Setelah penantian yang cukup panjang, akhirnya penggemar bisa menyaksikan serial Stranger Things season 4 di saluran streaming Netflix. Terlepas dari berbagai ketegangan dan keseruan yang sudah terlihat di final trailernya beberapa waktu lalu, sebenarnya masih banyak misteri yang belum terjawab di season sebelumnya. Untuk itu, mari kita bahwa berbagai misteri yang belum terjawab di season 3 tersebut. Dengan harapan, agar nantinya kita bisa lebih mudah dalam mengikuti plot dan tidak kebingungan dengan apa yang akan terungkap di season 4 kali ini. Tanpa perlu basa-basi lagi, simak pembahasan di bawah ini, Geeks!

Hilangnya Kekuatan Eleven di Stranger Things

Eleven (Millie Bobby Brown) adalah salah satu protagonis utama di serial Stranger Things sejak serialnya pertama kali tayang. Kekuatan telekninesis adalah salah satu keunikan yang El miliki. Namun, di akhir season 3 El secara tiba-tiba kehilangan kekuatan supernya. Meskipun tidak ada cerita yang menjelaskan bagaimana hal tersebut bisa terjadi, tetapi hal tersebut ada kemungkinan adalah ulah Mind Flayer. Sebagai sosok dari Upside Down yang sangat tertarik kepada El, mungkin Mind Flayer berhasil menyerap kekuatannya setelah memegang El dengan tentakelnya. Sampai saat ini masih tidak ada yang tahu apakah kekuatan El akan kembali. Kita lihat saja nanti ya, Geeks.

Orang ‘Amerika’ di Rusia

Di adegan credit scene Stranger Things 3, kita melihat ada dua orang tentara Rusia yang berniat memberi makan Demogorgon peliharan mereka. Salah satu tentara tersebut mengatakan bahwa jangan memberikan orang Amerika kepada monster tersebut. Bagi yang belum tahu, orang Amerika yang mereka maksud kemungkinan besar adalah karakter Jim Hopper yang sebelumnya berhasil Rusia culik. Itulah mengapa di trailer Stranger Things season 4, Jim terlihat berada di Kamchatka, Rusia, bersama tahanan lain.

Demogorgon Rusia

Salah satu misteri lain yang Rusia miliki adalah fakta bahwa mereka ternyata memelihara Demogorgon di salah satu penjara mereka. Dan penjelasan untuk misteri ini sebenarnya sempat terlihat di season 3 episode 6, di mana ada sebuah kandang besi milik Rusia yang tersimpan rapi di bawah Starcourt Mall. Kemungkinan dengan teknologi dan persenjataan yang mereka miliki, Rusia berhasil menangkap monster Upside Down tersebut dan membawanya ke Rusia. Hal tersebut mungkin sengaja mereka lakukan untuk meneliti lebih lanjut Demogorgon tersebut dan memanfaatkannya suatu hari nanti saat ingin melawan Amerika.

BACA JUGA: Simak Kemegahan Trailer Perdana Star Wars: Andor!

Keberadaan Mind Flayer di Stranger Things

Saat peristiwa Battle of Starcourt di season 3 berakhir, kita bisa melihat wujud Mind Flayer yang berbentuk seperti laba-laba raksasa akhirnya hancur. Hal tersebut terjadi karena Joyce dan Jim berhasil menutup gerbang Upside Down yang berada di Starcourt Mall. Namun apakah dia benar-benar mati? Mengingat monster tersebut mempunyai kemampuan untuk mengendalikan makhluk hidup, ada kemungkinan wujud sosok aslinya masih hidup di Upside Down. Dan ketika sebuah gerbang terbuka di season 4 nanti, tidak meutup kemungkinan Mind Flayer akan kembali menyebabkan teror di dunia nyata.

Nasib Warga Kota Hawkins

Setelah tragedi Starcourt, sepertinya tidak mungkin jika kali ini warga Kota Hawkins masih belum mengetahui apa yang tengah terjadi dengan kotanya. Adegan terakhir di season 3 dengan jelas memperlihatkan bagaimana Mind Flyer menjadikan tubuh manusia sebagai perwujudan dirinya di dunia nyata. Tentunya, setelah tragedi tersebut berakhir akan ada banyak sekali yang sadar bahwa anggota keluarga mereka menghilang. Di season 4 nanti tampaknya warga Hawkins akan lebih sadar bahwa kotanya tidak sedang baik-baik saja. Koran Hawkins Post yang tersebar pada hari berikutnya mungkin akan mengungkapkan apa yang tengah terjadi pada kota mereka.

Itulah lima misteri beserta penjelasannya yang mungkin akan membantu kita dalam mencerna kejadian di season 4 nanti. Terlepas dari tidak adanya penjelasan langsung terhadap berbagai misteri ini, setidaknya pembahasan kali ini bisa kita jadikan pegangan. Karena beberapa misteri ini sepertinya akan menjadi fondasi yang cukup penting di kisah Stranger Things season 4. Jangan lewatkan keseruan Volume 1 serialnya yang akan tayang pada hari ini hanya di Netflix.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.