Bagi penggemar setia Marvel, Spider-Man / Spidey adalah salah satu superhero favorit yang sejarahnya terbentang sejak debutnya pada tahun 1962 sampai sekarang. Sama seperti superhero lain, Spider-Man alias Spidey versi Peter Parker ini juga mempunyai beragam kostum yang biasanya dia pakai untuk pertempuran khusus. Dan baru-baru ini, Marvel Comics kembali menampilkan kostum Spider-Armor ikoniknya sebagai bagian dari perayaan ulang tahun Spidey yang keenam puluh.

Marvel memperlihatkan Spider-Armor ini di varian sampul untuk komik Hulk #10 yang akan rilis pada bulan September nanti. Menariknya, Spider-Armor sendiri sebenarnya adalah kostum paling tidak berguna yang pernah Spidey gunakan. Dan setelah sebelumnya sempat membahas Armor Iron Man Paling Lemah, sekarang mari kita bahas juga kostum Spidey yang paling useless ini. Tanpa perlu basa-basi lagi, simak pembahasannya di bawah ini, Geeks!

Kostum Spider-Man yang Rontok dalam Sekali Serang

Seperti yang kita tahu, sepanjang sejarahnya di Marvel Comics, ada banyak sekali supervillain yang pernah Spider-Man hadapi. Dan tiga puluh tahun yang lalu, tepatnya di komik Web of Spider-Man (1993) karya Terry Kavanagh dan Alex Saviuk, Spider-Man harus menghadapi New Enforcers. Tim supervillain ini terdiri dari Blitz, Dragon Man, Eel, Tangle, Plantman, Dreadnought, Super-Adaptoid, Vanisher, Thermite, dan masih banyak lagi. Ketika New Enforcer menyerang Kota New York dengan menggunakan banyak senjata api, kostum asli Spidey terbukti tidak mampu menahan serangan mereka.

Ini Armor Spider-Man Paling Useless!, Greenscene

Untuk solusinya, Spidey kemudian menciptakan Spider-Armor dari bahan-bahan yang dia temukan di Empire State University. Kostum ini pada dasarnya adalah kostum Spidey biasa dengan tambahan baja anti peluru di bagian luarnya. Dengan kostum berwarna abu-abu mengkilap ini Spidey memang berhasil menahan rentetan tembakan bahkan ledakan dari senjata api. Sekilas, banyak penggemar yang merasa bahwa Spider-Armor adalah kostum terbaik yang pernah Spidey ciptakan. Namun, semuanya menjadi berbalik, setelah mereka mengetahui kelemahan dari Spider-Armor.

Kostum yang sangat berat ini telah membuat Spidey yang awalnya lincah menjadi lambat. Selain itu, dia juga jadi kehilangan kekuatan Spider-Sense ketika mengenakan Spider-Armor. Dan yang lebih mirisnya lagi, ketika supervillain Thermite mengeluarkan kekuatan pembekunya, Spider-Armor langsung rontok seketika. Merasa New Enforcer telah menelanjanginya, Spidey akhirnya memutuskan kembali mundur dan mencari cara lain untuk menghadapi mereka. Karena hal itulah, sampai sat ini banyak yang menganggap bahwa Spider-Armor adalah kostum Spidey yang justru malah membuatnya lemah.

Jadi Prototype Kostum yang Lebih Kuat

Meskipun Spider-Armor tercatat sebagai kegagalan terbesar Spidey, tetapi pada akhirnya kostum dengan kode MK I menjadi inspirasi untuk kostum Spider-Armor lain yang jauh lebih superior. Delapan belas tahun kemudian, Spidey kembali menciptakan Spider-Armor dengan kode MK II yang muncul di komik Amazing Spider-Man (2011). Kostum Spider-Armor MK II ini terbuat dari bahan yang jauh lebih ringan dan tipis, tetapi tidak kalah kuat dari bahan sebelumnya. Kelemahannya hanya satu, Spidey jadi merasa geli ketika rentetan tembakan peluru mengenai tubuhnya.

Ini Armor Spider-Man Paling Useless!, Greenscene

Masih di komik yang sama, pada tahun 2012, Spider-Man kembali memberikan pembaruan dan berhasil menciptakan Spider-Armor MK III. Karena kostum ini dia ciptakan untuk melawan Sinister Six, Spider-Man menambahkan berbagai macam fitur pada Spider-Armor MK III. Kostum armor ketiganya ini memungkinkan Spider-Man untuk kebal peluru dan sengatan listrik. Terakhir, Spider-Man juga sempat menciptakan Spider-Armor MK IV di komik Amazing Spider-Man Vol. 4 (2015). Kali ini tampilannya tidak jauh beda seperti kostum biasa Spider-Man yang berwarna biru dan merah. Bedanya, Spider-Armor MK IV ini mempunyai fungsi anti peluru dan sama sekali tidak membuatnya lemah.

Itulah pembahasan tentang Spider-Armor, kostum Spider-Man paling tidak berguna di Marvel Universe. Untungnya, Spider-Man adalah tipikal superhero yang selalu berlajar dari kesalahan. Sehingga dia terus menggunakan kecerdasannya untuk mengembangkan suatu kegagalan menjadi sebuah maha karya. Bisa dibilang versi terbarunya, yaitu Spider-Armor MK IV adalah salah satu kostum Spider-Man terbaik sepanjang masa. Dan tentunya hal tersebut tidak akan terwujud jika Spider-Man tidak pernah mebuat Spider-Armor MK I yang sangat useless.