Siapa yang tidak mengenal Christian Bale? Aktor Hollywood yang telah berakting sejak tahun 80-an ini, telah terlibat dengan banyak sekali tayangan yang populer di seluruh dunia. Mulai dari berperan sebagai pembalap Ken Miles di film biografi Ford v Ferrari, sampai Yesus Kristus di film Mary, Mother of Jesus, sejauh ini Bale terbukti sebagai aktor yang pandai memerankan berbagai macam karakter.

Bagi penggemar superhero, Bale sendiri terkenal dalam perannya sebagai Bruce Wayne alias Batman di trilogi Dark Knight karya Christopher Nolan. Menariknya selain berperan sebagai protagonis dalam sebuah film, walaupun tidak banyak, ternyata peran Bale sebagai villain juga patut diacungi jempol. Kapan dan film apa saja yang pernah menampilkan Bale sebagai villain? Simak pembahasannya di bawah ini, Geeks!

American Psycho

Pada tahun 2000 silam, Bale terlibat dalam sebuah film thriller psikologi yang berjudul American Psycho. Di film yang cukup populer ini, dia berperan sebagai seorang pria sukses dan kaya raya bernama Patrick Bateman yang sangat pandai dalam bisnis investasi. Di balik penampilannya yang rapi dan elegan, ternyata karakter Patrick mempunyai hobi rahasia sebagai pembunuh berantai. Para korbannya sendiri berasal dari berbagai kalangan, termasuk teman kerjanya, tuna wisma, sampai pekerja sex komersial. Peran Bale sebagai Patrick ini berhasil menuai banyak respons positif, baik dari penggemar dan sineas Hollywood. Karena film inilah yang membuatnya makin populer di kalangan aktor Amerika dan bahkan seluruh dunia.

Shaft

Tidak lama setelah tampil sebagai seorang pembunuh berantai di American Psycho, pada tahun yang sama, Bale kembali tampil sebagai villain di film aksi berjudul Shaft. Beradu akting dengan aktor Samuel L. Jackson dan Richard Roundtree, di film ini Bale berperan sebagai sosok yang narsis sekaligus rasis bernama Walter Wade Jr.. Sebagai anak dari orang super kaya dan sukses di Kota New York, Wade sangat mengandalkan pengaruh keluarganya untuk menutupi semua perbuatan buruknya. Setelah dia membunuh seorang pria kulit hitam di sebuah bar, Wade justru malah membunuh lebih banyak lagi orang yang mengaku sebagai saksi. Hal tersebut pada akhinya membuat Wade berurusan dengan karakter Jackson, yaitu detektif John Shaft.

BACA JUGA: Inikah Kekuatan Pedang Gorr di Thor 4?

Thor: Love and Thunder

Dan sekarang, terhitung setelah dua dekade berlalu sejak peran terakhirnya sebagai villain di America Psycho dan Shaft. Bale akan kembali tampil sebagai supervillain di film Marvel Cinematic Universe ke-29 yang berjudul Thor: Love and Thunder. Di film yang akan datang ini, dia akan berperan sebagai Gorr the God Butcher yang bersumpah untuk membasmi para dewa. Berdasarkan apa yang sudah terungkap melalui trailernya, Gorr merasa bahwa dewa seperti Thor dan Zeus hanya mementingkan kehidupan mereka sendiri. Dengan sebuah pedang medieval yang terbukti bisa menguncang sebuah planet/bulan, Gorr akan menjadi ancaman serius di film keempat Thor yang akan rilis pada 8 Juli nanti.

Itulah tiga film yang menampilkan Christian Bale sebagai villain. Baik Patrick, Wade, dan Gorr, ketiganya mempunyai satu persamaan yang cukup menonjol sebagai pembunuh. Terlepas dari apa pun motivasinya, penampilan Bale sebagai seorang pembunuh tidak perlu diragukan lagi. Karena sejauh ini dia terbukti telah berhasil membuat karakter fiktif yang diperankannya tampak hidup dan menarik di mata penggemar. So, tunggu aja ya Geeks film-film baru yang akan Christian Bale bintangi lainnya.