Setelah penantian yang cukup lama, akhirnya Jedi Master Obi Wan Kenobi mendapatkan kesempatan untuk kembali dengan serial solonya di Disney+. Masih dengan aktor yang sama, yaitu Ewan McGregor, kali ini Obi-Wan memulai kisahnya di planet tandus Tatooine sekitar sepuluh tahun sejak persitiwa terakhir di film Star Wars: Revenge of the Sith.

Di serial Obi Wan Kenobi, setelah Galactic Empire memprakarsai Order 66 untuk membasmi para Jedi, Obi-Wan memutuskan untuk meninggalkan masa lalunya sebagai seorang Jedi. Dia memilih untuk membaur bersama masyarakat Tatooine sebagai orang biasa, sekaligus mengawasi Luke Skywalker kecil. Namun, ketenangan tersebut sepertinya sudah tidak berlaku lagi, karena saat ini para Inquisitor, khususnya Reva alias Third Sister, sudah mengetahui bahwa sang Jedi Master masih hidup.

Dan hal yang paling mengejutkan bagi Obi-Wan sendiri adalah fakta bahwa ternyata mantan padawannya, yaitu Anakin Skywalker, juga masih hidup. Mirisnya, dia telah bangkit kembali sebagai seorang Sith Master legendaris, siapa lagi kalau bukan Darth Vader. Ending Obi-Wan Kenobi episode 2 akhirnya memperlihatkan keadaan Vader (Hayden Christensen) yang sepertinya ditopang olah berbagai teknologi agar dia tetap hidup. Sebenarnya apa yang tengah terjadi kepada sang villain ikonik dari Star Wars tersebut?

Mimpi Buruk Yang Jadi Kenyataan di Obi Wan Kenobi

Seperti yang kita tahu, menjelang akhir trilogi prekuel Star Wars, Anakin mulai tenggelam pada ambisinya yang ingin menjadi lebih kuat. Hal tersebut sengaja dia lakukan agar bisa menjaga keselamatan istrinya, Padme. Dengan melepaskan nilai-nilai Jedi yang selama ini Obi-Wan ajarkan kepadanya, Anakin lebih memilih berguru kepada Emperor Palpatine. Takdir yang tak terhindarkan tersebut pada akhirnya mempertemukan kembali Anakin dengan mantan gurunya di Mustafar. Setelah melalui pertarungan yang sengit, akhirnya Obi-Wan menang dan meninggalkan Anakin yang sekarat.

Dan sekarang di serial solonya, Obi-Wan yang tengah melakukan pengasingan ternyata tetap tidak bisa melupakan kejadian di mana dia meninggalkan Anakin. Hampir setiap malam dia bermimpi buruk. Sampai tiba akhirnya bagi dia untuk menyelamatkan putri Leia Organa di Planet Daiyu. Petualangan tersebut pada akhirnya mengungkap kenyataan bahwa selama ini Anakin masih hidup setelah Obi-Wan meninggalkannya ‘untuk mati’. Mimpin buruk yang menjadi kenyataan tersebut berasal dari Reva, yang sangat berambisi ingin menyerahkan Obi-Wan kepada Anakin yang kini telah menjadi Darth Vader.

BACA JUGA: One Piece: Begini Cara Burgess Mencuri Buah Iblis!

Berada di Kubu Sith dan Galactic Empire

Tidak lama setelah Reva mengungkap fakta mengejutkan tersebut, Obi-Wan yang berhasil menyelamatkan Leia tiba-tiba terhubung secara batin dengan Vader. Obi-Wan mendengar jelas suara napas yang sangat khas dari Vader yang menggunakan berbagai macam alat bantu untuk membuatnya tetap hidup. Adegan berikutnya langsung memperlihatkan sosok Vader yang tengah berada di dalam bacta tank penyembuh. Meskipun luka bakarnya tampak telah berganti dengan kulit baru, tetapi Vader masih terlihat sangat pucat. Dan sepertinya dia tengah berada di istananya yang berada di Planet Mustafar.

Tampak sangat jelas di mata Obi-Wan bahwa dia sangat terkejut dengan kenyataan bahwa mantan murid kesayangannya masih hidup. Tampaknya selama sepuluh tahun terakhir dia memang tidak mengetahui bahwa Anakin masih hidup, apalagi sebagai Darth Vader. Jika saja pada saat itu Palpatine datang terlambat, mungkin perkiraan Obi-Wan akan benar-benar terwujud. Namun, pada kenyataannya Palpatine berhasil menyelamatkan Anakin dari semua lukanya. Di mana hal tersebut pada akhirnya membuat dia terus hidup sebagai seorang cyborg Galactic Empire untuk membalaskan dendamnya kepada Obi-Wan.

Pada episode-episode berikutnya, sepertinya penggemar akan segera melihat Vader dengan armor ikoniknya. Saat dia muncul dalam wujud mengerikan tersebut, tampaknya reuninya dengan Obi-Wan tinggal menunggu waktu. Itulah pembahasan tentang apa yang terjadi kepada Darth Vader di akhir serial Obi-Wan Kenobi. Bagaimana, Geeks? Pasti kalian makin tidak sabar ingin segera melihat mereka berdua kembali bertarung. Kita nantikan saja pertarungan epik mereka di episode-episode Obi-Wan Kenobi selanjutnya.