Dunia dalam cerita One Piece karangan Eiichiro Oda memang penuh dengan berbagai keunikan dan ciri khas. Salah satunya adalah buah iblis, yang memberikan penggunanya berbagai kemampuan yang unik sesuai dengan buah yang mereka konsumsi. Namun, selain buah iblis ada hal unik lainnya yang menjadi ciri khas One Piece yaitu kekuatan Haki.

Ada tiga jenis utama Haki dalam ceritanya yaitu Observation Haki, Armament Haki, dan Conqueror Haki. Dua dari tiga Haki tersebut bisa orang-orang pelajari atau latih. Namun, untuk Conqueror Haki tidak semua bisa melakukannya/menggunakannya. Haki mampu menahan segala serangan musuh, baik yang menggunakan buah iblis atau pun tidak. Berikut adalah pengguna haki terkuat dalam cerita One Piece.

Monkey D. Luffy

Sebagai protagonis dalam serinya, tidak aneh memang jika Luffy memiliki kemampuan untuk menggunakan Haki. Luffy bahkan mampu mengendalikan semua Haki, yang tidak semua karakter mampu melakukannya. Kemampuan Haki Luffy dilatih oleh mantan kru bajak laut Rogers, Silvers Rayleigh, di sebuah pulau.

Dalam pertarungannya melawan Katakuri, dia bahkan mampu membangkitkan kemampuan untuk melihat beberapa saat ke masa depan dengan Observation Hakinya. Tapi, perkembangan kemampuan Haki Luffy tidak hanya sampai disitu. Dia sudah belajar lebih banyak tentang Armament Haki dari Hyougoro di babak kedua Wano. Selain itu, Luffy juga langsung beradaptasi dengan pertarungan Kaido membuatnya mampu membangkitkan Advanced Conqueror Haki. Berkat kekuatan Haki juga dia mampu akhirnya menaklukan Kaido.

Charlotte Katakuri

Charlotte Katakuri merupakan salah satu anak dan juga tangan kanan dari Big Mom. Katakuri merupakan sosok yang paling kuat dibandingkan anak buah Big Mom yang lain. Katakuri memiliki nilai buruan sebesar 1,057 milliar Belly. Sama seperti Luffy, Katakuri juga mampu mengendalikan ketiga Haki. Dengan kemampuan Hakinya, katakuri merupakan bajak laut yang ditakuti di New World.

Selama ini, berkat kemampuan yang dia miliki serta kemampuan Haki, Katakuri tidak pernah kalah dalam sebuah pertempuran. Dia baru satu kali kalah dalam hidupnya, yaitu ketika bertarung melawan Luffy. Meskipun Luffy berhasil menang, dia harus susah payah untuk melakukannya. Katakuri bahkan menjadi salah satu lawan paling kuat yang pernah Luffy hadapi. Armament dan Observation Hakinya pun masih unggul dibanding Luffy.

Monkey D. Garp

Monkey D. Garp merupakan kakek dari Luffy, dan juga merupakan salah satu karakter terkuat di series ini. Garp lebih populer sebagai rival sejati bagi Gol D. Roger, karena saking seringnya mereka berseteru. Garp juga dikenal sebagai pahlawan angkatan laut berkat kekuatannya dan kerja samanya dengan Roger dalam menghadapi bajak laut Rocks.

Meskipun tidak memiliki kekuatan buah iblis, namun orang-orang mengenalnya sebagai sosok yang sangat mengerikan berkat kemampuan Hakinya. Garp menguasai salah satu Haki yaitu Armament Haki, di mana levelnya pun sudah sangat tinggi. Bukti kedahsyatannya adalah dia mampu mengalahkan bajak laut Don Chinjao hanya dengan satu pukulan saja. Dia bisa menghancurkan gunung dengan kekuatannya tersebut.

Silvers Rayleigh

Raja kegelapan dan mantan kru bajak laut Roger, Silvers Rayleigh. Dia merupakan karakter yang melatih kemampuan Haki dari Luffy. Jadi, tidak heran jika kekuatan Rayleigh dalam kemampuan Haki sangat luar biasa. Rayleigh juga menguasai semua jenis Haki, semuanya berkat pengalaman bertarungnya ketika menjadi kru bajak laut Roger.

Sama seperti yang Hyougoro lakukan, Rayleigh mampu menghancurkan benda dari dalam seperti yang dia lakukan ketika menghancurkan gelang peledak Camie. Mengingat kemampuannya yang mengerikan, wajar angkatan laut masih menganggapnya sebuah ancaman meskipun usianya sudah tidak lagi muda.

Whitebeard

Meskipun banyak orang yang berdebat tentang julukannya sebagai bajak laut terhebat dalam sejarah, yang pasti Whitebeard memiliki titel sebagai manusia paling kuat di dunia. Sebelum menjadi Yonko, dia sempat menjadi bagian dari kelompok bajak laut Rocks. Barulah kemudian Whitebeard membentuk kru bajak lautnya sendiri dan mendominasi wilayah Grand Line.

Selain kemampuan buah iblis Gura Gura, Whitebeard juga memiliki kemampuan Haki yang dahsyat terutama Conqueror Haki. Seperti halnya Silvers Rayleigh, meskipun usianya yang sudah tua Whitebeard tetap menjadi salah satu karakter yang ditakuti. Namun, sayangnya, dia harus tewas demi melindungi anak buahnya dan membuka era baru.

Kaido

Selain Whitebeard, bajak laut terkuat lainnya adalah Kaido. Wajar, karena baik Whitebeard dan juga Kaido dulunya sama-sama berada di satu kapal yang sama ketika bekerja untuk Rocks. D Xebec. Kaido memiliki kemampuan untuk mengendalikan semua jenis Haki, namun yang sering dia gunakan adalah Advanced Conqueror Haki.

Kedahsyatan dari kemampuan Haki Kaido rasanya sudah terbukti dengan jelas saat pertempuran di Onigashima. Bagaimana Kaido menahan serangan Luffy, Red Scabbards, dan berbagai serangan lainnya membuktikan level Haki yang sangat luar biasa dari Kaido. Ini juga yang kemudian membuat Kaido mendapatkan julukan makhluk paling kuat di dunia.

BACA JUGA: Spoiler One Piece 1050: Nasib Terakhir Kaido!

Big Mom

Big Mom merupakan salah satu dari empat penguasa samudra, dan juga merupakan salah satu karakter terkuat di seri One Piece. Dia sering kali memanfaatkan kekuatan buah iblis yang dia miliki, di mana dia mampu memanipulasi jiwa seseorang. Namun, dalam situasi tertentu dia juga akan menggunakan Haki yang dia kuasai.

Big Mom merupakan pengguna dari ketiga jenis Haki, yang mana hal itu tidak mengherankan semenjak dia merupakan salah satu penguasa samudra. Dalam pertarungannya melawan Luffy, Big Mom pernah menyerangnya dengan mudah bahkan seolah Luffy bukanlah sebuah ancaman serius. Dia bahkan menahan Gear 4 Luffy tanpa kesulitan.

Shanks di One Piece

Shanks merupakan kapten dari kru bajak laut Rambut Merah dan merupakan salah satu bajak laut terkuat dan banyak orang kagumi di Grand Line. Dia juga merupakan salah satu Yonko, julukan yang dia dapatkan sejak enam tahun yang lalu. Uniknya adalah tidak seperti Yonko yang lain Shanks justru tidak memiliki kekuatan buah iblis apa pun.

Haki adalah senjata yang selalu dia gunakan dalam pertempuran. Kemampuan Conqueror Haki miliknya pun mendapatkan pengakuan dari Whitebeard, yang dibuktikan ketika dia mengunjungi kapalnya dan membuat sebagian besar kru bajak lautnya pingsan. Dia juga mampu menghentikan pukulan magma dari Sakazuki. Kemampuan Haki Shanks bahkan dianggap sebagai salah satu yang terkuat.

Kozuki Oden di One Piece

Kozuki Oden merupakan pemimpin di salah satu wilayah di Wano. Dia merupakan sosok yang kuat dan juga ramah. Bahkan, Oden mendapatkan rasa hormat dari bajak laut sekelas Whitebeard, Roger, bahkan Shanks. Oden juga merupakan seorang pengguna pedang yang sangat ahli, ditambah dengan kemampuan Armament Haki miliknya membuat Oden menjadi karakter yang dahsyat.

Salah satu bukti nyatanya adalah bekas luka yang ada di tubuh Kaido. Oden menjadi salah satu orang yang berhasil melukai tubuh Kaido. Oden mengalirkan Haki miliknya ke pedang legendaris Enma, yang sekarang sudah berada di tangan Zoro. Dari bekas luka yang ada di tubuh Kaido tentunya menunjukan bahwa Oden adalah sosok pengguna Haki yang luar biasa.

Gol D. Roger di One Piece

Sosok Roger mungkin sudah tewas lebih dari 20 tahun yang lalu, namun dia masih dianggap sebagai salah satu pengguna Haki terkuat di serinya. Pertarungannya dengan Whitebeard sekitar 20 tahun lalu di sebuah pulau, memberikan bukti nyata dari hal tersebut. Dalam pertarungan yang terjadi selama tiga hari tiga malam tersebut, bisa dilihat bagaimana situasi di pulau tempat mereka bertarung sangat terguncang.

Selain langit yang terbelah dan muncul kilatan hitam, kondisi di pulau tempat mereka bertarung pun sedikit bergetar dan hewan-hewan di sana ketakutan dengan hawa atau keberadaan Haki. Hal ini bisa dilihat saat Whitebeard hendak berlabuh di pulau tersebut. Juga, bagaimana Kaido mengakui bahwa Roger bisa menguasai dunia hanya dengan kemampuan Haki.

Haki adalah salah satu sistem kekuatan (power system) yang unik yang muncul di seri One Piece. Berdasarkan penjelasan di atas, ada beberapa karakter yang termasuk sebagai pengguna Haki terhebat. Dan jika melihat ceritanya, rasanya memang wajar jika para karakter di atas masuk dalam kategori tersebut. Bagaimana menurut kalian Geeks?