Dalam cerita One Piece, Wano akhirnya kembali merasakan kebebasan setelah mereka harus menghadapi tekanan selama 20 tahun akibat Kaido dan Orochi. Selama dua dekade tersebut, para penduduk Wano harus hidup secara sengsara dan menderita di bawah ancaman Kaido dan juga Orochi. Namun, semua itu berubah dengan kedatangan Luffy dan kelompok Topi Jerami yang berusaha membantu mereka.

Bersama dengan aliansinya, Luffy kemudian bertarung secara habis-habisan menghadapi Kaido dan pasukannya. Dia ingin membebaskan Wano dari ancaman Kaido, yang mana akhirnya mereka berhasil melakukannya. Namun, dari chapter 1052 kita mendapatkan gambaran bahwa ancaman lainnya yang mengarah ke Wano sepertinya masih belum selesai. Ada beberapa ancaman lain yang bisa saja membahayakan wilayah tersebut. Apa saja?

Angkatan Laut

Angkatan laut masih menjadi salah satu ancaman besar bagi Wano. Dengan kekuatan pasukan dan armada mereka yang banyak, tentunya pihak angkatan laut akan menjadi mimpi buruk bagi wilayah tersebut. Salah satu hal yang bisa mereka lakukan terhadap Wano adalah mengirimkan salah satu admiral. Hal inilah yang sedang Green Bull lakukan, seperti yang kita lihat di panel terakhir chapternya.

Apa yang Green Bull lakukan memang merupakan sesuatu yang tidak direncanakan sebelumnya. Pasalnya, Sakazuki sendiri meminta Green Bull untuk tidak bertindak gegabah. Angkatan laut tidak tahu sekuat apa para samurai Wano dan setangguh apa “benteng pertahanan” mereka. Selain mengirimkan para admiral, ancaman besar lainnya dari pihak angkatan laut adalah aktifnya Buster Call.

BACA JUGA: Review One Piece 1052: Munculnya Yonko Baru!

Buster Call merupakan sebuah keputusan tertinggi, di mana pihak angkatan laut akan mengirimkan armada mereka dalam jumlah besar untuk menghancurkan sebuah wilayah. Contoh paling nyata adalah momen penyerangan ke Ohara puluhan tahun yang lalu. Ketika angkatan laut mengaktifkan Buster Call ke arah Wano, dapat dipastikan bahwa perang dengan skala besar seperti halnya di Onigashima akan kembali terjadi.

Yonko Lain di One Piece

Kaido dan Big Mom memang sudah berhasil Luffy dan Worst Generation lain kalahkan. Butuh perjuangan keras dari semua pihak untuk bisa memenangkan pertempuran menghadapi keduanya. Namun, meskipun keduanya sudah kalah, masih ada sisa dua Yonko lainnya yaitu Shanks dan Blackbeard. Masing-masing Yonko memang tidak akan saling serang atau merebut wilayah kekasaan mereka, selama Yonko tersebut masih hidup.

Namun, hal berbeda ketika sang Yonko atau penguasa wilayahnya tewas atau kalah. Maka, bukan hal yang mustahil jika kemudian Yonko lain mengambil alih wilayah bekas kekuasaan tersebut. Hal ini terjadi ketika Whitebeard tewas, di mana Big Mom kemudian memutuskan untuk mengambil alih kekuasaan dari wilayah pulau Manusia Ikan. Namun, Luffy kemudian mengambil alih lagi kekuasaan tersebut.

Wano sebelumnya berada di bawah kekuasaan dari Kaido. Namun, dengan Luffy yang berhasil mengalahkan Kaido artinya Wano sekarang menjadi wilayah kekuasaan Luffy. Meskipun begitu, bukan berarti tidak akan ada ancaman dari Yonko lainnya. Yang paling besar kemungkinannya untuk mengambil alih wilayah Wano adalah Blackbeard. Tidak peduli bagaimana caranya, dia selalu berusaha mendapatkan apa yang dia inginkan. Artinya, bukan mustahil jika kemudian Blackbeard datang ke Wano dan berusaha mengambil alih kekuasaan wilayah tersebut.

Pemerintah Dunia

Ancaman yang paling besar dan paling nyata di depan mata adalah ancaman dari pihak Pemerintah Dunia. Sebagai otoritas tertinggi di dunia One Piece, mereka hampir tidak memiliki batasan dalam hal wewenang atau pengaruh. Di sisi lain, mereka pun sepertinya berusaha untuk bisa merebut kekuasaan wilayah Wano setelah selama ratusan tahun Wano menjadi satu-satunya wilayah yang berada di luar kendali mereka.

Hal ini bisa kita lihat dari upaya yang mereka lakukan sejak pertempuran Onigashima dimulai. Mereka mengirimkan anggota CP-0 ke Onigashima untuk menjalankan berbagai misi, seperti menghabisi Luffy atau membunuh Nico Robin. Kemudian, mereka pun mengirimkan pasukan bantuan lainnya untuk berjaga-jaga jika kemudian Kaido kalah. Pemerintah Dunia memang begitu berhasrat untuk merebut Wano.

Namun, sayangnya, upaya mereka tersebut sepertinya harus kembali gagal. Pasalnya, Momonosuke memutuskan untuk tidak membuka perbatasan wilayah Wano, yang membuat mereka kehilangan kesempatan untuk menyerang. Menarik tentunya untuk melihat apa yang akan terjadi terhadap wilayah Wano selanjutnya. Apakah akan ada ancaman lain yang datang? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.