Obi-Wan Kenobi adalah serial baru Star Wars yang berlangsung sekitar sepuluh tahun setelah peristiwa Revenge of the Sith. Pada era kejayaan Galactic Empire yang telah berhasil menguasai galaksi ini, hampir tidak ada tempat yang aman bagi para Jedi. Seperti yang terlihat sekilas di awal episode serialnya, Galactic Empire telah mengambil langkah yang lebih agresif untuk menguasai galaksi. Dengan Order 66 atau Clone Protocol 66, mereka berniat melenyapkan musuh utama mereka untuk selamanya, yaitu para Jedi.

Cukup jelas bahwa protokol yang sangat masif dan terorganisir ini telah berhasil membuat Jedi mengalami kepunahan massal di galaksi. Meskipun tampaknya tidak ada Jedi yang bisa lolos dari peristiwa tersebut, tetapi pada kenyataanya Force justru berkata lain. Karena beberapa di antara para Jedi terbukti berhasil selamat. Para Jedi yang tersisa ini cukup beruntung untuk bisa kabur dan menyebar ke segala penjuru galaksi. Untuk mengetahui siapa saja Jedi yang selamat dalam peristiwa pembantaian tersebut, simak pembahasannya di bawah ini, Geeks!

Tersisa Kurang dari Dua Puluh Jedi

Secara garis besar ada kurang dari dua puluh Jedi yang terbukti selamat setelah Galactic Empire melancarkan Order 66. Berbagai media Star Wars sendiri, dari mulai film sampai komik, sempat menceritakan kisah dari beberapa Jedi yang selamat ini. Adapun yang sudah terkonfirmasi adalah Obi-Wan Kenobi, Master Yoda, Taron Malicos, Quinlan Vos, Caleb Dume, Cal Kestis, Luminara Unduli, Ahsoka Tano, Kcaj, Oppo Rancisis, Cere Junda, Kirak Infil’a, Jocasta Nu, Ferren Barr, Trilla Suduri, Eeth Koth, Trilla Suduri, dan beberapa Jedi tanpa nama.

Seperti yang kita tahu, Obi-Wan Kenobi dan Master Yoda sempat ikut terlibat dalam rencana Luke Skywalker untuk menggulingkan Galactic Empire. Kemudian ada juga Caleb Dume yang mengganti namanya menjadi Kanan Jarrus, di mana dia menjadi guru Ezra Bridger dan berhasil membunuh Grand Inquisitor di serial animasi Rebel. Tidak ketinggalan juga Ahsoka Tano, mantan padawan Anakin, yang berhasil memalsukan kematiannya dan hidup untuk waktu yang cukup lama. Dan ada juga Quinlan Vos yang sampai saat ini banyak yang percaya bahwa dia masih hidup di suatu tempat.

BACA JUGA: Hunter X Hunter: Nen Milik Gon Belum Hilang?

Selain para Jedi yang selamat dan memutuskan untuk bersembunyi, beberapa di antaranya ada juga yang justru tenggelam pada dark side. Misalnya seperti Taron Malicos yang menjadi pengguna Force dark side di Dathomir. Kemudian ada juga seorang Jedi tanpa nama yang akhirnya menjadi bagian dari Galactic Empire sebagai Grand Inquisitor. Selain Grand Inquisitor, Palpatine juga sempat merekrut Trilla Suduri dan menjadikannya Second Sister. Dengan berbagai jalan berbeda yang mereka tempuh ini, cukup jelas bahwa Order 66 telah menghancurkan Jedi di galaksi.

Pada Akhirnya Tetap Mati

Meskipun Jedi yang jumlahnya kurang dari dua puluh ini selamat dari Order 66, tetapi sangat sedikit sekali yang berhasil bertahan hidup saat Galactic Empire masih memburu mereka. Tidak seperti Master Yoda yang mati dalam keadaan alami, Obi-Wan pada akhirnya tewas di tangan Darth Vader saat berusaha menyelamatkan Luke, Han Solo, dan Leia. Kemudian ada lebih banyak lagi Jedi yang tewas di tangah sang Sith Master tersebut. Misalnya Jocasta Nu yang tewas oleh Vader setelah mencoba melindungi Jedi holocron. Ada juga Eeth Koth yang tewas setelah mencoba menyelamatkan keluarga barunya dari Vader.

Sekitar enam orang Jedi mati di tangan Vader langsung. Selain yang sudah disebutkan, sisanya adalah Kirak Infil’a, Ferren Barr, dan juga Trilla Suduri alias Second Sister yang kembali lagi menjadi Jedi. Selain tewas oleh Vader, ada juga beberapa Jedi lain yang akhinya tertangkap dan tewas setelah Galactic Empire menghukum mati mereka, seperti Luminara Unduli. Ada juga Kanan Jarrus yang tewas setelah melakukan pengorbanan heroik agar Aliansi Perlawanan dapat menyelesaikan misinya.

Itulah pembahasan tentang para Jedi yang tersisa setelah Galactic Empire melancarkan Order 66 atas perintah Palpatine. Seperti yang kita bahas di atas, pada akhirnya para Jedi yang selamat ini tetap mati dan tidak bisa menyaksikan runtuhnya Galactic Empire oleh Luke dan kawan-kawan. Walaupun begitu, setidaknya banyak di antara mereka yang tetap bertahan di sisi light side.

Mereka mencoba melakukan sesuatu yang mereka bisa, sampai akhirnya Luke menjadi seorang Jedi harapan yang berhasil mengembalikan keseimbangan dengan mengalahkan para Sith. Dan sebagai salah satu Jedi yang tersisa, Obi-Wan sendiri telah berhasil menjaga Luke kecil di Tatooine sampai akhirnya dia cukup dewasa untuk mempelajari kekuatan Force. Dan menariknya, kisah ini tampaknya akan segera terungkap di serial Obi-Wan Kenobi yang tinggal tersisa empat episode lagi. Kita nantikan saja ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.