Monkey D. Garp adalah pria yang memiliki julukan pahlawan angkatan laut dan juga merupakan ayah dan kakek dari Monkey D. Dragon dan Monkey D. Luffy. Garp merupakan salah satu karakter legendaris dalam cerita One Piece, selain Roger, Shiki, dan juga beberapa karakter lainnya. Meskipun tidak terlalu banyak informasi tentang masa lalu Garp yang terungkap, namun dia tetap menjadi salah satu karakter favorit para fans.

Sosok Garp sendiri jarang muncul dalam cerita, dan hanya muncul sesekali saja. Misalnya ketika dia mengetahui kabar mengenai rencana aliansi Big Mom dan Kaido. Garp terlihat khawatir dengan kabar tersebut, karena dia tahu bahwa hal itu akan sangat buruk. Garp pernah menghadapi kelompok bajak laut Rocks dalam sebuah insiden bersejarah yaitu insiden God Valley.

Selain berhasil mengalahkan Rocks, Garp juga sudah sering bertarung dengan Roger, sehingga wajar dia menjadi angkatan laut terkuat. Bukti kekuatan Garp lainnya adalah dia mampu mengalahkan Don Chinjao yang memiliki nilai buruan sebesar 500.000.000 Belly hanya dengan satu pukulan saja. Don Chinjao terkenal karena kemampuan Haki miliknya, yang mana dia mampu menghancurkan sebuah pulau hanya dengan menggunakan kepalanya.

Warisan Garp

Berdasarkan dari apa yang sudah muncul dalam cerita, Garp memang tidak memiliki kemampuan buah iblis. Namun, Garp memiliki kekuatan Haki yang luar biasa dahsyat. Garp menguasai ketiga jenis Haki, namun sejauh ini baru kemampuan Armament Haki Garp yang muncul dalam ceritanya. Hal inilah yang kemudian membuat para fans berspekulasi mengenai kekuatan Garp sebenarnya.

Kemampuan Haki yang mengerikan dan luar biasa ini sepertinya menjadi warisan yang luar biasa bagi anak dan cucunya. Kita memang masih belum tahu bagaimana level kekuatan dari Monkey D. Dragon, namun kita tahu seberapa kuat dan dahsyatnya sosok Luffy. Dan dalam pertarungan melawan Kaido di Onigashima pun bisa kita lihat bagaimana perkembangan Haki dari sosok Luffy.

Luffy sendiri memang pada awalnya tidak tahu bahwa dirinya mewarisi kekuatan Haki yang dahsyat, sampai kemudian Rayleigh melihat potensi tersebut di dalam diri Luffy. Dalam momen time-skip, Rayleigh pun kemudian mengajarkan Luffy seluruh teknik Haki. Dan saat ini, Luffy sudah menguasai hampir semua jenis Haki, bahkan dia pun mampu menggunakan Haki tingkat lanjut. Karena sang kakek memiliki Haki dahsyat, maka wajar jika sang cucu juga memiliki Haki dahsyat.

BACA JUGA: Boruto: Cara Jitu Selamatkan Amado!

Hal ini juga sebenarnya sudah “dikonfirmasi” dalam ceritanya melalui sosok Sanji. Pasca peristiwa besar di Enies Lobby, Luffy pun beristirahat di Water Seven ketika Garp datang untuk menengok Luffy. Ini pertama Garp muncul dalam ceritanya. Melihat bagaimana betapa mengerikannya dan juga kuatnya sosok Garp, Sanji pun mengaku akhirnya dia bisa tahu dari mana sumber kekuatan Luffy yang tanpa batas tersebut.

Dragon Juga Kuat

Jika kemudian warisan kekuatan yang berasal dari Garp ini bisa muncul dalam sosok Luffy, artinya bisa kita bayangkan seberapa mengerikannya level kekuatan dari sosok Dragon. Sampai sejauh ini, kita masih belum tahu sekuat apa sosok Dragon. Pasti ada alasan mengapa Dragon menjadi penjahat paling buron di seluruh dunia oleh pihak Pemerintah Dunia, dan mungkin hal ini ada kaitannya dengan kekuatan Dragon.

Dragon mungkin sangat kuat sehingga pihak Pemerintah Dunia tidak sanggup untuk menghadapinya sendiri. Karena itulah, mereka kemudian menyebarkan “fitnah” bahwa Dragon adalah sosok penjahat paling buruk dan mengerikan. Melihat warisan kekuatan Garp kepada Luffy yang luar biasa, tentunya membuat kita penasaran sekuat apa sosok Dragon. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kelanjutan ceritanya pada chapter One Piece yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.