Marvel Universe adalah semesta komik yang penuh dengan berbagai macam karakter dari hampir semua etnis dan agama, tanpa terkecuali muslim. Menariknya, ternyata ada banyak sekali karakter yang mempunyai latar belakang sebagai seorang muslim di Marvel Universe, khususnya superhero. Mereka bahkan mempunyai peran yang cukup penting di semestanya, bukan hanya sekadar karakter pendukung yang hanya muncul sekali kemudian menghilang. Dari mulai superhero remaja, sampai superhero veteran, berikut 10 superhero muslim dari Marvel!

Ms. Marvel

Mempunyai nama asli Kamala Khan, Ms. Marvel adalah salah satu superhero remaja Marvel yang cukup populer di kalangan penggemar. Hal tersebut karena dia adalah salah satu superhero muslim pertama yang mempunyai latar belakang sebagai seorang imigran dari Paskistan. Bersama keluarganya yang sangat taat pada ajaran islam, Ms. Marvel tinggal di New Jersey sampai akhirnya terpapar teriggen mist yang mengubahnya menjadi seorang Inhuman. Sejak saat itulah dia kemudian menjadi seorang superhero yang mempunyai kemampuan untuk memperbesar fisiologi tubuhnya.

Red Dagger

Red Dagger adalah seorang vigilante yang berasal dari Pakistan dan cukup aktif di Amerika. Hal tersebut bisa terjadi karena dia adalah sahabat Kamala Khan alias Ms. Marvel. Mengingat dia tidak mempunyai kekuatan super, karakter yang mempunyai nama asli Kareem ini lebih memfokuskan setiap aksinya untuk melindungi orang-orang Pakistan di Amerika. Dan walaupun dia tidak mempunyai kekuatan super, tetapi Red Dagger sangat terkenal sebagai seorang penembak jitu seperti Hawkeye. Dan senjata andalannya adalah pisau kecil yang bisa mengenai targetnya dari jarak jauh.

Dust

Selain inhuman, ternyata di antara para mutan juga ada seorang superhero yang sangat taat sebagai seorang muslim. Dia adalah Sooraya Qadir, seorang perempuan Afganistan bercadar yang terkenal sebagai superhero bernama Dust. Kekuatan utamanya adalah mampu mengendalikan butir-butir pasir sampai menciptakan badai pasir yang sangat besar. Berkat kekuatannya ini, Charles Xavier alias Professor X akhirnya merekrut Dust dan menjadikannya anggota tim New X-Men bersama para mutan lain.

BACA JUGA: Marvel: 10 Dewa yang Pernah Gorr Kalahkan!

Excalibur

Muncul dalam kisah Secret Invasion, Excalibur adalah seorang superhero asal Inggris yang mempunyai darah muslim Pakistan di dalam tubuhnya. Mempunyai nama asli Faiza Hussain, di sela-sela kesehariannya sebagai superhero, dia juga bertindak sebagai seorang dokter bedah. Hal itulah yang pada akhirnya membuat dia sangat berguna bagi tim superhero MI13 dari Inggris. Berkat kekuatan yang berasal dari pedang Excalibur, dia terbukti mampu mengurai organ tubuh orang lain tanpa membunuhnya.

M

Sama seperti Dust, M juga mempunyai latar belakang sebagai seorang muslim sekaligus mutan. Memulai petualangannya bersama tim super Generation X, pada akhirnya karakter yang bernama asli Monet Yvette Clarisse Maria Therese St. Croix ini dapat bergabung dengan tim inti X-Men. Hal tersebut tidak lain adalah karena kekuatan super M yang sangat lengkap. Selain bisa terbang, dia juga terbukti bisa memperkeras tubuhnya seperti batu, kemudian mempunyai kekuatan super dan healing factor yang membuatnya sangat sulit untuk mati.

G.W Bridge

G.W. Bridge adalah salah satu superhero Marvel yang cukup unik, karena nama aslinya sama seperti jembatan George Washington Bridge di Amerika. Sama seperti Nick Fury, Brigde adalah orang yang memegang posisi tinggi di S.H.I.E.L.D. Itulah mengapa dia mampu mengoperasikan berbagai teknologi canggih serta mempunyai akses ke berbagai rahasi penting suatu negara. Selain itu, Bridge juga terbukti sangat hebat dalam pertarungan tangan kosong, maupun saat menggunakan senjata api. Salah satu prestasi dari superhero muslim ini adalah mampu membunuh Super Skrull sendirian.

Arabian Knight (Abdul Qomar)

Abdul Qamar alias Arabian Knight pertama adalah salah satu superhero muslim Marvel yang telah melakukan debutnya sejak tahun 80-an. Meskipun tidak sepopuler Ms. Marvel, tetapi dia termasuk ke dalam salah satu superhero veteran yang terlibat dalam peristiwa Contest of Champions. Berdasarkan sejarahnya, Arabian Knight pertama ini sangat mengandalkan tiga benda sihir yang dia miliki, yaitu karpet terbang, pedang lengkung berwarna emas, dan juga sabuk yang bisa dia kendalikan menggunakan pikirannya. Dengan ketiga benda sihirnya ini, dia terbukti bisa terbang dan cukup kuat seperti kebanyak superhero di Marvel Universe.

Arabian Knight (Navid Hashim)

Tidak lama setelah Abdul Qamar memutuskan untuk pensiun, superhero berikutnya yang mengambil alih identitas Arabian Knight adalah Navid Hashim. Sama seperti pendahulunya, Arabian Knight kedua ini juga sangat mengandalkan tiga benda sihirnya. Bedanya, dia mempunyai sabuk sihir yang dapat membuat tubuhnya menjadi lebih kuat. Selain itu, kali ini pedang lengkungnya terbukti bisa menembakan energi laser yang cukup kuat untuk menembus lapisan baja. Dengan berbagai pembaruan dari benda sihirnya, banyak penggemar yang merasa Arabian Knight kedua ini terlalu kuat.

Josiah X

Siapa yang tidak mengenal Captain America? Dia adalah salah satu superhero paling ikonik yang mendapatkan kekuatan supernya dari serum super soldier. Selain Captain America, sebenarnya ada juga superhero muslim bernama Josiah X yang ternyata mendapatkan kekuatan supernya dari serum super soldier. Menariknya, karakter yang mempunyai nama asli Josiah al hajj Saddiq ini ternyata sudah pernah menunaikan haji dan sempat mendirikan sebuah masjid di Amerika. Prestasi tersebut secara tidak langsung telah membuatnya menjadi salah satu superhero veteran yang sangat terhormat di mata superhero muslim lainnya.

Black Widow (Monica Chang)

Ada banyak sekali inkarnasi Black Widow di multiverse Marvel. Dan salah satunya yang cukup populer adalah Monica Chang. Sebagai bagian dari S.H.I.E.L.D., Monica bertugas sebagai seorang pemimpin di divisi A.I. Hal tersebutlah yang pada akhirnya mendatarkan dia menjadi salah satu anggota Avengers A.I. yang terdiri dari Vision, Doombot, dan Hank Pym. Dengan kelincahan dan kekuatan fisiknya yang tidak kalah dari Natasha Romanoff, Monica menjadi aset yang sangat berguna bagi Avengers A.I. Monica mengaku bahwa dirinya adalah seorang muslim yang cukup taat.

Itulah sepuluh superhero muslim yang telah berhasil membuktikan kelayakannya untuk berada di Marvel Universe. Terlepas dari beberapa nama mereka yang kurang populer, pada kenyataannya Marvel sendiri mengakui keberadaan mereka sebagai bagian dari keberagaman yang ada di dalam semestanya. Dan bersama sepuluh superhero ini, Marvel sepertinya ingin menegaskan bahwa tidak ada batasan bagi seseorang untuk menjadi superhero. Karena sejatinya yang superhero butuhkan adalah hati yang heroik untuk melindungi Bumi dari segala ancamannya.