Selain universe utama alias Prime Earth-616, sebenarnya pada tahun 2000 Marvel juga sempat memperkenalkan Ultimate Universe yang tidak kalah menarik. Dan universe alternatif ini telah memungkinkan Marvel untuk melakukan modernisasi pada berbagai kisahnya, tanpa harus mengubah universe utama. Banyak sekali karakter Ultimate Universe yang tidak kalah menarik dari versi utama. Misalnya, seperti Spider-Man Miles Morales, Fantastic Four dengan versi Reed yang lebih gila dan Captain America yang menjadi presiden negara Amerika.

Seiring dengan berjalannya waktu, tidak sedikit penggemar yang menganggap Ultimate Universe setara dengan Prime Universe. Mereka menilai hal tersebut dari segi kompleksitas kisah dan juga para karakternya yang menarik. Sayangnya, persaingan tersebut tidak bertahan lama, karena Marvel memutuskan untuk ‘mengadu’ kedua universe dalam sebuah peristiwa kehancuran besar di Marvel Universe. Peristiwa yang mereka sebut Incursion tersebut mau tidak mau pada akhirnya harus menyisakan satu universe sejati. Universe mana yang selamat? Simak pembahasannya di bawah ini, Geeks!

Dari Incursion Sampai Secret Wars

Peristiwa kehancuran besar ini pertama kali terjadi di komik Secret Wars karya Jonathan Hickman dan Esad Ribic. Bukan hanya Prime Universe dan Ultimate Universe saja yang terancam dalam peristiwa Incursion ini. Pada kenyataannya selain dua universe tersebut, semuanya yang ada di multiverse ternyata sudah hancur karena peristiwa incursion lain yang sebelumnya telah mengadu banyak universe. Dengan dua universe yang tersisa, kisah lain di komik Avengers memperlihatkan bagaimana para superhero ini berhasil mengirim Thanos dan tim supervillain untuk mati di universe lain.

Ajaibnya, Cabal justru berhasil selamat setelah melalui berbagai peristiwa Incursion sampai akhirnya tiba di Ultimate Universe. Di universe inilah mereka bertemu Reed Richards gila yang telah menjadi villain multiverse bernama The Maker. Dengan kekuatannya yang bisa mengetahui keadaan multiverse, Mister Fantastic dari Ultimate Universe ini pada akhirnya memberi tahu Nick Fury tentang apa yang akan terjadi. Dia kemudian bergabung dengan S.H.I.E.L.D. untuk mencegah kehancuran universenya. Setelah berhasil menghasut Nick, The Maker dan tim supervillain Cabal akhirnya memimpin perang melawan Prime Universe.

Seperti yang kita tahu, untuk membatalkan proses Incursion, salah satu Bumi harus hancur. Dan peperangan antara dua universe ini pun akhirnya tak terhindarkan. Namun, karena peristiwa Incursion terakhir ini berjalan dengan sangat cepat dan lebih dahsyat, akhirnya kedua universe tahu bahwa mereka tidak akan selamat. Sebagai langkah terakhirnya, The Maker kemudian membuat sebuah sekoci kosmik yang memungkinkannya untuk selamat. Saat Incursion menghancurkan kedua universe, Spider-Man Miles Morales ternyata berhasil menumpang ke sekoci tersebut.

The Maker dan Miles Morales pada akhirnya tercatat sebagai dua penyintas Ultimate Universe yang terdampar di planet ciptaan God Emperor Doom, yaitu Battleworld. Planet buatan ini bisa muncul karena pada detik-detik terakhir kehancuran universe, Doctor Doom dari Prime Universe berhasil menyelamatkan sisa-sisa universe dengan kekuatan kosmik yang dia pinjam dari Molecule Man. Pada akhirnya, peristiwa ini secara tidak langsung telah memulai Secret Wars, di mana para karakter Marvel yang tersisa berusaha mengembalikan Universenya masing-masing.

Universe Kembali Tercipta di Marvel

Pada titik ini banyak penggemar yang mengira bahwa sudah tidak ada lagi multiverse di Marvel. Namun, pada kenyataannya hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena supervillain bernama Ultimatum berhasil bangkit untuk mengubah keadaan. Sebagai Miles Morales dari Prime Universe, Ultimatum merasa bahwa sebenarnya Ultimate Universe masih eksis di suatu tempat. Selama ini ternyata para penyintas dari Ultimate Universe masih hidup tanpa ingatan di universe lamanya. Perbuatan Ultimatum ini pada akhirnya membuat The Maker sadar dan mencoba meraih kembali universe lamanya.

Dengan multiverse Marvel yang kembali utuh terlebih dahulu, akhirnya Ultimate Universe bena-benar melakukan comeback di komik Ultimates 2 karya Al Ewing. Dengan peristiwa kembalinya semua universe ini, The Maker harus bisa menerima kenyataan bahwa semua orang kembali mengingatnya sebagai supervillain. Selain kisah tentang kembalinya The Maker ke Ultimate Universe, sejauh ini masih banyak misteri yang belum terjawab. Yang jelas sekarang dua universe andalan Marvel sudah kembali, dan bisa melanjutkan universenya dengan kisah lain.

BACA JUGA: Hunter X Hunter: Nen Milik Gon Belum Hilang?

Itulah pembahasan tentang peristiwa hancurnya universe di Marvel. Tidak diragukan lagi bahwa peristiwa kehancuran besar tersebut adalah salah satu peristiwa paling bersejarah di Marvel Universe. Bukan hanya membahas tentang Incursion yang terjadi antara Prime Universe dan Ultimate Universe , tetapi juga peristiwa Secret Wars yang mengikutinya. Jika kalian mendapatkan kesempatan untuk memilih, mana yang akan kalian pilih, Geeks? Prime Universe atau Ultimate Universe?