Seperti yang kita tahu, akhir-akhir ini Marvel sering kali menghadirkan tema multiverse di berbagai tayangan Fase 4 MCU. Dari mulai serial Loki, sampai yang terbaru Doctor Strange 2, semuanya telah memperlihatkan konsep multiverse Marvel yang sangat menarik. Hal tersebut membuat banyak penggemar bertanya-tanya, apakah film MCU berikutnya, Thor: Love and Thunder alias Thor 4, akan mengangkat tema yang sama juga?

Berdasarkan trailernya, sepertinya film keempat Thor ini akan mempunyai cerita yang lebih linear, tidak serumit film-film MCU sebelumnya. Namun, hal tersebut bukan berarti di filmnya nanti sama sekali tidak ada unsur multiverse. Karena pada kenyataannya, yang akan menjadi musuh Thor kali ini adalah Gorr the God Butcher. Dan di komiknya, dia adalah villain yang sangat mengancam timeline bahkan multiverse secara keseluruhan. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Mari kita bahas terlebih dahulu sejarah singkat Gorr di Marvel Comics!

Berniat Memusnahkan ‘Seluruh’ Dewa

Pada tahun 2012 silam, Marvel Comics pernah merilis kisah legendaris Thor yang berjudul Thor: God of Thunder karya Jason Aaron dan Esad Ribić. Dalam kisah tersebut, Gorr the God Butcher adalah villain utama yang harus Thor kalahkan. God Butcher sendiri adalah julukan yang dia dapatkan setelah membasmi para dewa dengan kekuatan All-Black the Necrosword. Dan lebih gilanya lagi, setelah membunuh para Dewa Waktu di Planet Chronus, dia berhasil menemukan cara untuk melakukan perjalanan waktu. Hal tersebut bisa terwujud berkat Pool of Forevers yang terhubung ke ‘semua timeline’ Marvel Universe.

Selama bertahun-tahun Marvel sendiri telah memerkenalkan banyak sekali metode perjalanan waktu yang cukup menarik, dan Pool of Forevers adalah salah satunya yang paling efektif. Awalnya Pool of Forevers sendiri adalah sebuah alat ciptaan Dewa Waktu Chronux untuk mengunjungi berbagai timeline sesuka harinya. Dan setelah Gorr mendapatkannya, dia terbukti bisa melakukan perjalanan waktu selama ribuan tahun hanya untuk membasmi dewa. Salam satu korbannya bahkan merupakan Elder God pertama yang hidup pada awal terciptanya alam semesta.

Dengan Pool of Forevers ini, Gorr juga telah menculik para dewa di berbagai timeline. Dan dia memaksa mereka untuk membuat ‘Godbomb’, Bom Pemusnah Dewa, di sekitar Pool of Forever. Harapannya, dengan meledaknya Godbomd di dekat Pool of Forevers, maka semua dewa di semua timeline akan ikut terkena imbasnya hanya dalam sekali ledakan. Dan cara ini terbukti berhasil, di mana ketika Godbomb meledak, pada dewa mulai menghitam dan perlahan-lahan mati. Untungnya, salah satu varrian Thor di timeline berhasil melakukan pengorbanan besar dengan menyerap ledakan Godbomb sekaligus mengalahkan Gorr.

Tanda-tanda Multiverse di Thor 4

Di Marvel Cinematic Universe sendiri, perjalanan waktu adalah konsep yang sempat Marvel kenalkan di film Avengers: Endgame. Dan sekarang dengan terungkapnya multiverse MCU, hal serupa bisa kembali mereka eksplorasi di film Thor: Love and Thunder dengan kehadiran Gorr. Dan dengan materi komik Thor: God of Thunder, yang memperkenalkan Gorr sebagai penguasa Pool of Forevers sekaligus pencipta Godbomb. Hal tersebut secara tidak langsung membuat Gorr sebagai sosok yang berpotensi menjadi villain multiverse.

Menariknya, di trailer terbaru Love and Thunder, Gorr terlihat mengguncang sebuah planet dengan All-Black. Teorinya, mungkin planet tersebut adalah analogi Godbomb dan Pool of Forevers dari Marvel Comics. Karena di komiknya sendiri, Godbomb mempunyai ukuran sebesar bulan dengan ledakan yang dapat terhubung langsung dengan semua timeline. Dan mungkin di MCU sendiri hubungan tersebut akan diperbesar jangkauannya sampai multiverse, tidak hanya satu timeline saja. Sesuai dengan janji Gorr di trailernya yang mengatakan “Semua dewa akan mati!”

Terlebih lagi dalam salah satu cuplikan di trailernya, Mighty Thor dari Jane Foster terlihat memanggil petir di sebuah ruangan misterius berisi Patung Para Entitas Kosmik. Dan dua di antara patung tersebut merupakan patung Living Tribunal dan Uatu the Watcher. Di Marvel Comics, Living Tribunal sendiri adalah sosok tunggal yang bertugas menjaga kestabilan multiverse. Sedangkan Uatu adalah sosok yang muncul sebagai pendiri Guardians of the Multiverse di serial MCU What If…?. Berdasarkan apa yang terlihat di trailernya, bukan tidak mungkin nantinya Mighty Thor akan berhubungan dengan dua sosok multiverse demi menemukan cara agar bisa mengalahkan Gorr the God Butcher.

Dengan berbagai kemungkinan tersebut, kehadiran Gorr the God Butcher di Thor: Love & Thunder dapat membuka jalan bagi filmnya untuk mempunyai imbas yang lebih besar di MCU. Gorr mungkin tidak hanya mengincar para dewa di universenya saja, melainkan ‘semua dewa’ yang ada di MCU. Dan dengan All-Black Necrosword serta Godbomb di tanganya, tampaknya hal tersebut tidak mustahil. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Kebenarannya akan segera terungkap, saat film Thor 4 tayang pada tanggal 8 Juli nanti.