Siapa yang tidak mengenal Doctor Strange? Penyihir dari Marvel Comics ini menjadi lebih terkenal di mata penggemar setelah dia tampil di film Doctor Strange. Sebagai bagian dari Marvel Cinematic Universe, kini tidak sedikit penggemar yang menganggap Strange sebagai sentral dari Saga baru Marvel. Hal tersebut bermula dari film solo keduanya, yaitu Doctor Strange in the Multiverse of Madness, yang bercerita tentang multiverse Marvel. Di mana Doctor Strange (Benedict Cumberbatch) mempunyai hubungan erat dengan banyak karakter di MCU.

Ada banyak sekali karakter yang muncul di Multiverse of Madness, dan salah satunya yang cukup menarik adalah kemunculan Clea (Charlize Theron). Meskipun Clea hanya muncul di credit scene, tetapi banyak penggemar yang penasaran dengan hubungan antara penyihir misterius ini dengan Doctor Strange. Apalagi dalam adegannya, Clea langsung mengajak Strange untuk mencegah sebuah tabrakan antar dua universe yang penggemar kenal sebagai Incursion.

Apakah Clea memang mempunyai kesaktian sehebat itu? Untuk lebih mengetahui seperti apa perbandingan kekuatan di antara kedua penyihir ini, mari kita bahas kekuatan Clea dan Doctor Strange berdasarkan apa yang telah Marvel perkenalkan melalui komiknya. Simak pembahasannya di bawah ini, Geeks!

Clea, Sorcerer Supreme Dark Dimension

Sebagai keponakan dari penguasa Dark Dimension, Dormammu, sejak awal Clea mempunyai potensi sihir yang sangat kuat di dalam tubuhnya. Sebagai seorang Faltine sekaligus penduduk asli Dark Dimension, Clea mempunyai kemampuan sihir dasar untuk memanipulasi api, terbang, dan teleportasi. Dan sihirnya tersebut menjadi lebih sakti lagi setelah Strange menyelamatkannya dari Dormammu dan menjadikan dia sebagai salah satu murid Mystic Art-nya. Bersama Strange, Clea terbukti berhasil menjadi sosok yang jauh lebih superior dari penduduk Dark Dimension pada umumnya.

Setelah menguasai Mystic Art, Clea juga dapat mengeluarkan bebagai macam sihir lainnnya. Termasuk beberapa di antaranya adalah sihir untuk menciptakan perisai energi dan juga menembakan proyektil elemen selain api. Dengan kombinasi sihir dasar Faltine dan Mystic Art, pada akhirnya Clea berhasil merebut kekuasaan Dark Dimension dari pamannya, Dormammu. Sejak saat itu dia kemudian menjadi Sorcerer Supreme Dark Dimension yang menguasai semua sumber sihir kegelapan di dimensinya. Pada titik ini cukup jelas bahwa Clea adalah salah satu penyihir terkuat di Marvel Universe.

Doctor Strange, Sorcerer Supreme Prime Universe

Meskipun saat ini Doctor Strange bukan merupakan Sorcerer Supreme di tayangan MCU, tetapi semua penggemar masih sepakat bahwa dia adalah Sorcerer Supreme terbaik sepanjang masa yang ada di Marvel Universe. Ketika Strange mempelajari sihir Mystic Art, dia langsung mempelajari ilmu yang seharusnya dia cerna selama puluhan bahkan ratusan tahun. Ancient One yang melihat hal tersebut langsung meramalkan bahwa suatu hari ini Strange akan menjadi penyihir terhebat di alam semesta. Dan hal tersebut benar-benar terbukti setelah dia menduduki posisi sebagai Sorcerer Supreme Prime Earth.

Sebagai seorang ahli Mystic Art, Strange terbukti mampu meminjam kekuatan sihir dari makhluk lain, baik iblis maupun dewa. Selain itu, Strange juga menguasai banyak pengetahuan sihir yang memungkinkan dia untuk melakukan banyak hal, termasuk memanipulasi elemen, teleportasi, menciptakan ilusi, bahkan mengendalikan waktu dengan bantuan Eye of Agamotto. Dengan memanfaatkan kekuatan sihirnya yang beragam, sejauh ini Strange telah berhasil mengalahkan banyak sekali musuh. Dan hal tersebut tidak lain adalah karena kemampuan sihirnya yang mampu beradaptasi dengan setiap keadaan.

BACA JUGA: Star Wars: Darth Vader Tidak Gunakan Armor Canggih?

Siapa Penyihir yang Lebih Sakti?

Sekarang, jika kekuatan Clea dan Strange kita bandingkan, sebenarnya keduanya mempunyai keunggulannya masing-masing. Clea pada dasarnya adalah seorang alien dari dimensi lain yang sejak awal mempunyai potensi sihir yang jauh lebih besar dari manusia biasa seperti Strange. Namun di sisi lain, alasan mengapa Clea bisa sehebat sekarang adalah karena dia mendapatkan pengajaran tentang Mystic Art dari Strange. Jadi secara ilmu dasar Mystic Art, dia masih belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan Strange yang telah mempunyai banyak pengalaman dan mengetahui banyak ilmu sihir.

Dan meskipun Strange awalnya adalah seorang manusia biasa yang berkarier sebagai dokter bedah, tetapi saat ini dia menguasai semua sumber sihir di Prime Earth yang jauh lebih besar dari Dark Dimension. Dengan sumber daya yang nyaris tidak terbatas, bisa kita simpulkan bahwa Marvel Comics ingin menegaskan bahwa Strange lebih unggul dari Clea. Sejauh ini masih belum terungkap apakah Clea versi MCU akan mempunyai kekuatan yang sama seperti di Marvel Comics. Yang di adegan credit scene Multiverse of Madness, Clea terlihat mampu melakukan teleportasi ke Bumi dengan mudah.

Dengan petunjuk tersebut, bukan tidak mungkin nantinya Clea akan muncul sebagai penyihir yang sudah berpengalaman di MCU ke depannya. Sedangkan Strange, saat ini sudah mempunyai mata ketiga yang sepertinya memungkinkan dia melakukan lebih banyak lagi hal menarik. Terlepas dari seberapa hebat mereka berdua, yang jelas saat ini Doctor Strange dan Clea mempunyai porsi yang cukup besar pada masa depan MCU, khususnya terkait peristiwa Incursion berikutnya. Kita nantikan saja ya, Geeks.