, para penduduk Wano mendapatkan pengetahuan yang salah tentang sejarah besar negeri mereka. Anak-anak mendapatkan pelajaran bahwa Kozuki Oden adalah sosok yang jahat, yang membahayakan negara mereka. Selain itu, ada banyak hal lainnya yang kenyataanya tidak sesuai dengan fakta. Namun, setelah Momo menjadi Shogun dan menghadirkan era baru di Wano semuanya pun berubah.

Anak-anak pun mendapatkan banyak fakta baru yang tidak mereka ketahui sebelumnya. Contohnya adalah Komurasaki ternyata adalah anak dari Oden. Kyoshiro ternyata adalah salah satu dari Red Scabbards, Denjiro. Dan fakta terbaru yang mereka pelajari adalah sosok “Joy Boy” adalah penyelamat mereka selain sang dewa pedang, Ryuma.

Makam Untuk Oden

Kawamatsu dan Kinemon berdiskusi di wilayah Ringo bersama dengan Marco. Mereka berencana untuk membangun sebuah monumen atau patung peringatan yang menghadirkan sosok Kozuki Oden. Tujuannya adalah untuk mengingatkan penduduk Wano siapa yang sudah menyelamatkan mereka. Selain itu, monumen tersebut juga sengaja mereka bangun untuk mengingat jasa beberapa sahabat mereka seperti Izou dan Ashura Doji.

Izou dan Ashura Doji merupakan dua korban pertempuran besar di Onigashima. Ashura Doji tewas setelah melindungi Red Scabbards lainnya dari serangan Kanjuro. Sedangkan, Izou tewas setelah dia “bertukar nyawa” dengan salah satu anggota CP-0, yaitu Maha. Menurut mereka, kedua orang tersebut dan juga mereka yang tewas dalam pertempuran di Wano adalah para pahlawan yang berjasa bagi Wano.

Nilai Buruan dan Yonko Baru

Seperti yang sudah diprediksi sebelumnya, kemenangan Luffy serta Kid dan Law atas Kaido dan Big Mom memang memberikan perubahan besar terhadap semuanya. Yang paling terasa tentunya adalah adanya perubahan nilai buruan dari para bajak laut tersebut. Para Worst Generation yang terlibat dalam pertempuran di Onigashima dapat kita pastikan akan mendapatkan peningkatan nilai buruan yang sangat signifikan.

Dan hal ini memang terbukti, di mana Apoo memberikan surat kabar Morgan kepada Kid dan juga Law. Menurut Apoo, dalam surat kabar tersebut para Worst Generation mendapatkan nilai buruan baru. Dan yang paling mengejutkan adalah adanya sosok lain yang kemudian terpilih untuk menggantikan posisi Kaido dan Big Mom. Sayangnya, belum kita ketahui siapa sosok tersebut.

Admiral Ryokugyu di One Piece 1052

Admiral Ryokugyu alias Green Bull merupakan salah satu admiral yang kemunculannya banyak fans nantikan. Selama ini, sosoknya hanya muncul dalam bentuk siluet saja. Oda Sensei pun belum memberikan informasi apa pun terkait Green Bull. Namun, di One Piece 1052 ini kita melihat bagaimana Green Bull ternyata pergi ke Wano sendirian. Dia juga yang kemungkinan meminta agen CP-0 untuk tetap berada di tempat mereka. Menarik tentunya untuk melihat apa yang akan Green Bull lakukan di Wano nanti.

Chapter 1052 menjadi salah satu dari tiga chapter terakhir sebelum Oda Sensei hiatus selama satu bulan. Oda Sensei akan jeda selama satu pekan untuk mempersiapkan Saga terakhir. Dan berdasarkan informasinya, chapter 1054 akan menjadi awal dari cerita di Saga terakhir One Piece. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan ceritanya pada chapter mendatang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.