Klan Otsutsuki untuk saat ini mungkin sudah bukan lagi menjadi sebuah ancaman besar bagi seluruh dunia di franchise Naruto. Namun, tetap saja, seperti yang muncul dalam chapter 70 kemarin peluang kembalinya mereka masih tetap besar. Hanya saja kembalinya klan Otsutsuki tersebut hadir dalam “wujud” lain yaitu Boruto, Kawaki, dan Code.

Jika pun kemudian Otsutuki tersebut mampu untuk kembali, mereka bukan hanya akan memberikan masalah besar bagi bumi. Mereka juga akan memberikan masalah besar bagi klan Otsutsuki itu sendiri. Seperti yang muncul dalam chapter 51 kemarin, pada awalnya Kagutya dan Isshiki pergi ke bumi untuk memanen buah chakra yang muncul setiap 1.000 tahun sekali.

Buah chakra merupakan sumber kekuatan yang sangat vital bagi klan Otsutsuki. Hal ini karena buah chakra mampu memberikan peningkatan kekuatan kepada mereka yang memakannya. Namun, yang terjadi justru Kaguya yang memakan buah chakra tersebut dan kemudian memutuskan untuk menyerang Isshiki, sampai membuat dia hampir tewas.

Melalui manipulasi Kaguya, pohonsuci kemudian berubah wujud menjadi makhluk berekor sepuluh. Namun, makhluk tersebut bisa kembali ke bentuk pohon suci dengan cara mengorbankan seorang Otsutsuki atau wadah dari Otsutsuki. Kemudian, pada chapter 67, Momoshiki memutuskan untuk mengorbankan dirinya demi bisa menyelamatkan sosok Boruto yang “tewas” setelah dia mendapatkan serangan dari Kawaki.

Momoshiki memutuskan untuk memperbaiki semua jaringan tubuh Boruto yang rusak, dengan cara memanipulasi ulang kode genetik dalam tubuh Boruto. Efek dari hal tersebut adalah kini Boruto menjadi sosok Otsutsuki resmi secara biologis. Meskipun pengorbanan tersebut membuat Momoshiki pada akhirnya tidak bisa lagi mengendalikan Boruto, namun hal ini bisa memiliki arti lain. Artinya, klan Otsutsuki masih belum sepenuhnya menghilang. Seorang Otsutsuki masih ada di bumi dalam wujud Boruto.

Ancaman Bagi Klan Otsutsuki

Secara sekilas apa yang terjadi saat ini kepada Boruto, dan fakta bagaimana dia adalah sosok Otsutsuki baru mungkin bukan sesuatu yang besar. Namun, sebenarnya ada potensi besar bagaimana Boruto kemudian bisa menghadirkan bencana besar bagi semua pihak. Kita memang masih belum tahu apakah klan Otsutsuki akan mengirimkan anggota mereka yang lain ke bumi untuk memanen buah chakra.

Ketika kemudian mereka menemukan bahwa tidak ada pohon suci, sosok Otsutsuki yang diutus untuk memanen buah chakra tersebut mungkin akan memilih sosok Boruto untuk dikorbankan. Namun, skenario lainnya yang lebih masuk akal adalah Isshiki mungkin akan kembali hidup melalui sosok Kawaki atau Code.

Ketika Isshiki berhasil kembali, dia tentunya akan kembali melanjutkan misi yang sebelumnya sudah berjalan. Mengetahui koneksi Boruto dengan Momoshiki, ada kemungkinan Isshiki kemudian mengincar nyawa Boruto untuk dikorbankan kepada monster ekor 10 dan kemudian memakan buah chakranya.

Di sisi lain, bagaimana kemudian Boruto kini menjadi lebih “Otsutsuki” dibandingkan Uzumaki memunculkan kekhawatiran tersendiri. Kekhawatiran tersebut adalah bagaimana kemudian sifat alami dari seorang Otsutsuki akan muncul dalam dirinya. Dalam hal ini, Boruto mungkin akan berpikir untuk juga mengonsumsi buah chakra demi bisameningkatkan kekuatannya.

Untuk bisa mewujudkan hal tersebut, maka ia perlu untuk mengorbankan Otsutsuki atau wadahnya. Dia bisa saja mengarahkan hal tersebut kepada sosok Kawaki atau Code atau bahkan keduanya. Boruto mungkin akan berhasil mengalahkan Kawaki dan Code, kemudian dia akan memberikan keduanya sebagai persembahan kepada monster ekor sepuluh.

Mungkinkah Hal Tersebut Terjadi?

Meskipun skenario di atas mungkin terdengar terlalu berlebihan, namun jika melihat sejarah dari klan Otsutsuki yang sudah muncul sejauh ini skenario tersebut cukup masuk akal. Apalagi, jika kita melihat juga bagaimana hubungan antar Otsutsuki yang muncul di bumi – seperti Kaguya dan Isshiki – tentu bukan hal aneh jika skenario di atas terjadi dalam waktu dekat.

Selain itu, bagaimana kemudian Boruto menjadi ancaman besar bagi semua pihak pun sebenarnya sudah diramalkan oleh Momoshiki. Seperti yang Geeks ketahui, Momoshiki sempat memprediksi bahwa mata biru Boruto akan membawa petaka besar dalam hidupnya. Sejauh ini, petaka besar tersebut adalah bagaimana orang-orang terdekatnya perlahan mulai menghilang untuk selamanya. Berbagai petaka tersebut yang mungkin pada akhirnya mengubah jalan hidupnya.

BACA JUGA: Obi-Wan Kenobi: Berapa Jedi yang Tersisa?

Kembalinya klan Otsutsuki, yang sudah diperlihatkan secara jelas dalam beberapa chapter terakhir di serinya, tentunya akan menjadi ancaman besar bagi Konoha dan semua orang. Namun, yang lebih menarik tentunya adalah bagaimana hubungan dari para wadah Otsutsuki seperti Kawaki, Boruto, dan juga Code. Mereka bisa menjadi “perwakilan” Otsutsuki yang ada di bumi dan membawa petaka besar bagi semua orang.