Dalam arc Wano Country One Piece, Luffy membentuk sebuah aliansi dengan berbagai pihak. Mereka adalah samurai, suku Mink, dan ninja. Samurai dan ninja adalah dua profesi yang umum di negara Wano. Karena, di sana selain wilayahnya tertutup, juga masyarakatnya masih memegang teguh tradisi zaman dahulu. Kemampuan para samurai dan ninja mereka sangat tersohor sampai ke luar wilayah Wano.

Meskipun begitu, tidak banyak dari para samurai Wano yang memiliki reputasi sempurna. Sebagian dari mereka memiliki level kemampuan yang rata-rata. Sedangkan, hanya sedikit dari para samurai tersebut yang bisa dikatakan memiliki kemampuan yang epik. Lalu, siapa saja sosok samurai yang masuk dalam kategori samurai legendaris Wano?

Ashura Doji

Ashura Doji merupakan salah satu dari sembilan anggota Red Scabbards, yang merupakan bawahan dari Kozuki Oden. Dia merupakan salah satu yang terkuat di kelompok tersebut, yang mana Kaido sendiri mengakui kekuatannya dan meminta dia untuk bergabung dengan kelompok bajak laut Beast. Namun, tentunya Ashura Doji menolak hal tersebut.

Ashura Doji kemungkinan tewas saat dia mengorbankan dirinya demi melindungi rekan-rekannya, dari sosok Kozuki Oden palsu yang Kanjuro ciptakan. Sosok Kozuki Oden tersebut ternyata memegang sebuah peledak yang berbahaya. Tidak ingin rekannya tewas atau terluka, Ashura Doji kemudian mengorbankan dirinya untuk mendorong jatuh Kozuki Oden palsu tersebut.

BACA JUGA: One Piece: Oda Ungkap Wujud Wanita Luffy!

Kozuki Oden

Nama Kozuki Oden mungkin sudah tidak asing di telingan Geeks semua. Oden menjadi salah satu sosok penting yang muncul di arc Wano Country. Kita sempat melihat bagaimana cerita kilas balik Oden, mulai dari ketika dia bergabung dengan Whitebeard sampai konflik besar dengan Orochi dan juga Kaido. Dan di arc ini juga kita melihat bagaimana kedahsyatan dari Oden.

Contoh nyatanya adalah bagaimana Oden menghabisi seluruh bandit di wilayah Kuri, termasuk Ashura Doji. Hal inilah yang kemudian membuat Ashura Doji memutuskan untuk menjadi bawahan Oden, dan Oden sendiri menjadi penguasa wilayah itu. Kemudian, kita juga melihat bagaimana Oden berhasil menahan panas saat direndam di minyak panas oleh Kaido sebagai bentuk hukuman. Namun, yang paling epik tentunya adalah bagaimana Oden menjadi satu-satunya yang mampu meninggalkan bekas luka di tubuh Kaido.

Shimotsuki Ushimaru di One Piece

Nama Shimotsuki Ushimaru merupakan nama baru yang muncul di arc Wano Country. Ushimaru sendiri merupakan Daimyo alias pemimpin di wilayah Ringo, yang menjadi rumah bagi klan Shimotsuki. Tidak banyak hal yang bisa kita ketahui tentang sosok Ushimaru selain berbagai referensi yang muncul dari mulut karakter lainnya. Contohnya adalah apa yang Hyogoro dan Kawamatsu ungkapkan.

Menurut keduanya, Ushimaru bukanlah sosok samurai sembarangan. Nama Ushimaru begitu terkenal karena kemampuannya yang sangat luar biasa. Ushimaru sendiri sempat ikut dalam upaya pemberontakan terhadap Kaido, namun pada akhirnya dia harus kalah dan terkurung dalam penjara. Meskipun begitu, bagaimana Hyogoro dan Kawamatsu mengakui sosok Ushimaru memberikan petunjuk bahwa dia adalah samurai hebat. Apalagi, mereka juga sempat melihat adanya kesamaan Ushimaru dan juga Zoro.

Shimotsuki Ryuma di One Piece

Rasanya untuk sosok Ryuma semua Geeks pun sudah mengetahui banyak sosoknya, seperti halnya Kozuki Oden. Ryuma adalah sosok samurai legendaris dari seluruh penduduk Wano. Dia adalah dewa pelindung yang selama ini banyak penduduk Wano puja, karena selalu Ryuma merupakan samurai yang selalu siap untuk menghadapi apa pun.

Dalam salah satu cerita, Ryuma dikatakan pernah bertarung menghadapi seekor naga. Naga tersebut berhasil Ryuma kalahkan dengan menggunakan pedang Shusui, yang sempat Zoro miliki. Dan sebenarnya, kisah tentang Ryuma ini pun pernah Oda hadirkan dalam sebuah manga one-shot ciptaanya. Bagaimana Ryuma sangat begitu disanjung, bahkan menjadi sosok dewa pelindung, memberikan petunjuk seberapa dahsyat sosoknya.

Para Samurai di wilayah Wano merupakan gambaran dari kekuatan epik yang dimiliki oleh wilayah tersebut. Kemampuan dan kekuatan mereka bahkan begitu terkenal, sampai-sampai pihak angkatan laut pun sangat mewaspadai kekuatan para samurai ini. Namun, memang tidak semua Samurai memiliki kekuatan yang sama. Dan nama-nama di atas adalah mereka para Samurai yang memiliki kedahsyatan di atas rata-rata di One Piece.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.