Sebagai bajak laut paling perkasa, Kaido merupakan salah satu karakter penting dalam seri One Piece. Kaido merupakan sosok antagonis utama dalam arc Wano Country yang masih berjalan sampai saat ini. Dia juga ternyata memiliki masa lalu yang cukup penting dan memiliki sejarah panjang dengan apa yang terjadi pada dunia ini.

Di sepanjang arc Wano, Kaido muncul dan diperkenalkan sebagai tantangan paling besar yang pernah dihadapi oleh Luffy. Dan di waktu yang sama, dalam ceritanya muncul jika Kaido memiliki koneksi dengan sosok bajak laut kuat dan tangguh lainnya seperti Kaido, Whitebeard, dan Big Mom. Kaido pun bahkan memiliki sejarah besar dengan sosok Kozuki Oden serta Rocks D. Xebec.

Daya tahan dan kekuatan yang dia miliki membuat Kaido terkenal. Kaido bahkan memiliki julukan “makhluk paling kuat di dunia.” Hal tersebut berkat buah iblis Mythical Zoan Uo Uo no Mi, Model: Seiryuu. Dengan buah iblis Kaido yang berjenis Zoan artinya dia mampu berubah atau memiliki berbagai jenis transformasi.

Berbagai Jenis Transformasi Kaido di One Piece

Transformasi pertama di mana Kaido mampu berubah menjadi naga pertama kali muncul saat di arc Punk Hazard. Para samurai Wano, seperti Kin’emon, adalah sosok yang menjelaskan hal tersebut. Dalam arc Wano Country, kekuatan Kaido pada akhirnya secara lebih baik dihadirkan oleh Oda Sensei sebelum pertarungan melawan Luffy terjadi.

Dengan transformasinya sebagai naga, Oda memperlihatkan/menggambarkan Kaido sebagai sosok dewa yang menguasai wilayah dari Wano. Bahkan, Kaido pun memang banyak disembah oleh para penduduk Wano. Dan dalam form naga ini, Kaido memang terbukti sangat luar biasa, seperti yang muncul dalam pertarungannya melawan Luffy di Kuri.

Kaido benar-benar tidak mampu untuk Luffy kalahkan saat itu. Kemudian, Kaido juga memiliki transformasi dalam bentuk hewan buas (beast). Dalam transformasi ini, Kaido akan memiliki kulit yang tebal dan kuat, serta mampu menghasilkan serangan api, serangan angin, dan berbagai serangan elemental atau alam lainnya. Namun, ini bukan menjadi transformasi terkuatnya.

Kaido pun memiliki transformasi hybrid yang tidak kalah mengerikan dan luar biasa. Bentuk hybrid dari Kaido ini muncul ketika pertempuran utama antara Worst Generation dan juga Kaido terjadi di atap istana Kaido. Dalam transformasi hybrid, Kaido bakal memiliki kekuatan dahsyat yang sama saat menggunakan transformasi naganya. Namun, Kaido tetap dalam tubuh manusianya.

BACA JUGA: Obi-Wan Kenobi: Berapa Jedi yang Tersisa?

Mode hybrid pun membuat kekuatan Kaido bertambah kuat. Serangan yang biasanya sudah sangat kuat dan mengerikan, akan semakin bertambah berkali-kali lipat level kekuatannya ketika Kaido berada dalam transformasi ini. Karena hal inilah tidak heran jika serangan Kaido menjadi jauh lebih cepat dan lebih menyakitkan apalagi jika mereka tidak memiliki kemampuan Haki. Yang juga luar biasa adalah ketika Kaido berada dalam form hybrid, dia akan memiliki “mode” yang bisa berubah-ubah sesuai keinginannya. Namun, terlebih dahulu Kaido harus meminum minuman beralkohol dan kemudian mabuk.

Bentuk Naga Api Kaido di One Piece

Meskipun semua jenis transformasi yang ada di atas sangat luar biasa, namun kemampuan dan juga transformasi terkuat yang muncul dari sosok Kaido adalah ketika seluruh tubuh naganya terlapisi oleh magma. Teknik atau kemampuan ini bernama Flame Dragon Torch alias Kaen Daiko. Teknik ini muncul dalam chapter 1048 kemarin di mana Kaido mencoba untuk menandingi awakening dari buah iblis Luffy.

Dalam transformasi ini Kaido mampu melelehkan apa pun yang ada di depannya, karena temperatur magma yang sangat tinggi. Bahkan, Luffy sendiri sempat merasakan kepanasan saat mencoba menyerang tubuh kaido. Menyadari kehebatan transformasi tersebut, Luffy pun kemudian memutuskan untuk menggunakan Ryo dan menyerang Kaido dari jauh.

Teknik Flame Dragon Torch ini tanpa ragu lagi merupakan kekuatan dan transformasi terkuat yang Kaido miliki. Hampir tidak ada satu pun orang atau sosok yang mampu menandingi atau bahkan sekedar mendekati Kaido ketika berada dalam form ini, seperti yang terjadi kepada Luffy yang harus menjaga jarak akibat temperatur ekstrem.

Ketika kaido berada dalam form Flame Dragon Torch, dia bisa saja menghancurkan seluruh wilayah Onigashima karena ukuran tubuhnya pun bahkan jauh lebih besar dari pulau tersebut. Apalagi, tempratur tubuhnya yang sangat luar biasa bisa membuat semuanya hancur seketika. Meskipun Kaido pada akhirnya tidak berdaya menghadapi Luffy, namun tanpa perlu diragukan lagi Kaidomerupakan salah satu pengguna buah iblis paling hebat di sepanjang serinya. Salah satu alasannya adalah karena Kaido mampu untuk mengendalikan banyak sekali form atau bentuk dari buah iblisnya.