Setelah penantian yang cukup panjang, akhirnya serial Stranger Things melanjutkan kisahnya dengan season 4 yang jauh lebih menarik sekaligus menegangkan. Seperti yang kita tahu, premis utama dari serial ciptaan Duffer Brother ini adalah hubungan antara Eleven dan Upside Down. Hal tersebut bermula dari Dr. Brenner alias Papa yang menjadikan banyak anak-anak berkekuatan super sebagai kelinci percobaannya. Berlangsung di Laboratorium Hawkins, percobaan tersebutlah yang pada akhirnya membawa mimpi buruk bagi Kota Hawkins dan dunia nyata secara keseluruhan.

Setelah sebelumnya sempat menjadi misteri, akhirnya Stranger Things season 4 menjelaskan banyak hal terkait eksperimen tersebut. Tentang bagaimana Papa memulai eksperimennya dan kemudian berapa banyak anak super yang telah dia ciptakan. Secara mengejutkan, season keempat kali ini telah mengungkap bahwa setidaknya ada empat belas anak yang telah dia jadikan kelinci percobaan. Salah satunya adalah anak dengan kode 001 alias ‘Number One’, yang sangat memainkan peran penting di semestanya. Untuk lebih mengenal siapa dia sebenarnya, simak pembahasannya di bawah ini, Geeks!

Sumber Teror di Hawkins

Setelah berhadapan dengan berbagai monster dari Upside Down, di season kali ini para anak-anak Hawkins harus berhadapan dengan monster baru yang bisa menebar teror meskipun dia berada di Upside Down. Berdasarkan kemampuannya yang bisa membuat seseorang mati secara mengenaskan dari jarak jauh, Dustin dan teman barunya, Eddie Munson, menamai dia dari sosok penyihir jahat di board game Dungeons and Dragons, yaitu Vecna. Di episode 7, akhirnya terungkap secara mengejutkan bahwa Vecna sendiri awalnya adalah seorang manusia bernama Henry Creel alias Number One.

Berbeda dengan anak lain di Hawkins Lab, Henry Creel adalah seorang anak yang telah mempunyai kekuatan super jauh sebelum dia menjadi kelinci percobaan Papa. Sama seperti Eleven, Henry juga menguasai berbagai kemampuan telekinesis, telepati, dan bahkan ilusi. Hal tersebut pertama kali terungkap saat dirinya pindah ke rumah baru di Hawkins bersama kedua orang tua dan saudara perempuannya. Anak dari Victor Creel ini tampaknya sudah mempunyai pemikiran yang gila sejak dirinya masih kecil.

Saat keluarganya hidup bahagia di Hawkins, setidaknya untuk beberapa bulan, dia justru mengembangkan pikiran yang menyatakan bahwa semua manusia adalah hama. Setelah melatih kemampuannya pada hewan-hewan kecil, dia kemudian melancarkan ‘kutukan’ kepada para anggota keluarganya. Henry pertama kali memulai aksinya dengan membunuh ibunya menggunakan cara yang kejam. Setelah itu dia sengaja membuat ayahnya masuk ke dalam ilusi sambil membunuh adiknya yang bernama Alice. Setelah menggunakan kekuatannya secara berlebihan, Henry pun akhirnya pingsan.

Mirisnya, tidak ada yang mengetahui bahwa tragedi mengerikan tersebut adalah ulah Henry, selain ibunya yang telah mati lebih dahulu. Ayahnya yang bernama Victor mengira itu semua adalah ulah iblis dan akhirnya mendekam di penjara rumah sakit jiwa karena tidak ada yang memercayainya. Di sisi lain, Henry yang menurut Victor telah mati juga setelah dirinya mengalami koma, ternyata telah dibawa oleh Papa ke Hawkins Lab sebagai anak super pertamanya, Number One. Hal tersebut bisa terjadi karena sebelumnya ibu Henry sempat melaporkan anomali yang terjadi pada anaknya tersebut.

Menjadi Number One dan Vecna di Stranger Things

Ketika Number One sadar dari komanya, dia ternyata sudah berada di cengkraman Papa. Pada titik ini Papa yang mengetahui bahwa Number One telah membunuh keluarganya, memutuskan untuk memasangkan chip di lehernya agar Henry tidak bisa menggunakan kemampuannya. Dalam prosesnya, Papa kemudian mencari anak super lain yang masih di dalam kandungan agar dia bisa lebih mengendalikan meraka. Para anak super ini mungkin dia pilih berdasarkan hasil scan otak yang mempunyai kemiripan dengan Number One. Hal tersebut Papa lakukan sampai akhirnya menemukan Eleven.

Number One yang kini lebih dewasa, akhirnya Papa pekerjakan sebagai salah satu pegawai yang mengawasi anak-anak super. Namun, hal tersebut justur dia manfaatkan untuk memanipulasi Eleven agar bisa melepaskan chip di lehernya. Dan setelah semua rencananya berjalan lancar dia kemudian membunuh semua orang di Hawkins Lab, kecuali Eleven. Karena rencana baru Number One adalah mengajak Eleven untuk menciptakan dunia yang sesuai dengan visinya. Di luar dugaan, ternyata Eleven malah menolaknya dan akhirnya berhasil mengirim Number One ke Upside Down.

BACA JUGA: Hunter X Hunter: Para Chairman di Asosiasi Hunter!

Dengan dendam yang membara di dalam hatinya, ternyata Number One berhasil selamat di Upside Down dan berubah menjadi monster jahat Vecna. Sejak saat itulah dia berusaha untuk kembali ke dunia nyata dengan menciptakan gerbang baru melalui para korbannya. Ending season 4 Volume 1 sendiri menegaskan bahwa Vecna adalah musuh bebuyutan Eleven yang telah menemukan cara untuk kembali menebar teror demi menguasai dunia. Itulah penjelasan tentang Number One di Stranger Things season 4.

Dengan asal-usul Vecna yang ternyata seorang manusia, season 4 sendiri secara tidak langsung telah mengonfirmasi spekulasi penggemar. Sebelumnya penggemar memang telah menduga bahwa kejahatan yang sesungguhnya di Upside Down adalah ulah manusia yang mempunyai kekuatan sama seperti Eleven. Apakah nantinya Eleven dapat mengalahkan Number One yang telah berwujud Vecna? Jawabannya akan terungkap saat Stranger Things season 4 Volume 2 tayang pada 1 Juli nanti. Kita nantikan saja ya, Geeks!

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.