Geeks tentu sudah tidak asing dengan huruf “D” yang ada di tengah-tengah nama beberapa karakter dalam seri One Piece. Sang karakter utama, Luffy, juga memiliki nama  tersebut. Sayangnya, sejak awal serinya sampai saat ini, Eiichiro Oda belum pernah mengungkapkan apa kepanjangan atau arti dari nama “D” tersebut. Di manganya juga belum ada cerita atau arc yang menjelaskan arti atau kepanjangan dari “D” ini.

Hal inilah yang membuat para penggemar penasaran sampai saat ini. Berbicara mengenai klan D, ada banyak sekali teori yang berkaitan dengan hal tersebut. Meskipun sampai sekarang sudah ada banyak karakter yang muncul dengan nama “D.” di tengahnya, namun ada juga beberapa karakter dari klan D yang sudah tewas. Siapa saja?

Jaguar D. Saul

Jaguar D. Saul adalah seorang raksasa dan mantan wakil admiral angkatan laut, yang mana dia justru menjadi pelindung bagi para penduduk Ohara. Saul muncul dalam momen kilas balik dari Nico Robin dalam arc Enies Lobby. Jaguar D. Saul sendiri adalah salah satu orang yang sangat berpengaruh dalam hidup Robin. Saul adalah orang pertama, selain para arkeolog Ohara, yang berteman dengan Robin.

Dengan jabatannya sebagai wakil admiral dan kekuatannya sebagai seorang raksasa, sudah cukup menjadi bukti bahwa dia adalah sosok yang kuat. Saul sendiri adalah orang yang melindungi Robin dari serangan angkatan laut yang menyerbu Ohara. Sebelum kematiannya, Saul sempat mengatakan bahwa Robin akan menemukan teman-teman yang akan melindunginya dan mau hidup bersamanya suatu hari nanti.

Gol D. Roger

Gol D. Roger menjadi salah satu karakter legenda yang sangat kuat dalam seri One Piece. Level kekuatan Roger sangat dahsyat, di mana dia bisa mengimbangi kekuatan dari Whitebeard. Roger juga sangat terkenal akan kekuatan Haki yang sangat luar biasa. Roger menjadi raja bajak laut, dan terkenal karena kekuatannya yang luar biasa tanpa menggunakan kekuatan Buah Iblis.

Sayangnya, Roger tewas saat dia memutuskan untuk mengakhiri petualangannya menjadi bajak laut. Saat itu, Roger mendapatkan hukuman mati oleh pihak Angkatan Laut di depan semua orang. Roger merupakan sosok yang memiliki tekad luar biasa. Tekad tersebut sepertinya mulai berhasil ia wariskan kepada generasi baru, termasuk Luffy.

Portgas D. Ace

Kematian Whitebeard memang membuat seluruh krunya terkejut dan sedih, namun kematian yang lebih mengejutkan lainnya dalam peristiwa di Marineford adalah terbunuhnya Ace oleh Sakazuki. Ketika Luffy sudah berhasil menyelamatkan Ace, mereka pun sempat menghabisi sebagian pasukan angkatan laut. Namun, Sakazuki melihat peluang untuk bisa menghabisi Ace dengan mengincar nyawa Luffy.

Ace merupakan harapan yang Roger harapkan dan nantikan setelah petualangannya ke Laugh Tale ternyata terlalu cepat. Roger sempat berharap bahwa anaknya bisa melanjutkan apa yang tidak bisa dia capai. Tetapi, pada faktanya Ace juga ternyata bukan sosok yang Roger nantikan. Sosok yang Roger nantikan ternyata adalah Monkey D. Luffy.

Portgas D. Rogue

Portgas D. Rogue adalah ibu dari Ace dan juga istri dari sosok Gol D. Roger. Jika membandingkan sosok Rogue dengan karakter lain yang merupakan bagian dari klan D, Rogue merupakan satu-satunya karakter dan klan D yang diketahui tidak memiliki hubungan apa pun dalam cerita besar di seri One Piece. Satu-satunya hal besar yang Rogue lakukan adalah melahirkan Ace. Dalam ceritanya, Rogue harus mengandung Ace sampai melebihi batas normal ibu mengandung. Hal tersebut demi menghindari kecurigaan dari pihak angkatan laut.

BACA JUGA: Boruto: Cara Menangkal Kekuatan Eida!

Rocks D. Xebec

Rock D. Xebec merupakan seorang bajak laut yang sangat kuat, dan semua bajak laut pun takut dengan sosok Rocks. Rocks sudah mulai berlayar di lautan jauh sebelum era Roger. Dia merupakan seorang bajak laut yang membentuk bajak laut Rocks dan merupakan pemimpin dari Whitebeard, Kaido, Big Mom dan anggota bajak lautnya yang lain.

Melihat Rocks berhasil mempersatukan Kaido, Big Mom dan Shirohige dalam satu bendera, nampaknya dia memang sangat kuat dan luar biasa. Rocks sendiri kemudian harus tewas di tangan Garp dan Roger, dalam peristiwa God Valley. Namun, apa yang terjadi sebenarnya dalam peristiwa tersebut dan bagaimana Rocks kemudian bisa kalah masih menjadi sebuah misteri besar.

Sejauh ini, sudah ada kurang lebih 10 karakter yang memiliki nama D di tengahnya. Meskipun sebagian besar dari karakter tersebut adalah bajak laut, tapi ada juga sebagian dari mereka yang merupakan angkatan laut. Peran dari klan D terhadap dunia One Piece masih menjadi misteri. Tentu ada alasan mengapa mereka menjadi musuh Pemerintah Dunia dan perlu untuk dihancurkan.