Pertempuran puncak di Onigashima akhirnya resmi selesai di One Piece 1051 setelah kekalahan Kaido oleh Luffy. Pertarungan epik antara Kaido dan Luffy menjadi salah satu momen paling monumental di sepanjang seri One Piece. Kita melihat bagaimana jatuh bangun Luffy untuk bisa mengalahkan makhluk paling kuat di dunia tersebut. Namun, pada akhirnya, Luffy mampu untuk melakukannya.

Dalam chapter sebelumnya, kita melihat bagaimana Kaido berhasil Luffy kalahkan berkat teknik Bajrang Gun. Kaido sampai terjerembab ke dalam aliran magma bawah tanah di Wano akibat hal tersebut. Bahkan, bukan hanya Kaido, Big Mom pun ternyata ada di aliran magma tersebut. Penduduk Wano pun bergembira menyambut hal ini. Lalu, apa yang terjadi selanjutnya di One Piece 1051?

Ramalan Kozuki Toki

Setelah pertempuran epik di Onigashima, semua orang pun kembali ke ibu kota Bunga termasuk para Red Scabbards. Namun, kemunculan mereka benar-benar tidak terduga. Dengan peristiwa yang terjadi pada 20 tahun lalu, membuat banyak orang berpikir bahwa sebagian dari Red Scabbards tewas dalam kebakaran di istana Oden. Namun, sebagian besar dari mereka akhirnya kembali.

Yang menarik adalah ada perkataan mengenai ramalan Kozuki Toki, di mana menurut sosok tersebut ramalan dari Toki itu terbukti benar. Dalam ramalannya, sebelum Toki menghilang dia sempat menyebutkan bahwa akan muncul sembilan bayangan yang memberikan perubahan kepada Wano. Sembilan bayangan tersebut memang kemungkinan adalah Red Scabbards sekaligus juga Momonosuke dan Hiyori. Hal ini mengingat Red Scabbards harus kehilangan Ashura Doji dan juga Kanjuro.

BACA JUGA: One Piece: Para Legenda Samurai Wano!

Yamato Jadi Nakama Baru

Salah satu hal yang menarik dari chapter 1051 ini adalah ketika Yamato memproklamirkan dirinya sebagai bagian dari kelompok Topi Jerami. Secara jelas dan tegas Yamato kemudian mengatakan kepada kru Topi Jerami lain bahwa dia, Kozuki Oden, akan bergabung dengan krunya. Awalnya, mereka sangat skeptis saat mengetahui bahwa Yamato merupakan anak dari Kaido. Bahkan, Brook dan Franky pun dalam mode siaga saat mengetahui hal tersebut.

Brook sempat berpendapat bahwa perang kemungkinan belum selesai dengan adanya Yamato. Namun, Yamato sendiri menjelaskan bahwa dia ada di pihak mereka. Sebagian dari kru Topi Jerami benar-benar terkejut saat mendengar Yamato ingin bergabung. Namun, sebagian lainnya seolah tidak percaya akan hal itu tetapi juga sekaligus senang. Meskipun begitu, seperti yang Jinbe ucapkan, semua menunggu keputusan dari Luffy apakah Yamato memang bisa bergabung atau tidak.

Efek Kibi Dango

Di chapter ini kita juga sedikit melihat cerita kilas balik dari Otama. Dalam cerita kilas balik tersebut terungkap fakta yang cukup menarik, terutama yang berkaitan dengan kekuatan Kibi Dango yang dia miliki. Ternyata, kedua orang tua Tama tewas akibat polusi racun pabrik senjata. Sejak saat itu, Tama pun harus bertahan hidup dengan menjual topi rajutan bersama Komachiyo. Dan kemudian, dia pun bertemu dengan sosok Tenguyama.

Tama kemudian mendapatkan berbagai informasi dari Tenguyama mengenai ramalan tentang apa yang akan terjadi pada masa depan. Tengu menjelaskan bahwa Wano akan mendapatkan sebuah masa depan yang baru dengan kebangkitan klan Kozuki. Kita pun mendapatkan penjelasan mengenai efek dari Kibi Dango, di mana ternyata kekuatan Kibi Dango memiliki batas waktu yaitu sekitar satu bulan. Ada sebagian hewan yang tetap jinak, namun ada juga yang kembali ke sosok aslinya.

Momonosuke dan Era Baru Wano

Setelah Momonosuke kembali ke wujud manusianya, dia pun kemudian menampakan sosoknya di hadapan penduduk Wano. Momo muncul dalam versi dewasanya. Penampilannya sendiri cukup menarik dengan rambut yang terurai panjang. Momonosuke pun kemudian memberikan pidato ke hadapan penduduk Wano, di mana secara tegas Momo menjelaskan bahwa era baru Wano akan mereka rasakan di bawah kepemimpinannya.

Momo memberikan penjelasan bahwa semua orang kini bebas melakukan apa pun. Tidak ada lagi yang kelaparan. Tidak ada lagi orang yang meninggal karena harus bekerja keras di pabrik senjata, dan semua pabrik tersebut akan dihancurkan. Hal tersebut demi menghilangkan polusi yang selama ini meracuni dan menghancurkan tanaman mereka. Muncul juga narasi bahwa Momonosuke akan menjadi Shogun paling hebat yang pernah ada di negeri Wano. Menarik tentunya untuk melihat akan seperti apa Momonosuke pada masa yang akan datang.

Setelah penderitaan selama 20 tahun harus penduduk Wano rasakan, pada akhirnya mereka pun mendapatkan kebebasan yang selama ini mereka idam-idamkan. Butuh perjuangan yang tidak sebentar, nyawa yang tidak sedikit, dan juga banyak hal lainnya untuk kemudian bisa mewujudkan semua hal tersebut. Kita nantikan saja ya Geeks akan seperti apa Wano kedepannya setelah One Piece 1051.