Thor telah membuktikan bahwa ia merupakan anggota Avengers terkuat. Meski kekuatannya besar, tetapi ia sangat bergantung dengan palu andalannya, Mjolnir. Selain sebagai katalis dari kekuatan petirnya, Mjolnir juga menjadi lambang kepercayaan dirinya. Ketika Thor mengangkat dan memakainya untuk melawan musuh, ia sangat percaya diri bahwa dia “layak”. Sebaliknya, tanpa Mjolnir, ia seperti kehilangan jati dirinya.

Ketika Hela menghancurkan Mjolnir di film Ragnarok, butuh beberapa waktu sebelum Thor menyadari bahwa kekuatannya bukan berasal dari Mjolnir. Padahal kekuatan sebenarnya berasal dari dalam dirinya sendiri. Kemudian di komik Original Sin karya penulis Jason Aaron dan ilustrator Mike Deodato pada tahun 2014, Thor kembali kehilangan kelayakannya. Ketika itu, Nick Fury mengatakan bahwa Gorr, penjahat yang membunuh para dewa, selama ini telah melakukan hal yang benar. Thor yang mulai meragukan para dewa, termasuk dirinya sendiri, dan kemudian tidak bisa mengangkat Mjolnir.

Senjata Linggis Thor!

Kisahnya pun masih terus berlanjut, dan sebagian besar Thor beraksi tanpa menggunakan Mjolnirnya. Nah di komik Thor #1, Marvel kembali menceritakan bahwa Thor tidak layak menggunakan Mjolnir. Syukurnya, di komik Thor #16 garapan Donny Cates, ia akhirnya mendapatkan pengganti Mjolnir. Namun senjata penggantinya lebih efisien daripada Jarbjorn dan Strombreaker. Yap, sejata barunya lebih sederhana yaitu sebuah linggis. Linggis tersebut berasal dari seorang penjahat Wrecker, yang kemudian ia rebut untuk memukul balik.

Kisahnya bermula ketika sang dewa petir yang sudah tidak lagi menggunakan Mjolnir. Ketika itu, ia berjalan-jalan di Bumi bersama Jane Foster, yang saat ini sudah menjadi Valkyrie. Kemudian saat mereka bersinggungan dengan tim penjahat Wrecking, Thor dan Jane Foster mencoba untuk mengalahkan mereka. Saat Wrecker melemparkan linggisnya ke arah Jane dan dia menghindar, Thor dengan cepat menangkap linggis tersebut dan langsung memukul Wrecker yang Jane tendang ke arahnya. Menariknya, ternyata linggis Wrecker tersebut mengandung setidaknya sedikit sihir Asgardian.

BACA JUGA: Mengenal 10 Superhero Muslim di Marvel Universe!

Wrecker adalah penjahat yang mendapatkan kekuatannya setelah Karnilla tidak sengaja menyihirnya, padahal yang dia maksud adalah ingin menyihir Loki. Sejak saat itu Wrecker menjadi cukup sakti untuk menjadi seorang penjahat, karena dia menggunakan senjata linggisnya sejak lama, bukan tidak mungkin sihir dalam tubuhnya mengalir ke linggis tersebut. Bukan hanya itu, sementara linggisnya tampak seperti linggis biasa, orang lain bisa memanggil kembali linggisnya setelah melemparnya, sama seperti Mjolnir.

Kekuatan lain dari linggis tersebut adalah memanipulasi mental siapa pun yang menyentuhnya, kemudian bisa menahan serangan peluru, dan juga dapat berguna untuk menemukan orang yang sedang dalam pelarian. Dengan senjata baru ini, sang dewa petir kembali pada masa-masa kejayaannya, tanpa perlu memikirkan kelayakannya. Menarik saat melihat ia membawanya dan mencoba menguasainya untuk beberapa saat. Dengan linggis ini, ia bisa belajar cara bertarung baru dan memaksimalkan potensi dari linggisnya, sebelum nanti ia kembali menguasai Mjolnir.

Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.