Jougan merupakan Doujutsu yang menarik sekaligus misterius dalam seri Boruto: Naruto Next Generation. Jougan sendiri merupakan Doujutsu milik Uzumaki Boruto, sang protagonis utama serinya. Boruto memiliki Jougan pada bagian mata kanannya. Masih menjadi sebuah misteri besar sampai detik ini bagaimana kemudian Boruto bisa mendapatkan mata tersebut. Apakah ada yang menanamkannya? Siapa yang melakukannya? Bagaimana cara Boruto membangkitkannya?

Jougan sendiri merupakan Doujutsu baru yang diperkenalkan di serinya. Dan yang menarik adalah berdasarkan informasi yang ada sampai sejauh ini Doujutsu Jougan tersebut hanya ada di mata Boruto saja. Tidak ada karakter lainnya yang memiliki Doujutsu tersebut. Meskipun begitu, banyak fans berspekulasi bahwa Jougan merupakan salah satu Doujutsu yang klan Otsutsuki miliki.

Selain asal-usul Jougan, kekuatan dari Jougan pun belum Kishimoto jelaskan secara sempurna. Sejauh ini, baru sedikit kemampuan Jougan yang sudah muncul dalam ceritanya seperti mampu melakukan teleportasi, serta melihat titik lemah dari musuh. Berbicara mengenai kekuatan misterius Jougan, terdapat sebuah teori yang menarik mengenai Doujutsu ini.

Menurut teorinya, Jougan kemungkinan memiiki kekuatan dahsyat lainnya yang bisa membantu Boruto dan shinobi lainnya menghadapi musuh kuat saat ini, yaitu Code, Eida, dan Daemon. Kekuatan dahsyat yang menjadi bagian dari kemampuan Jougan adalah ketika Boruto berhasil untuk menetralisir atau menetralkan kekuatan Doujutsu atau Jutsu lainnya dari musuh.

Jougan Mampu Netralkan Kekuatan Musuh?

Konsep sederhananya sendiri mirip seperti buah iblis Yami Yami milik Blackbeard dalam seri One Piece. Buah iblis tersebut membuat Blackbeard mampu untuk menetralkan kekuatan buah iblis milik lawannya, dengan cara menyentuhnya. Hal ini pernah terjadi ketika Blackbeard berhadapan dengan Portgas D. Ace, sebelum Ace kemudian kalah akibat kekuatan epik Blackbeard tersebut.

Doujutsu Jougan kemungkinan memiliki kekuatan yang sama seperti itu, di mana Boruto akan mampu untuk menetralisir Doujutsu atau bahkan Jutsu lainnya. Dengan begtu, semua serangan yang akan mengarah kepadanya tidak akan mempan. Hal ini tentunya berguna untuk menghadapi ancaman besar yang sedang mereka hadapi sekarang, misalnya sosok Eida dan Daemon.

Seperti yang Geeks ketahui, Daemon dan Eida memiliki sebuah kekuatan misterius di mana siapa pun orang lain yang mencoba untuk melukai atau menyakiti mereka justru serangannya akan berbalik. Teknik tersebut bernama Reflection. Selain itu, Eida memiliki sebuah kemampuan misterius di mana dia mampu memanipulasi pikiran dan perasaan orang lain.

BACA JUGA: One Piece Red: Ini Kekuatan Dahsyat Anak Shanks!

Amado sendiri tidak bisa menjelaskan secara detail mengenai kekuatan tersebut. Amado hanya tahu bahwa Eida sendiri bahkan tidak mampu mengendalikan kekuatan itu. Dan juga, kekuatan mengerikan tersebut tidak akan bisa hilang jika Eida masih hidup. Ketika seseorang terkena “sihir” dari Eida, maka mereka tidak akan bisa melawan. Semakin mereka berusaha untuk berontak, maka akan semakin membahayakan nyawa mereka sendiri.

Hal inilah yang kemudian membuat para fans bertanya-tanya mengenai bagaimana cara untuk bisa mengalahkan kemampuan kuat dari Daemon dan Eida tersebut. Meskipun ada beberapa cara yang bisa mereka lakukan, seperti menggunakan Taijutsu atau Genjutsu, namun hal tersebut belum tentu bisa berhasil dengan sempurna. Karena itulah, butuh kemampuan lainnya untuk kemudian bisa menghadapi kekuatan epik Eida dan Daemon.

Boruto Jadi Lawan Eida?

Dengan adanya asumsi bahwa Jougan mampu menetralkan kekuatan Eida dan Daemon, tentu ini menjadi momen menarik melihat pertarungan mereka berdua. Selama ini, para fans masih penasaran mengapa kemudian Kishimoto sangat jarang memperlihatkan kemampuan dari Jougan dalam sebuah pertarungan. Namun, hal tersebut mungkin akan berubah ketika kemudian Boruto bertarung melawan Eida atau Daemon.

Peluang pertarungan antara mereka berdua sangat besar, mengingat Boruto akan selalu berada di samping Kawaki. Mungkin, kemampuan Jougan tersebut akan kemudian aktif secara tidak sengaja di tengah-tengah pertarungan Boruto dan Eida. Dan hal tersebut kemudian akan Boruto manfaatkan untuk menghadapi kedua ancaman itu. Kita nantikan saja ya Geeks apakah kemudian kemampuan Jougan Boruto mampu untuk menetralkan Jutsu hebat dari Eida dan Daemon.