Tidak lama setelah debutnya di film Justice League, karakter Aquaman akhirnya mendapatkan kesempatan untuk mempunyai film solonya sendiri. Berjudul resmi Aquaman, film garapan James Wan tersebut sampai saat ini tercatat sebagai film DC Extended Universe paling sukses. Dengan menghabiskan anggaran sekitar 3 triliun rupiah, filmnya telah berhasil meraup pendapatan sebesar 16 triliun rupiah dari seluruh dunia.

Kesuksesan film DCEU yang melibatkan Jason Momoa dan Amber Heard ini pada akhirnya membuat Warner Bros. ingin mengembangkan kisah Aquaman dengan lebih jauh lagi. Yang pertama pada saat itu mereka langsung memberi lampu hijau kepada Wan untuk menggarap film sekuel yang berjudul Aquaman and the Lost Kingdom. Kemudian yang kedua, studio juga sempat mengembangkan spinoff bernuasa horror yang berjudul The Trench. Namun, ketika film sekuelnya terus berjalan maju, WB justru memutuskan untuk membatalkan film spinoff-nya.

Detail Film Spinoff Aquaman

Menariknya, baru-baru ini, Wan kembali menyinggung spinoff The Trench tersebut saat melakukan sesi wawancaranya dengan ComicBook. Dia menjelaskan bahwa sepanjang kariernya sebagai sutradara dia sudah terbiasa dengan pembatalan suatu proyek film. Dan dengan pembatalan tersebut, Wan juga tidak jarang memasukan ide proyeknya yang batal tersebut ke proyek lain. Simak penuturan lengkapnya di bawah ini:

“Ketika yang saya kerjakan pada akhirnya tidak terpakai, itu bukan berarti saya tidak bisa menggunakannya untuk sesuatu yang lain,” ungkap Wan. “Biasanya saya akan menggunakan sekitar 20-30% ide batal untuk proyek saya [yang lain]. Dan saya mempunyai banyak sekali ide yang bisa berkembang menjadi sesuatu yang lain.”

BACA JUGA: Simak Debut Superhero Sylvester Stallone di Samaritan!

Berdasarkan pernyataannya ini, berarti bukan tidak mungkin Wan memasukan beberapa unsur The Trench ke film solo kedua Aquaman. The Trench sendiri tadinya akan berfokus pada musuh bebuyutan Aquaman yang bernama Black Manta. Dan karena supervillain tersebut akan muncul juga di film Aquaman and the Lost Kingdom pada 17 Maret 2023 mendatang, mungkin ada sedikit kisah The Trench di dalamnya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.