Dalam dunia Naruto Kekkei Genkai merupakan kekuatan yang spesial yang mana hanya sebagian orang saja yang memilikinya. Hal tersebut terjadi berkat adanya sesuatu yang tidak biasa dalam DNA mereka. Kekuatan dari Kekkei Genkai bisa penggunanya lakukan melalui berbagai cara. Misalnya melalui sebuah Jutsu visual seperti Sharingan atau kombinasi dari dua transformasi alamiah, seperti Wood Release.

Karena tidak bisa semua orang mampu menggunakan atau memilikinya, inilah alasan mengapa kemudian Kekkei Genkai menjadi salah satu sumber kekuatan paling dahsyat. Ada banyak sekali Kekkei Genkai yang sudah Kishimoto perlihatkan di franchise Naruto sejauh ini. Namun, sebagian dari Kekkei Genkai tersebut memiliki efek yang dahsyat. Berikut adalah beberapa diantaranya.

Pelepasan Magnet

Beberapa orang dari desa Sunagakure juga memiliki kemampuan Kekkei Genkai, seperti Magnet Release. Magnet Release sendiri adalah kemampuan yang sangat kuat yang memberikan penggunanya bisa menggunakan chakra yang dia miliki dan mengubahnya menjadi semacam magnet. Ketika Kazekage ketiga menggunakan Kekkei Genkai ini, dia pun bisa mengendalikan pasir besi.

Berkat kekkei Genkai ini juga Shikaku kemudian menjadi Kazekage terkuat dalam sejarah desa Suna. Selain memberikan kemampuan untuk mengendalikan pasir besi, Kekkei Genkai ini juga bisa mengakses kekuatan jutsu segel yang kuat. Contohnya ketika Naruto mempraktikannya dengan Magnet Release Rasengan.

Mangekyou Sharingan

Mangekyou Sharingan adalah peningkatan dari Doujutsu Sharingan. Ketika seseorang menggunakan atau mengaktifkan Mangekyou Sharingan, tampilan bola matanya akan berubah dan berbeda dari Sharingan biasa. Selain berubahnya tampilan, pengguna dari Mangekyou Sharingan juga akan memiliki sebuah kekuatan yang sangat dahsyat.

Seperti yang pernah Itachi dan juga Sasuke Uchiha perlihatkan dalam ceritanya, ketika mengaktifkan Mangekyou Sharingan mereka bisa menggunakan kekuatan epik. Misalnya, membuat aura Susano’o yang bisa dipakai dalam pertempuran besar. Selain itu terdapat juga jurus Amaterasu, Kotoamatsukami, dan teleportasi Kamui. Dengan berbagai kekuatan dahsyat tersebut, rasanya wajar jika kemudian Mangekyou Sharingan jadi salah satu Kekkei Genkai mematikan.

Tenseigan

Tenseigan merupakan kekkei Genkai yang sejauh ini hanya dimiliki oleh klan Otsutsuki. Dan hanya beberapa orang saja dari klan tersebut yang memiliki Kekkei Genkai ini. Sejauh ini, baru Hamura Otsutsuki dan Toneri Otsutsuki yang memiliki kemampuan Tenseigan. Dalam masalah kemampuan, Tenseigan sendiri merupakan salah satu Doujutsu yang sangat langka dan juga kuat.

Dengan kemampuan untuk bisa mengendalikan gravitasi sebuah planet, penggunanya bisa dengan mudah menghancurkan planet seperti bumi atau bulan bila memang dia mau melakukannya. Hal ini juga yang coba untuk Toneri lakukan di filmnya di mana dia berusaha untuk menghancurkan bumi dengan cara menabrakan bumi dengan bulan. Namun, beruntung, Naruto berhasil menghentikan upaya jahat dari Toneri Otsutsuki tersebut.

BACA JUGA: One Piece: Para Legenda Samurai Wano!

Ketsuryugan

Satu lagi Kekkei Genkai yang merupakan bagian dari Doujutsu alias Jurus Mata. Ketsuryugan merupakan Kekkei Genkai yang unik yang hanya dimiliki oleh klan Chinoike. Ketsuryugan sendiri memiliki arti merah menyala, karena ketika mengaktifkan Doujutsu ini mata penggunanya akan berubah menjadi merah menyala. Kekuatan unik dari Ketsuryugan ini adalah penggunanya bisa mengeluarkan genjutsu yang mengendalikan zat besi di dalam tubuh musuhnya atau cairan lain yang mengandung besi atau logam.

Jika mereka mau, musuhnya bisa mereka hancurkan dalam sekejap menggunakan doujutsu ini. Caranya adalah dengan meledakan sel-sel darah di dalam tubuh musuh yang berakibat pada meledaknya tubuh musuh tersebut. Wajar jika kemampuan mengerikan ini menjadi salah satu dari tiga Doujutsu terhebat dan juga Kekkei Genkai mematikan di serinya.

Byakugan

Mungkin hampir semua Geeks sudah mengetahui tentang Byakugan. Byakugan merupakan Kekkei Genkai yang berasal dari klan Hyuuga dan Otsusuki. Biasanya, keturunan atau orang yang memiliki kekkei Genkai ini memiliki bola mata yang berwarna putih. Kekuatan ini merupakan salah satu jutsu yang diturunkan oleh Kaguya Otsutsuki kepada penduduk Konoha dan bumi.

Doujutsu ini dapat aktif ketika penggunanya merasakan tekanan atau stress ketika bertempur. Bisa juga Byakugan aktif untuk berbagai keperluan, seperti mencari musuh yang bersembunyi. Karena Byakugan bisa mendeteksi seseorang berdasarkan aliran chakranya. Kaguya sendiri memiliki tingkatan Byakugan di mana dia mampu membaca pikiran orang lain juga mampu meningkatkan jarak penggunaan Genjutsunya.

Shikotsumyaku

Shikotsumyaku merupakan kekkei Genkai dari klan Kaguya, dan pertama kali diperkenalkan oleh Kimimaro dari desa suara. Kemampuan Kekkei Genkai ini membuat penggunakanya bisa memanipulasi tulang atau struktur tulang dalam tubuh penggunanya, dan kemudian menggunakannya sesuai dengan yang mereka inginkan. Kimimaro juga bisa mengatur kepadatan tulang tersebut dan menjadikannya sesuatu yang lebih keras dari besi.

Jika dilatih dengan sangat baik, pengguna Kekkei Genkai ini bisa menjadi sosok monster mengerikan dalam sebuah pertarungan. Terbukti ketika Kimimaro tidak mengalami kesulitan apapun ketika menghadapi chakra Kyubi Naruto, Rock Lee dan Gaara sekaligus. Sayangnya, Kekkei Genkai ini sudah punah dengan tewasnya Kimimaro yang merupakan keturunan terakhir dari klan Kaguya. Masih belum ada informasi apakah masih ada karakter lain yang memiliki kemampuan Kekkei Genkai ini.

Pelepasan Kayu

Salah satu karakter terkuat dari seluruh franchise Naruto, Hashirama Senju, adalah Hokage pertama dari desa Konoha. Meskipun Hashirama memiliki kekuatan fisik yang kuat, kemampuan terbesarnya ada pada teknik Kekkei Genkai dalam tubuhnya. Kekkei Genkai tersebut adalah teknik Pelepasan Kayu (Wood Release). Sampai saat ini, tidak ada satu pun shinobi lain yang mampu untuk memiliki teknik serupa selain Hashirama.

Selain itu ada lagi teknik eksklusif yang hanya bisa bisa dilakukan oleh Hashirama, yaitu teknik True Several Thousand Hands. Saat menggunakan teknik tersebut Hashirama akan mengeluarkan ribuan tangan untuk menahan atau menyerang musuhnya. Shinobi lain, seperti Yamato, mencoba untuk menirukan tekniknya tapi skala kekuatannya tidak bisa menyamai level Hashirama.

Jougan

Jougan merupakan salah satu Jutsu baru yang muncul dalam cerita Boruto: Naruto Next Generation. Kemampuan Kekkei Genkai ini hanya dimiliki oleh satu orang saja, yaitu Boruto Uzumaki. Namun, kabarnya juga kemampuan ini merupakan juga Dojutsu milik klan Otsutsuki. Kekuatan dari Jougan sendiri belum bisa Kishimoto jelaskan secara sempurna.

Namun, dari apa yang sudah muncul dalam ceritanya sejauh ini ketika Boruto menggunakan Jougan maka dia bisa mengendalikan ruang dan waktu. Boruto juga mampu melihat posisi dari titik lemah musuhnya. Meskipun kekuatan sesungguhnya masih belum muncul, namun yang pasti kemampuan ini bisa menandingi kemampuan dari Rinnegan.

Rinnegan

Rinnegan merupakan salah satu dari tiga Doujutsu legendaris, selain Sharingan dan Byakugan serta menjadi Kekkei Genkai paling kuat dan mematikan doi serinya. Berbeda dengan Byakugan dan Sharingan, Rinnegan merupakan sebuah Doujutsu yang sangat langka. Rinnegan hanya bisa didapatkan oleh seseorang yang pernah mendapatkan chakra dari klan Otsutsuki dan keturunannya atau menggabungkan Sharingan dengan sel Hashirama.

Karena Doujutsu ini langka, tidak heran jika kekuatannya pun benar-benar sangat dahsyat dan mematikan. Ketika penggunanya mengaktifkan Rinnegan, maka mereka bisa menguasai lima elemen chakra, mengendalikan daya tarik bumi, dan yang paling dahsyat adalah pengguna Rinnegan bisa mengendalikan tubuh orang lain. Hal luar biasa lainnya dari Rinnegan adalah mampu membuka jalan menuju dimensi yang lain atau menyerap chakra dari tubuh musuh.

Doujutsu Milik Isshiki Otsutsuki

Doujutsu milik Isshiki Otsutsuki ini termasuk dalam salah satu teknik terbaru lainnya yang muncul dalam seri Boruto: Naruto Next Generation. Berdasarkan ceritanya Doujutsu ini hanya dimiliki oleh Isshiki dan juga Kawaki, yang memiliki kekuatan Karma Isshiki. Doujutsu ini memiliki keunikan dari segi desain pupilnya, yang membuat Doujutsu ini berbeda dari Rinnegan dan Sharingan atau Byakugan.

Pengguna dari Doujutsu tersebut akan mampu mempraktikan dua teknik dahsyat. Pertama adalah Sukunahikona dan kedua adalah Daikokuten. Sukunahikona adalah teknik di mana penggunanya mampu mengecilkan benda tidak hidup apa pun menjadi seukuran mikroskopik. Sedangkan Daikokuten pada dasarnya adalah kebalikan dari Sukunahikona, di mana Daikokuten mampu membuat ukuran benda yang dikecilkan oleh Sukunahikona kembali ke ukuran semula atau memperbesar ukuran sebuah benda.

Dengan kedahsyatan yang ada dalam kekuatan Kekkei Genkai wajar jika pemilik kekuatannya akan menjadi sosok yang mengerikan. Apalagi, jika kemudian mereka memiliki salah satu Kekkei Genkai di atas. Menarik tentunya untuk melihat apakah Kishimoto akan kemudian menghadirkan Kekkei Genkai lainnya dalam cerita Boruto yang akan memperkaya mitologi serinya.