The Mandalorian adalah serial live action Star Wars pertama yang berhasil menjadikan semestanya menjadi lebih segar sekaligus menarik. Rilis perdana pada tahun 2019, sampai saat ini serialnya sudah mempunyai season kedua yang sama-sama sukses. Kesuksesan tersebut pada akhirnya menciptakan Mando-Verse dengan berbagai serial spinoff lain yang tidak kalah menarik. Selain The Book of Boba Fett yang tayang beberapa waktu lalu, ke depannya masih ada serial Ahsoka Tano dan juga The Mandalorian season 3.

Serial The Mandalorian sendiri berfokus pada seorang bounty hunter dari suku Mandalorian aslin, Din Djarin (Pedro Pascal). Dia memuai petualangan perdananya dengan menculik Baby Yoda alias Grogu atas perintah Imperial setelah Galactic Empire runtuh. Alih-alih menyerahkannya kepada pecahan tirani tersebut, Din malah membawa kabur Grogu, sampai akhirnya menyerahkan dia kepada Luke Skywalker. Namun, di episode final Boba Fett, Grogu tampaknya lebih memilih kembali bersama Din daripada menjadi seorang Jedi.

Mandalorian Season 4

Meskipun season ketiganya masih belum tayang, tetapi baru-baru ini pencipta serialnya, Jon Favreau, telah mengonfirmasi bahwa season mendatangnya tersebut bukanlah akhir petualangan Mando. Favreau berbicara kepada Cinema Blend dalam acara Star Wars Celebration 2022 bahwa serial Ahsoka nantinya akan berpengaruh pada The Mandalorian season 4 yang tengah dia tulis.

“Dengan tayangan serial, kami sangat beruntung karena kami jadi tidak perlu memaksakan ceritanya untuk berdurasi satu jam setengah atau dua jam,” ungkap Favreau. “Kami harus menceritakan kisahnya perlajan-lahan. Seperti sekarang, saat Dave [Filoni] mengerjakan Ahsoka, hal tersebut sangat bermanfaat untuk penulisan saya terkait [The Mandalorian] Season 4. Itu memungkinkan saya untuk meletakan kisahnya dengan lebih tepat.”

BACA JUGA: Boruto: Ini Ancaman Terbesar Klan Otsutsuki!

Seperti yang kita tahu, The Mandalorian season 3 adalah serial yang paling penggemar antisipasi saat ini. Dan dengan pengumuman baru terkait season 4 ini, penggemar sepertinya akan sangat senang sekaligus makin tidak sabar dengan kelanjutan serialnya. Namun sebelum itu, kita bisa menyaksikan The Mandalorian season 3 terlebih dahulu pada Februari 2023 mendatang.