Pertempuran puncak di Onigashima semakin seru dan tensinya sendiri semakin meningkat dalam beberapa chapter terakhir One Piece. Ada banyak momen epik yang terjadi dalam beberapa waktu belakangan. Misalnya, yang pertama adalah bagaimana pada akhirnya Big Mom berhasil takluk oleh dua Worst Generation yaitu Trafalgar Law dan Eustass Kid. Perlu perjuangan berat bagi mereka untuk menaklukan Big Mom.

Kemudian kita melihat bagaimana momen epik Luffy berhasil membangkitkan kekuatan buah iblisnya. Sebelumnya, banyak fans berspekulasi tentang kemampuan buah iblis Luffy akan segera meningkat melalui kebangkitan buah iblis yang dia miliki. Dan pada akhirnya hal tersebut benar-benar terwujud di mana Luffy mendadak menjadi sosok yang luar biasa.

Dengan kebangkitan buah iblis dan peningkatan kekuatannya, Luffy pun pada akhirnya mampu untuk menandingi kekuatan Kaido. Bahkan, Luffy berhasil membuat Kaido tidak berdaya dengan kemampuan barunya tersebut. Dan hasilnya, pada chapter 1049 kemarin Kaido pada akhirnya mampu untuk ditaklukan oleh Luffy. Serta pada chapter 1050 Luffy kemudian diumumkan sebagai pemenang dari pertarungannya.

Nilai Buruan Luffy Meningkat di One Piece

Pertempuran besar di Onigashima ini sepertinya menjadi bukti janji dari Oda Sensei, yang sebelumnya menyebutkan bahwa arc Wano ini akan menjadi arc paling heboh, paling epik, dan paling besar di sepanjang seri One Piece, setidaknya untuk saat ini. Oda juga mengatakan bahwa pertempuran puncak di arc ini akan membuat pertempuran di Marineford terasa begitu kecil.

Dan sampai sejauh ini, hal tersebut sepertinya memang sudah terbukti. Dengan tensi yang sangat tinggi, serangan yang tiada akhir, bahkan mereka semua harus mengerahkan seluruh kemampuan mereka, menjadi bukti seberapa dahsyatnya pertarungan di Onigashima. Peristiwa ini juga mendapatkan perhatian dari banyak pihak, termasuk angkatan laut dan Pemerintah Dunia.

Berdasarkan hal tersebut ada kemungkinan besar bahwa nilai buruan kelompok Topi Jerami, khususnya Luffy, akan melejit seperti yang terjadi pasca peristiwa di Enies Lobby. Dan ada kemungkinan juga bahwa Luffy akan mendapatkan nilai buruan yang paling besar diantara keempat Yonko. Bagaimana kemudian hal itu bisa terjadi? Kita bisa berkaca dari sosok Blackbeard.

Blackbeard memulai karir bajak laut dari nol dan tidak memiliki reputasi. Namun, nilai buruannya saat ini adalah 2,2 milliar Belly. Angka tersebut merupakan hasil dari apa yang sudah dia lakukan sebelumnya, seperti saat mengalahkan Ace, mencuri tahanan level 6 Impel Down, mengalahkan Whitebeard (meskipun tidak secara langsung) dan mengambil wilayahnya, mengalahkan Worst Generation, dan juga menghadapi Pasukan Revolusi dan Cipher Pol.

Melihat sosok Blackbeard, harus diakui bahwa apa yang dia lakukan untuk bisa berada pada titik ini benar-benar sangat luar biasa. Dan yang paling luar biasa tentunya adalah bagaimana dia mampu menghabisi Whitebeard, yang mana merupakan sosok yang memiliki nilai buruan paling besar di dunia yaitu 5 milliar Belly. Namun, ada sebuah perbedaan besar antara Luffy dan Blackbeard dalam situasi mengalahkan seorang Yonko.

Luffy dan Blackbeard

Yang pertama, siapa yang memulai perang dengan Whitebeard? Jawabannya adalah Pemerintah Dunia dan angkatan laut, setelah mereka mengumumkan akan mengeksekusi Ace. Hal itulah yang menciptakan konfrontasi antara angkatan laut, Shichibukai, dan kelompok Whitebeard. Pertempuran ini benar-benar menganggu keseimbangan kekuatan dunia.

Hal tersebut berbeda dengan Luffy yang memang secara terang-terangan menyatakan perang terhadap aliansi Kaido dan Big Mom di Wano dan Onigashima. Berdasarkan hal tersebut, Blackbeard tidak mendapatkan pengakuan dari apa yang sudah dia lakukan, seperti misalnya mengalahkan Whitebeard. Orang-orang hanya melihat Blackbeard menghabisi Whitebeard setelah dia bertarung melawan angkatan laut dan Pemerintah Dunia.

Meskipun pada awalnya Kaido harus berhadapan dengan beberapa orang sekaligus, namun seperti yang kita ketahui sekarang, Kaido akhirnya bertarung satu lawan satu menghadapi Luffy. Bahkan, Yamato sendiri menyadari bahwa Luffy ingin mengalahkan Kaido sendirian. Dan itulah yang kemudian menjadi pembeda dari perang yang Luffy dan Blackbeard alami.

BACA JUGA: One Piece: Buah Iblis ini Buat Penggunanya Berenang!

Karena Luffy yang memulai semua kekacauan dan hal lainnya, artinya orang-orang mengetahui Luffy yang bertanggung jawab atas hal tersebut, dan dia yang akan mendapatkan pengakuannya. Hal ini memunculkan sebuah prediksi di kalangan fans yang menyatakan bahwa nilai buruan Luffy akan mencapai 5 Milliar Belly, melebihi nilai buruan Kaido dan Big Mom.

Nilai Buruan Luffy di One Piece

Saat ini, nilai buruan Luffy baru di angka 1 milliar Belly. Namun, melihat apa yang sudah dia lakukan, bukan hal yang mustahil jika memang Luffy mampu mendapatkan nilai buruan yang besar. Dan ada beberapa hal yang mendukung hal tersebut. Yang pertama, Luffy saat ini sedang menghadapi sosok paling kuat dan paling “mahal” di dunia, yaitu Kaido.

Kaido sendiri memiliki nilai buruan di angka 4,611 milliar Belly, yang mana jika ditotalkan dengan nilai buruan Big Mom maka akan mencapai hampir 9 milliar Belly. Luffy memang tidak menghadapi keduanya, di mana hanya Kaido yang Luffy hadapi. Tetapi, Kaido adalah sosok paling mahal saat ini. Jika Luffy menang, maka hal itu akan mendongkrak nilai buruan Luffy secara drastis.

Peristiwa kekalahan Kaido atas Luffy tentunya akan tersebar ke seluruh dunia, yang mana membuat semua orang tahu tentang kabar ini. Kabar yang tersebar ini juga membantu menaikan reputasi Luffy. Seperti yang terjadi saat di arc Whole Cake Island, disebutkan bahwa Luffy adalah bajak laut pendatang baru yang hebat – meskipun sedikit dilebih-lebihkan – dan citra yang dibangun tersebut semakin menaikan nilai buruannya.

Elemen lainnya dalam hal ini adalah bagaimana kemudian Kaido dicap sebagai sosok pecundang karena kalah, dan Luffy akan dianggap sebagai jawaranya. Luffy akan dianggap sebagai sosok yang luar biasa karena apa yang dia lakukan; masuk ke wilayah Kaido, mengalahkan para komandannya, menghancurkan istana mereka, mengalahkan Kaido, dan sebagainya.

Apa yang sudah dilakukan oleh Luffy di Whole Cake Island membuat Luffy mendapatkan nilai buruan sebesar 1 millar Belly. Logikanya, dengan semua yang sudah dia lakukan sejak arc WCI sampai akhir Wano nanti, artinya Luffy pasti akan mengalami kenaikan nilai buruan secara drastis. Dan kenaikan nilai buruan ini bisa jadi akan melampaui nilai dari kedua Yonko tersebut. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter One Piece yang akan datang ya Geeks.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.