Dari semua seri anime bergenre Shounen yang ada, Hunter X Hunter adalah salah satu seri anime yang memiliki sistem kekuatan yang kompleks. Saking kompleksnya sistem kekuatan yang ada di anime tersebut, tidak jarang para fans harus kesulitan untuk memahami semuanya. Selain sulit memahami  kemampuan dari para karakter, mereka juga kesulitan untuk memahami kekuatan dari beberapa karakter tertentu.

Salah satu karakter yang memiliki kekuatan menarik dan juga epik dalam serinya adalah Kurapika. Kurapika adalah sosok karakter yang santai, pendiam, dan baik. Meskipun begitu, Kurapika menaruh dendam besar terhadap kelompok villain Phantom Trope. Hal ini karena kelompok tersebut sudah menghabisi seluruh anggota klannya.

Kemampuan Nen dari Kurapika serta senjata utamanya adalah satu set rantai yang terikat di tangan kanannya. Inilah yang kemudian membuat Kurapika lebih terkenal sebagai sosok Conjuror. Artinya, melalui kemampuan Nen yang dia miliki Kurapika mampu untuk memanipulasi apa pun. Dia mampu untuk mengendalikan ukuran, jarak, atau bahkan pergerakan dari rantainya.

Ketika kemudian Kurapika mengaktifkan Scarlet Eyes miliknya, maka dia bukan lagi Conjuror melainkan Specialist. Artinya, Kurapika sudah menguasai penuh berbagai tipe aura lainnya dan kemudian memadukannya dengan rantai miliknya. Hal itu membuat Kurapika akan memiliki lima kemampuan di masing-masing jarinya.

Ibu Jari: Holy Chain

Holy Chain adalah nama senjata rantai yang ada ibu jari Kurapika. Dan seperti namanya, kekuatan ini memberikan kemampuan untuk bisa menyembuhkan berbagai luka. Kekuatan ini biasanya hanya bisa dilakukan oleh seorang Enchancer, namun Kurapika melatih dirinya sendiri untuk bisa menggunakan kekuatan ini.

Dalam penggunaan normal, Holy Chain mampu menyembuhkan luka lebam atau luka ringan lainnya dengan cepat. Namun, saat Scarlet Eyes Kurapika aktif maka efek dari Holy Chain akan meningkat. Rantainya mampu menyembuhkan berbagai tulang yang retak serta menyembuhkan organ dalam yang rusak dalam hitungan detik.

BACA JUGA: Hunter X Hunter: 6 Anggota Blacklist Hunter!

Jari Telunjuk: Steal Chain

Steal Chain adalah nama rantai yang ada di bagian jari telunjuk Kurapika. Ini menjadi salah satu kemampuan Kurapika yang paling unik, karena kemampuan ini membuatnya mampu untuk bisa mencuri Nen milik orang lain. Bentuk dari rantai ini mirip sepeti jrum suntik berukuran kecil. Ketika Kurapika menggunakan rantai ini, dia akan menusuk targetnya dan kemudian menghisap Nen mereka ke dalam jarum tersebut.

Setelah proses tersebut terjadi, maka korbannya akan berubah menjadi Zetsu, sebuah momen atau masa di mana aura di tubuh seseorang menghilang. Mereka yang Nennya berhasil Kurapika curi tidak akan mampu menggunakan kekuatan apa pun, sampai dia mengembalikan kekuatan tersebut.

Yang luar biasanya juga adalah ketika Kurapika menggunakan Emperor Time, dia bisa menggunakan kemampuan bernama Stealth Dolphin. Hal tersebut membuatnya bisa menganalisa Nen yang dia curi dan kemudian meminjamkannya kepada orang lain. Namun, ketika Kurapika menggunakan Emperor Time dia harus kehilangan jatah hidupnya selama satu jam.

Jari Tengah: Chain Jail

Chail Jail adalah rantai yang memiliki ujung yang mirip seperti kaitan atau pancingan. Chain Jail memiliki kemampuan menjebak targetnya secara diam-diam, dan kemudian mengikat bagian tubuh musuhnya. Ketika hal ini terjadi, musuh akan sulit untuk bergerak. Bahkan, Chain Jail ini pun mampu memaksa korbannya untuk berada di mode Zetsu, yang mana hal tersebut mencegah mereka menggunakan kemampuan Nen.

Karena teknik ini membuat korbannya tidak mampu menggunakan Nen, satu-satunya cara agar bisa lolos dari teknik ini adalah mengandalkan kekuatan fisik mereka. Namun, dengan kekuatan dahsyat pun belum tentu mereka bisa lolos. Uvogin, anggota Phantom Trope terkuat, bahkan tidak bisa lolos dari teknik ini. Kurapika pun sudah melakukan pengaturan terhadap rantai ini, di mana kekuatan tersebut hanya akan berlaku kepada anggota Phantom Trope.

Jari Manis: Dowsing Chain di Hunter X Hunter

Dowsing Chain adalahrantai dengan bola kecil yang menempel pada rantainya. Namun, meskipun penampilannya nampak simpel, Dowsing Chain merupakan salah satu rantai andalan dari Kurapika. Hal ini karena berbagai Dowsing Chain memiliki banyak kemampuan dan menjadi rantai yang paling unik. Kurapika bisa menggunakannya untuk menyerang atau pun bertahan.

Juga, kembali, sesuai namanya, rantai ini memiliki kemampuan untuk mencari orang yang hilang, objek, atau menentukan apakah seseorang berbohong atau tidak. Ketika Kurapika mengaktifkan Emperor Time, efek dari Dowsing Chain bahkan mampu untuk dikendalikan dari jauh. Bahkan, melalui sebuah tayangan video sekalipun.

Jari Kelingking: Judgement Chain di Hunter X Hunter

Judgement Chain merupakan salah satu rantai Kurapika lainnya yang sangat mengerikan. Judgement Chain memiliki kemampuan untuk memaksa seseorang mematuhi sebuah perjanjian yang tidak akan bisa mereka langgar. Untuk bisa menggunakan rantai ini, Kurapika akan menembakan rantainya sampai menembus dada sang korban. Jantung mereka pun akan terlilit oleh rantai tersebut.

Kurapika setidaknya bisa membuat dua aturan atau perjanjian yang harus korbannya ikuti. Jika kemudian mereka tidak mampu untuk memenuhi peraturan tersebut, atau bahkan mencoba untuk melanggar perjanjiannya, maka jantung mereka akan hancur. Tidak peduli seberapa jauh jaraknya dengan Kurapika, akan dipastikan bahwa korbannya tewas.

Dari penjelasan mengenai lima rantai miliki Kurapika ini bisa kita simpulkan, bahwa sosoknya sangat berbahaya dan juga kuat. Dia mampu melindungi berbagai aspek dalam pertarungan mulai dari penyerangan, pertahanan, support, membuat jebakan, menginterogasi musuh, dan sebagainya. Rasanya wajar jika kemudian Kurapika adalah pengguna Nen paling unik dan paling serba guna dengan berbagai kemampuannya.