Dalam cerita One Piece, pasca peristiwa di arc Whole Cake Island, ada pihak yang memprediksi bahwa Monkey D. Luffy akan menjadi penguasa samudra kelima alias Yonko kelima. Memang, hal itu merupakan kabar yang terlalu berlebihan sengaja muncul dalam surat kabar Morgan. Hal tersebut terjadi setelah Luffy dan kelompok Topi Jerami berhasil kabur dari kejaran Big Mom.

Namun, perlahan sepertinya Luffy mulai membuktikan hal tersebut. Selama di arc Wano Country, Luffy mengalami banyak peningkatan kekuatan. Salah satu hal yang dilatih oleh Luffy adalah kemampuan Haki miliknya. Di penjara Udon, dia berlatih Ryuo dan Advanced Ryuo bersama Hyogoro. Dan pada awalnya, semua hal yang Luffy lakukan untuk menghadapi Kaido terasa sia-sia.

Kaido masih terlalu kuat bagi Luffy. Kaido berhasil membuat Luffy tidak sadarkan sampai lebih dari dua kali dalam pertempuran di Onigashima. Bahkan, Kaido sempat menjatuhkan Luffy ke lautan setelah dia berhasil membuat Luffy tidak sadar. Meskipun begitu, terdapat satu hal yang kemudian berkembang secara tiba-tiba di tengah pertempuran. Yaitu bagaimana kemampuan Haki Penguasa Luffy meningkat drastis.

Luffy menyadari bahwa bukan Haki Senjata yang membuat Kaido kuat dan abadi, melainkan Haki Penguasa yang dia lapisi dalam setiap serangan dan juga tubuhnya. Inilah yang kemudian membuat Luffy beradaptasi, dengan melakukan serangan yang dilapisi Haki Penguasa. Hasilnya cukup efektif membuat Kaido tersungkur meski pun tidak cukup kuat untuk bisa mengalahkannya.

Awakening Luffy di One Piece

Puncak kebangkitan Luffy dalam menghadapi Kaido bukanlah ketika Luffy pada akhirnya berhasil untuk meningkatkan kemampuan Haki Penguasanya. Melainkan ketika Luffy berhasil membangkitkan kekuatan buah iblis yang dia miliki. Seperti yang muncul dalam ceritanya, buah iblis Luffy ternyata bukanlah Gomu Gomu seperti yang selama ini kita ketahui.

Buah iblis Luffy yang asli ternyata adalah Hito Hito no Mi, Model: Nika dan merupakan bagian dari Mythical Zoan. Buah iblis ini bangkit setelah Luffy kembali tidak sadarkan diri oleh Kaido. Kebangkitan dari buah iblis ini pun sangat tidak terduga, karena Zunesha kemudian merasakan bahwa ada sosok Joy Boy di sekitar Onigashima. Zunesha juga mengatakan bahwa dia mampu mendengar genderang kebebasan, suara yang sudah tidak dia dengar selama 800 tahun terakhir.

BACA JUGA: One Piece: Menebak Lokasi Road Poneglyph Kaido!

Dan akhirnya, kita pun bisa melihat bagaimana dahsyatnya kekuatan awakening atau kebangkitan buah iblis Luffy tersebut. Sejak chapter 1044 sampai chapter 1049 kemarin, kita melihat bagaimana Kaido terkejut dan tidak menyangka bahwa kekuatan Luffy tersebut bisa begitu mengerikan. Kaido begitu takjub melihat kekuatan dari Luffy.

Luffy Jadi Yonko Baru

Setelah pertarungan panjang dan melelahkan antara Luffy dan Kaido, dalam chapter 1049 kemarin kita akhirnya melihat bagaimana Luffy berhasil membalikan keadaan. Dengan teknik Gomu Gomu no Bajrang Gun, Luffy berhasil menghajar Kaido sampai masuk ke tanah di ibu kota bunga. Luffy benar-benar mengerahkan seluruh kekuatannya untuk menghajar Kaido.

Namun, memang masih belum ada konfirmasi resmi apakah Kaido memang sudah kalah. Hal ini berbeda dengan pertarungan antara Big Mom melawan Kid dan Law, di mana Big Mom benar-benar sudah kalah di mana narasinya pun menulis hal tersebut. Untuk Kaido sendiri di chapter 1049 kemarin masih belum ada narasi yang menyebutkan bahwa Kaido kalah.

Artinya, memang Kaido masih memiliki kesempatan untuk bisa kembali bangkit. Meskipun begitu, bisa kita asumsikan bahwa Kaido kemungkinan akan kalah oleh Luffy. Lalu, apa yang akan terjadi selanjutnya? Mungkin, Luffy akan menggantikan posisi dari Kaido sebagai seorang Yonko. Pergantian ini tentunya bukan sesuatu hal yang baru.

Kita bisa melihat sosok Blackbeard sebagai contoh nyata dari hal tersebut. Blackbeard merupakan salah satu Yonko yang mana posisinya adalah sebagai pengganti dari Whitebeard. Hal ini terjadi setelah Whitebeard berhasil Blackbeard kalahkan, dalam pertempuran di Marineford. Melihat hal ini, tentunya bukan hal yang mustahil jika Luffy juga akan menggantikan Kaido setelah berhasil mengalahkannya.

Namun, yang menjadi pertanyaan besarnya kemudian adalah apakah memang Luffy mau menjadi seorang Yonko. Dengan mimpi besarnya adalah menjadi raja bajak laut, mungkin Luffy akan memilih memberikan posisinya kepada orang lain dan meneruskan petualangannya menuju Laugh Tale. Tetapi, yang pasti adalah Luffy bisa saja menjadi pengganti Kaido sebagai Yonko setelah semuanya selesai. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah Luffy akan mau menerima tawaran sebagai Yonko? Kita tunggu aja ya Geeks cerita selanjutnya di One Piece.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.