Selain Pemerintah Dunia, angkatan laut merupakan pihak yang sangat menentang keberadaan bajak laut dalam cerita One Piece. Sudah sejak puluhan atau bahkan mungkin ratusan tahun angkatan laut bertarung melawan berbagai kelompok bajak laut. Hal tersebut tentu bukanlah sesuatu yang mudah, karena setiap tahunnya akan muncul berbagai generasi baru angkatan laut.

Contohnya adalah Luffy, Kidd, Law, dan mereka yang tergabung di Worst Generation. Meskipun bajak laut memiliki banyak karakter kuat, angkatan laut juga tidak kalah. Mereka juga memiliki banyak sekali karakter-karakter hebat yang bahkan bisa menghancurkan kelompok bajak laut yang sangat kuat sekali pun. Berikut adalah beberapa angkatan laut terkuat dalam cerita One Piece.

Wakil Admiral Monkey D. Garp

Monkey D. Garp merupakan salah satu karakter terkuat di seri ini. Bersama Roger, dia bertarung melawan kelompok bajak laut Rocks yang dianggap sebagai kelompok bajak laut mengerikan, di mana beberapa krunya ada yang menjadi Yonko. Berkat pertarungannya melawan Rocks, Garp menerima titel sebagai pahlawan angkatan laut. Garp juga sudah sering bertarung dengan Roger, sehingga wajar dia menjadi angkatan laut terkuat.

Bukti kekuatan Garp lainnya adalah dia mampu mengalahkan Don Chinjao yang memiliki nilai buruan sebesar 500.000.000 Belly hanya dengan satu pukulan saja. Garp sebenarnya bisa memiliki kesempatan untuk mendapatkan pangkat yang tinggi, tapi dia menolak dan tetap pada pangkatnya yang sekarang. Garp juga sebenarnya memutuskan untuk pensiun, namun dia menerima tawaran untuk melatih para angkatan laut muda.

Wakil Admiral Tsuru

Tsuru merupakan wakil admiral di angkatan laut pusat. Sebagai wakil angkatan laut pusat dan berada di generasi yang sama dengan Garp dan Sengoku, Tsuru memang pantas menjadi salah satu angkatan laut terkuat di seri One Piece. Padahal usianya sudah sekitar 63 tahun, tetapi dia masih kuat untuk bertarung secara serius melawan Doflamingo.

Tsuru merupakan pemakan buah iblis Woshu Woshu no Mi, buah iblis berjenis paramecia yang membuatnya mampu untuk mengubah objek atau orang menjadi seperti cucian dan mengeringkannya. Hal itu membuat musuh tidak dapat bergerak. Bahkan, kemampuan buah iblis mereka pun bisa hilang akibat dari buah iblis ini. Oleh karena itu, kemampuan ini sangat mengerikan dan berbahaya bagi para bajak laut.

Inspector General Sengoku

Sengoku the Buddha dahulunya merupakan fleet admiral sebelum time-skip terjadi, kemudian Sengoku menjadi penerus dari Kong dan posisinya diisi oleh Sakazuki. Bersama Garp dan Tsuru, dia juga menjadi salah satu angkatan laut terkuat dari generasinya. Berbeda dengan Garp dan Tsuru, Sengoku lebih bijak dan tenang dalam menanggapi berbagai hal.

Sengoku mengkonsumsi buah iblis Hito Hito no Mi, Model: Daibutsu, yang merupakan buah iblis langka yang bisa membuat Sengoku berubah menjadi sosok patung Buddha raksasa berwarna emas. Ketika Sengoku berubah menjadi raksasa, dia bisa mengirimkan sebuah gelombang kejut yang bisa membuat musuh kocar kacir. Sengoku juga sebenarnya sudah pensiun, namun dia diminta untuk tetap berada di angkatan laut.

Admiral Fujitora

Fujitora juga merupakan salah seorang admiral di markas pusat. Dalam masalah kekuatan dalam bertarung, Issho pun menjadi salah satu karakter terkuat di seluruh struktur pemerintah dunia. Issho juga merupakan pemakan buah iblis Zushi Zushi no Mi, di mana dia mampu mengendalikan gravitasi di sebuah wilayah sesuka hatinya.

Dia kemudian menyalurkan kekuatan gravitasi tersebut ke pedangnya yang membuat serangan pedangnya menjadi sangat dahsyat. Issho juga merupakan sosok yang menguasai dua jenis Haki, Busoshoku dan Kenbunshoku, yang mana Haki tersebut sangat berguna baginya baik dalam pertempuran maupun dalam kehidupan sehari-hari mengingat dia kehilangan kedua matanya.

Wakil Admiral Gion

Gion atau yang biasa disebut sebagai Momousagi, merupakan seorang angkatan laut dengan pangkat wakil admiral. Saat timeskip terjadi, Gion sempat menjadi salah satu kandidat untuk menjadi admiral yang baru. Tetapi, sayangnya, Gion tidak mau mengisi posisi tersebut dan sebagai gantinya posisi tersebut diisi oleh Issho dan Ryokugyu.

Sebenarnya Chaton sudah pernah meminta lebih dari 100 kali kepada Gion untuk mengisi posisi sebagai admiral, tetapi selalu dia tolak. Melihat dari karier dan kekuatannya, Gion sebenarnya merupakan kandidat yang tepat untuk menjadi admiral angkatan laut. Gion juga menjadi perwira tertinggi perempuan di angkatan laut selain Tsuru. Tentunya para fans sangat menantikan aksi lainnya dari Admiral Gion pada waktu yang akan datang.

Admiral Ryokugyu

Ryokugyu melakukan debutnya saat arc Reverie. Dia bergabung dengan angkatan laut setelah pertarungan antara Kuzan dan Sakazuki di Punk Hazard. Setelah pertarungan tersebut, Kuzan memutuskan mundur dari angkatan laut dan Sakazuki dipromosikan sebagai Fleet Admiral. Dia menjadi salah satu angkatan laut yang mengisi dua kekosongan posisi Admiral.

Belum terlalu banyak informasi yang kita ketahui tentang Ryokugyu, namun dia pernah terlibat dalam pertarungan melawan Pasukan Revolusi. Pencapaian terbesar dari Ryokugyu sendiri adalah dia mampu bertarung dengan sangat luar biasa, padahal dia belum makan apa pun dalam tiga tahun terakhir. Masih belum ada informasi apakah hal tersebut ada kaitannya dengan buah iblis.

Fleet Admiral Akainu (Sakazuki)

Akainu merupakan fleet admiral di markas pusat saat ini, mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Sengoku. Akainu sudah menunjukan bahwa dia memiliki kekuatan yang luar basa dahsyat. Hal ini berkat Magu Magu no Mi, di mana buah tersebut memberikan Sakazuki kemampuan untuk memanipulasi magma dan bahkan berubah menjadi cairan panas tersebut.

Kemampuan magma dari Sakazuki mampu mengungguli kemampuan api milik buah iblis Mera Mera no Mi. Dengan kekuatan tersebut dialah yang bertanggung jawab atas kematian Ace. Menurut Eiichiro Oda, kekuatan dari buah iblis Magu Magu no Mi milik Akainu ini merupakan yang terkuat dari seluruh buah iblis jika dilihat dari kekuatan.

Admiral Kizaru (Borsalino) di One Piece

Sesuai dengan jabatan yang dia miliki, yaitu Admiral, Kizaru juga merupakan salah satu petarung terhebat di pemerintahan dunia dan juga angkatan laut. Kemampuan fisik Kizaru yang sangat luar biasa dapat kita lihat dari refleks gerakan yang sangat cepat. Kekuatan dahsyat tersebut berasal dari buah iblis yang dia makan yaitu Pika Pika no Mi. Berkat buah iblis tersebut, dia pun memiliki kekuatan dari elemen cahaya.

Artinya dia mampu bergerak secepat cahaya dan menyerang dengan sangat cepat. Semuanya berdasarkan elemen cahaya. Cahaya tersebut juga bisa menjadi sebuah senjata mematikan seperti seperti laser, tembakan energi, juga sebuah serangan energi dahsyat yang bisa menghancurkan gedung. Berkat kekuatan ini, mungkin Kizaru bisa masuk sebagai manusia tercepat di dunia One Piece.

BACA JUGA: One Piece: Anggota Klan D ini Masih Hidup?

Admiral Aokiji (Kuzan) di One Piece

Kuzan merupakan mantan admiral di markas pusat. Dia sempat dinominasikan untuk mengisi jabatan sebagai fleet admiral menggantikan Sengoku. Tapi, setelah posisi tersebut akhirnya diserahkan kepada Sakazuki akhirnya Aokiji pun mundur dari angkatan laut. Saat ini, dia bergabung dengan bajak laut Blackbeard.

Aokiji memiliki kekuatan dari Hie Hie no Mi, di mana dia mampu untuk membuat, mengendalikan, dan berubah menjadi es. Dalam sebuah pertarungan, dia menggunakan kemampuan ini untuk melumpuhkan musuhnya dan menghadang musuh. Caranya adalah dengan membekukan tubuh mereka hanya dengan menyentuhnya saja. Dalam pertarungan 10 hari dengan Akainu, akibat kekuatannya cuaca di Punk Hazard pun berubah menjadi sebuah wilayah es

Zephyr di One Piece Film: Z

Zephyr memang bukan merupakan karakter canon, namun dia adalah salah satu karakter yang cukup populer di franchise One Piece. Memiliki julukan si tangan hitam, Zephyr merupakan pemimpin dari Neo Marines dan merupakan antagonis utama dari film One Piece Film: Z. Sebelum membentuk Neo Marines, dia sempat menjadi seorang admiral di angkatan laut yang kita kenal sekarang namun kemudian memutuskan untuk mengundurkan diri.

Bersama dengan Sengoku, Garp, dan Tsuru, Zephyr merupakan salah satu angkatan laut terkuat di generasinya. Dia merupapakan sosok yang melahirkan angkatan laut hebat seperti Sakazuki, Kuzan, Onigumo, dan sebagainya. Meskipun usianya sudah terbilang tua, tetapi kekuatan fisiknya sangat luar biasa. Zephyr adalah satu-satunya admiral yang tidak memiliki kekuatan buah iblis. Namun, dia mampu menandingi kekuatan Admiral saat ini.

Dalam dunia One Piece, para Admiral dari angkatan laut selalu menjadi ancaman terbesar bagi “kebebasan” para bajak laut. Mereka sering kali memperlihatkan kemampuan mereka untuk menghancurkan kekuatan dari para bajak laut. Hal ini wajar karena para admiral merupakan kekuatan terbesar yang dimiliki oleh angkatan laut. Para admiral di atas adalah bukti dari kehebatan pihak angkatan laut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.